PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN STUDI KASUS PADA KONSUMEN (Studi Pada Konsumen PO AL Mubarok )

Nabila Titalia Syafa, Daris Zunaida, Dadang Krisdianto

Sari


ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk memastikan bagaimana keputusan pembelian dipengaruhi oleh fasilitas dan produk berkualitas tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. 100 orang termasuk dalam sampel secara keseluruhan, dan beberapa pendekatan analisis regresi linier diterapkan dalam analisis data. Hasil uji t dapat disimpulkan bahwa variabel pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan adalah signifikan. Karena pengaruh fasilitas (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) memiliki nilai signifikansi 0,000 0,05 dan nilai t hitung 7,272 > nilai t tabel 1,966, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa variabel fasilitas berpengaruh positif dan signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa variabel fasilitas (X1) dan pilihan pembelian (Y) berpengaruh positif dan substansial. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara variabel gambar (X2) dengan keputusan pembelian (Y) tidak positif dan tidak signifikan. Menurut hasil pengujian, kepuasan pelanggan klien dipengaruhi oleh fasilitas dan kualitas layanan secara bersamaan.

Kata kunci : Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan konsumen

ABSTRACT

            The purpose of this study was to determine the effect of equipment and product quality on purchasing decisions. From the test results it can be concluded that the effect of facilities and service quality on customer satisfaction based on the results of the t test shows that the significance value of the influence of (Y) facilities (X1) on purchasing decisions is 0.000 <0> t table 1.966, where in this case Ha is accepted and Ho is rejected. This means that there is a positive and significant influence between the credit variable (X1) and the purchase decision (Y). The results of these changes can be interpreted in such a way that the quality of equipment and service affects customer satisfaction at the same time.

Keywords: Facilities, Service Quality, Consumer Satisfaction

Kata Kunci


Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan konsumen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunti, Suharsimi. 2010. “Prosedur Penelitian” . Jakarta: Rineka Cipta

Barata, A. A. (2003). Dasar-dasar pelayanan prima. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Kelompok Gramedia.

Dr. Drs. Ec. Sentot Imam Wahjono, M. D. (2020). Pengantar Bisnis. Prenada Media.

Dr. Hj. R. Dewi Pertiwi, S. M. (2021). Pemasaran Jasa Pariwisata (Dilengkapi dengan Model Penelitian Pariwisata Gedung Heritage di Bandung Raya). Deepublish.

Haryanto, E. (2013). Kualitas layanan, fasilitas, dan harga pengaruhnya terhadap kepuasan pengguna jasa layanan pada kantor samsat Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi.

Irfan, A. M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas.

Kotler, Philip, 2005, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan dan Pengendalian, Jilid Dua, Erlangga, Jakarta.

Kusuma, R. W. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan .

Nurmalasari. (2013). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan klinik kecantikan Profira di Surabaya.

Putri, Y. (n.d.). Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan studi pada pelanggan medin beauty. 2014.

Suliyanto.(2018). Metode Penelitian Bisnis, Yogyakarta: Andi

Sartika moha, s. L. (2016). Analisis kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Dikota Manado.

Sugiyono,2007. Metodelogi Penelitian Administrasi. Jakarta : Grafindo.

Zeithaml, Valarie A. dan Mary Jo Bitner. 1996. Service Marketing – Integrating Customer Focus Across The Firm. Fourth Edition. New York: Mc Graw-Hill Inc.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.