PENGARUH VIRAL MARKETING, ONLINE CUSTOMER REVIEW, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH PELANGSING (Studi Pada Konsumen CV.DA MAJESTY Pengguna Tiktok)

Ida Yulianingsih, Siti Saroh, Khoiriyah Trianti

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Viral Marketing, Online Customer Review, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Teh Pelangsing di Tiktok. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Menggunakan populasi dari Konsumen CV.DA MAJESTY Pengguna Tiktok dan sampel 100 responden dengan simple random sampling. Pengumpulan data kuesioner googleform. Analisis data regeresi linier berganda dengan program SPSS Statistic V.25. Penelitian menyatakan bahwa (1) Viral Marketing secara parsial dan signifikan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Teh Pelangsing menyatakan t hitung 2,175 > t tabel 1,660 dengan signifikan 0,032 < 0,05. (2) Online Customer Review secara parsial dan signifikan berpengaruh pada Keputusan Pembelian Teh Pelangsing yang menyatakan t hitung 2,906 > t tabel 1,660 signifikan 0,005 < 0,05. (3) Harga secara parsial dan signifikan berpengaruh pada keputusan pembelian Teh Pelangsing yang menyatakan t hitung 3,706 > t tabel 1,660 dengan signifikan 0,000 < 0,05. (4) Secara simultan, Viral Marketing, Online Customer Review, dan Harga berpengaruh pada Keputusan Pembelian Teh Pelangsing dibuktikan dengan nilai uji F signifikasi 0,000 ≤ dari 0,05 dan F hitung sebesar 48,488 > F tabel 2,698.  

Kata kunci: Viral Marketing, Online Customer Review, Harga, Keputusan Pembelian.

 

ABSTRACT

This study determine the effect of viral marketing, online customer reviews and price on purchasing decisions slimming tea in Tiktok. Method uses descriptive quantitative methods. The poplation used was CV.DA MAJESTY Consumers User Tiktok and the sample was 100 respondents using a simple random sampling. The data collection method is by using a questionnaire. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis using the SPSS Statistic V.25 program. The results of this study indicate that (1) Viral Marketing has a partial and significant effect on the Purchase Decision Slimming Tea a t count of 2,175 > t table of 1.660 with a significant value of 0,032 < 0,05. (2) Online Customer Reviews partial and significant on Purchase Decision Slimming Tea  a t count of 2,906 > t table of 1,660 with a significant value of 0,005 < 0,05. (3) Price has a partial and significant effect Purchase Decision Slimming Tea a t count value of 3,706 > t table 1,660 with a significant 0,000 < 0,05. (4) Simultaneously, viral marketing, online customer reviews and price effect Purchase Decision Slimming Tea the F test value significant of 0,000 which is less than 0,05 and F count of 48,488 > F table 2,698.

Keywords: Viral Marketing, Online Customer Review, Price, Purchase Decisiond.


Kata Kunci


Viral Marketing, Online Customer Review, Harga, Keputusan Pembelian.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Ali (2005) Viral Marketing on Strategy. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Ijazah, Fauzan (2019). Analisis Landskap Kelebihan Berat Badan dan Obesitas di Indonesia. UNICEF INDONESIA.

Kotler dan Armstrong. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Posavac, Steven S. (2015). Cracking the Code: Leveraging consumer psychology to drive profitability. Inggris: Taylor & Francis.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT.Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alabeta, CV.

Tjiptono, Fandy. 2019. Perilaku Konsumen, Malang. Banyumedia Publishing.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.