PENGARUH ONLINE CUSTOMER RATING, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARKETPLACE SHOPEE (Konsumen Shopee Prodi Administrasi Bisnis Angkatan 2019 Universitas Islam Malang)
Sari
ABSTRAK
Tujuan untuk menguji pengaruh evaluasi, umpan balik, dan kepercayaan konsumen online terhadap pilihan pembelian. Populasi sasaran adalah pelanggan Shopee, khususnya mahasiswa yang terdaftar di Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Islam Malang, Angkatan 2019. Sampel terdiri dari 79 responden yang dipilih secara acak berdasarkan kriteria peneliti. Data akan dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner survei. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda melalui software SPSS Statistic V.25.(1) Online Customer Rating berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee, dengan t hitung 2,585 > t tabel sebesar 1,665, dan nilai signifikan 0,001.
Kata Kunci: Online Costumer Rating, Online Costumer Review, Trust, Keputusan Pembelian
ABSTRAK
The aim of this research is to examine the influence of online consumer evaluations, feedback, and confidence on purchasing choices. This research employs descriptive quantitative methods. The target population was Shopee customers, specifically students enrolled in the Business Administration Study Program at the University of Islam Malang, Class of 2019. The sample consisted of 79 respondents randomly selected based on the researcher's criteria. Data will be collected using a survey questionnaire. The collected data will be analyzed using multiple linear regression analysis through the SPSS Statistic V.25 software.(1) Online Customer Rating has a partial and significant impact on the Shopee Marketplace Purchase Decision, with a t count of 2.585 > t table of 1.665, and a significant value of 0.001.
Keywords: Online Customer Review, Online Customer Rating, Trust, Purchase Decision
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Khammash, M. (2008). Electronics Word-Of-Mouth:Antecedent of reading customer reviews in on-line opnion platforms : A Quantitative Study From the UK Market. ADIS International Conference
Li, N. and Zhang, P. (2002), “Consumer online shopping attitudes and behavior: an assessment of research
Ningsih, E. S. P. (2019). Pengaruh Rating dan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian secara online pada marketplace Shopee. Digilibadmin. Unismuh. Ac. Id, 2, 1-13.
Opiida, I. (2014). Pengertian E-Marketplace. RetrievedFromhttps://tokohalista.Wordpress.com.
Sawlani, D. (2021). Keputusan Pembelian Online: Kualitas Website, Keaman Dan Kepercayaan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka
Sumarno, F. (2014). Analisis PengaruhKepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan,dan Persepsi Risiko Terhadap KeputusanPembelian Melalui Situs Jejaring Sosial
Suleman, D. (2022) Manajemen Pemasaran Di Era Digital (Konsep Dan Strategi).Sumatra Barat: PT.Insan Cendekia Mandiri
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran ,edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Asdar,M,L. (2022).Manajemen Pemasaran Digital,Kunci Sukses Masa Depan, Jawa Tengah:PT.Nasya Expanding Management
Hariyanto Halila Titin, Trisunarno. (2020). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, Vol.9 (2) Page 234.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.