PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS PADA KARYAWAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PROBOLINGGO

Acmad Dianto, Daris Zunaida, Eny Widayawati

Sari


ABSTRAK

Ditujukan guna informasi akan dampak disiplin juga motivasi kerja pada produktivitas oleh karyawan Dinas Dukcapil Kabupaten Probolinggo dengan parsial maupun simultan. Pengaplikasiannya dengan cara kuantitatif. Populasi berupan karyawan Dinas Dukcapil Kabupaten Probolinggo, yang mana sampel sejumlah 55 responden. Alat uji instrumen penelitian diaplikasikan oleh uji validitas, reliabilitas juga asumsi klasik. Serta hipotesis memnafaatkan uji t serta f. Hasilnya didapati dengan parsial disiplin berdampak signifikan pada produktivitas dengan t hitung senilai 2,731 dengan (sig = 0,009 < 0,05) dengan parsial motivasi kerja berdampak signifikan pada produktivitas t hitung senilai 2,286 dengan (sig = 0,026 < 0,05). Disiplin juga motivasi kerja juga berdampak signifikan dengan simultan pada produktivitas F hitung senilai 19,182 dengan (sig = 0,000 < 0,05). Besarnya kontribusi dampak disiplin juga motivasi kerja pada produktivitas senilai 42,5% sisanya 57,5% didampaki dari variabel yang tak diteliti.

Kata Kunci: Disiplin, Motivasi kerja dan Produktivitas

ABSTRACT

Intended for information on the impact of discipline as well as work motivation on productivity by employees of the Dukcapil Office of Probolinggo Regency, partially or simultaneously. Its application in a quantitative way. The population is employees of the Dukcapil Office of Probolinggo Regency, where the sample is 55 respondents. Testing the research instrument is applied by testing validity, reliability as well as classical assumptions. And the hypothesis uses the t and f tests. The results found that partial discipline has a significant impact on productivity with t count of 2.731 (sig = 0.009 <0.05) with partial work motivation having a significant impact on productivity t count of 2.286 (sig = 0.026 <0.05). Discipline as well as work motivation also has a significant impact simultaneously on productivity F count valued at 19.182 (sig = 0.000 <0.05). The magnitude of the contribution of the impact of discipline as well as work motivation on productivity is 42.5%, the remaining 57.5% is affected by variables not examined.

Kata Kunci


Disiplin, Motivasi kerja dan Produktivitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ardana. dkk. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. (2018). Desain Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Untuk Akuntansi Bisnis dan Ilmu Sosial Lainnya. Semarang: Yoga Pratama.

Hakim, Moch Irfan. (2019). Dampak motivasi kerja dan disiplin kerja pada produktivitas kerja pada staf BAUPK UNISMA Malang. Skripsi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang.

Hasibuan, Malayu. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Jasmani. (2021). Dampak Motivasi Dan Disiplin Kerja Pada Produktivitas Karyawan Pada PT. Beringin Life di Jakarta. Jurnal: Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang.

Mandey, M.A., Lengkong, V.P.K. (2015). Dampak Kompensasi, Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja pada Produktivitas Karyawan. Jurnal: Fakultas ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado.

Mangkunegara, A. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maslow. (2010). Motivasi and Personality. Jakarta: Rajawali.

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nawawi, Hadari. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis Kompotitif. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Pananrangi, Andi Rasyid. (2017). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Celebes Media Perkasa.

Prawironegoro, Darsono. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia ABAD 21. Jakarta: Mitra Wicana Media.

Priyatno, Dwi. (2014). Mandiri Belajar Analisis Data dengan Spss. Yogyakarta: Mediakom.

Priyatno, Dwi. (2018). Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya Dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Putra, Bagus Alisyah. (2019). Dampak konflik kerja, motivasi kerja dan kepemimpinan transformasional pada kinerja pegawai pada kantor kecamatan Lowokwaru kota Malang. Jurnal: STIE AMA Salatiga.

Saleh, Abdul Rachman. (2018). Dampak disiplin kerja, motivasi kerja, etos kerja dan lingkungan kerja pada produktivias kerja karyawan di PT. INKO JAVA Semarang. Skripsi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang.

Sinambela, L. P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Administrasi. Cetakan Keempat Belas. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suwanto. (2011). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.