PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN KREATIVITAS PERIKLANAN DI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA APLIKASI LAZADA (Studi Pada Konsumen Mahasiswa Universitas Islam Malang Prodi Administrasi Bisnis Angkatan 2019)

Annisya Cahyani Indah Pratiwi, Siti Saroh, Dadang Krisdianto

Sari


ABSTRAK

 

Peneliti melakukannya sebagai pengetahuan mengenai dampak brand ambassador juga kreativitas periklanan di media sosial pada keputusan pembelian online dalam aplikasi lazada (studi pada konsumen mahasiswa universitas islam malang prodi administrasi bisnis angkatan 2019). Pengaplikasiannya menggunakan jenis Kuantitatif. Populasi berupa mahasiswa yang menggunkan Aplikasi Lazada. yang mana teknik mendapatkan data yakni deangan non-probability sampling tepatnya penggunaan dari proposive sampling senilai 101 digunkannya pemanfaatan software SPSS Statistik 25. Yang mana teknik mengumpulkan data yakni deangan angket yang sudah dilakukan pengujian validitas juga reliabilitas. Penganalisaan data dengan memanfaatkan regresi berganda. Hasilnya didapati: (1) didapati tidak berpengaruh signifikansi brand ambassador kepada keputusan pembelian di aplikasi Lazada, dengan pembuktian hasil t hitung senilai 1.787 dengan signifikansi senilai 0.077 > 0,05 serta koefisen regresi senilai 0.515. (2) terdeteksi adanya dampak signifikan kreativitas periklanan terhadap keputusan pembelian di aplikasi Lazada, dinyatakan dengan hasil t hitung senilai 6.571 dengan signifikansi senilai 0.000<0,05. (3)adanya dampak yang signifikan brand ambassador dan kreativitas periklanan dengan bersamaan pada keputusan pembelian pada aplikasi Lazada, dinyatakan dengan nilai F hitung senilai 52.116 memiliki hasil signifikansi senilai 0,000 < 0,05.

Kata kunci : Brand Ambassador, Kreativitas Periklanan, Keputusan Pembelian

 

ABSTRACT

Researchers do this as knowledge about the impact of brand ambassadors as well as advertising creativity on social media on online purchasing decisions in the Lazada application (studies on consumers of Malang Islamic University students of business administration study program class of 2019). Its application uses Quantitative type. The population is in the form of students who use the Lazada Application. where the technique of obtaining data is by non-probability sampling to be precise the use of proposive sampling worth 101 using the SPSS Statistics 25 software. The technique for collecting data is by questionnaire which has tested validity as well as reliability. Data analysis using multiple regression. The results were found: (1) it was found that the significance of brand ambassadors had no effect on purchasing decisions in the Lazada application, with proof of the t-count results of 1,787 with a significance value of 0.077> 0.05 and a regression coefficient of 0.515. (2) it is detected that there is a significant impact of advertising creativity on purchasing decisions in the Lazada application, expressed by the results of a t count of 6,571 with a significance value of 0,000 <0.05. (3) there is a significant impact on brand ambassadors and advertising creativity simultaneously on purchasing decisions on the Lazada application, expressed by an F count value of 52,116 having a significance value of 0.000 <0.05.

Keywords: Brand Ambassador, Advertising Creativity, Purchase Decision


Kata Kunci


Brand Ambassador, Kreativitas Periklanan, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Belch, G., & Belch, M. (2003). Advertising and Promotion AN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS PERSPETIVE SIXTH EDITION. Companies: The McGraw-Hill.

Firmansyah, SE., MM, D. (2019). PEMASARAN PRODUK DAN MEREK (PLANNING & STRATEGY). CV. PENERBIT QIARA MEDIA.

TTjiptono, F. (1995,1997). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tripa Annur Falah, Z. A. (2020, Oktober). Pengaruh Kreativitas Iklan dan Negara Asal Terhadap Niat Beli dan Keputusan Pembelian Mobil, 1(2).

Widiastuti, R. (t.thn.). Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam lembaga pemrintah. Jakarta Pusat: Kementerian Komunikasi dan Informatika.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.