PENGARUH HARGA DAN VISUAL MERCHANDISING TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING (Studi Pada Konsumen Es Krim Wall’s di Indomaret Raya Sawojajar Kota Malang)

Muhammad Abdul Dawud Ghony, Rini Rahayu Kurniati, Dadang Krisdianto

Sari


ABSTRAK

 

Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh harga dan visual merchandising terhadap perilaku impulse buying pada konsumen produk es krim Wall’s di Indomaret Raya Sawojajar Kota Malang. Jenis penelitian yakni kuantitatif melalui metode explanatory research yang sampelnya terdiri dari 100 responden yang merupakan konsumen Wall’s. Kuesioner dan dokumentasi digunakan sebagai instrumen penelitian. Hasil F-test pada (X1) dan (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan pada (Y) dengan hasil (0,000 < 0,05); hasil T-test variabel  (X1) berpengaruh signifikan pada (Y) dengan hasil (0,000 < 0,05); dan variabel (X2) berpengaruh signifikan pada (Y) dengan hasil (0,026 < 0,05).

Kata Kunci: Harga, Visual Merchandising, Impulse Buying

 

 

 

ABSTRACT

 

The purpose of conducting this research is to examine the effects of price and visual merchandising on impulse buying behavior among consumers of Wall's ice cream products at Indomaret Raya Sawojajar, Malang City. The type of research is quantitative using the explanatory research method, with a sample consisting of 100 respondents who are Wall's consumers. Questionnaires and documentation are employed as research instruments. The results of the F-test on (X1) and (X2) reveal a significant combined influence on (Y) with a obtained value of (0.000 < 0.05); the T-test results indicate that variable (X1) has a significant effect on (Y) with an obtained value of (0.000 < 0.05), and variable (X2) has a significant effect on (Y) with a result of (0.026 < 0.05).

Keywords: Price, Visual Merchandising, Impulse Buying



Kata Kunci


Harga, Visual Merchandising, Impulse Buying

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Akdon, & Riduwan. (2013). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Alfabeta.

Arikunto, S. (2013). Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Bailey, S., & Baker, J. (2014). Moda e Visual Merchandising. Gustavo Gili Brasil.

Ghozali, I., & Hengky, L. (2015). Partial Least Square: Konsep, Metode, dan Aplikasi menggunakan program WarpPLS 5.0, Edisi ke-3. Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Kearney. (2019). A Mix of New Consumers and Old Traditions: The 2019 Global Retail Development Index. Kearney. https://www.kearney.com

Kim, J. (2003). College Students’ Apparel Impulse Buying Behaviors in Relation to Visual Merchandising. University of Georgia in Partial. A Thesis Submitted To The Graduate Faculty of the University of Georgia.

Palupi, G. A. (2022). 3 Merek Es Krim Favorit Masyarakat Indonesia, Kamu Doyan yang Mana? Goodstats.Id. https://goodstats.id/article/3-merek-es-krim-favorit-masyarakat-indonesia-6VcR8

Putri, A. W., Himawan, A., Sawitri, A. A., Ajengrastri, A., Muthmainah, D. A., Pramita, E. W., & Liswijayant, F. (2017). Literasi Keuangan. Banking Journalist Academy.

Rook, D. ., & Gardner, M. (2005). In the Mood: Impulse Buying’s Affective Antesedents. Research in Consumer Research. Research in Consumer Research, 6, 1–28.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Andi.

Utami, C. . (2010). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Moderen di Indonesia. Salemba Empat.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.