ANALISIS PENERAPAN LINGKUNGAN BISNIS SEBAGAI STRATEGI PERKEMBANGAN USAHA (STUDI PADA BATIK NEW COLET JOMBANG)

Shifani Orchida Rahman, Sri Nuringwahyu, Karina Utami Anastuti

Sari


ABSTRAK

                UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) memiliki peran penting dalam proses perkembangan perekonomian Indonesia, yaitu pada konstribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Salah satu UMKM di Indonesia ialah UMKM Batik New Colet yang juga sedang berusaha mengembangkan bisnisnya dengan baik. Namun karena beberapa tahun terakhir ekspor batik ke Perancis mengalami penurunan secara drastis, penting bagi setiap perusahaan untuk mengetahui lingkungan bisnis perusahaan agar mampu merumuskan strategi dan mengantisipasi perubahan yang terjadi dimasa depan.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui analisis penerapan lingkungan bisnis serta strategi yang diterapkan dan perkembangan usaha Batik New Colet. Metode dari penelitian ini ialah dengan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sember data pada penelitian ini berasal dari sember data primer dan sumber data sekunder.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan bisnis internal dari usaha Batik New Colet menunjukkan beberapa kekuatan seperti para pengrajin yang kompeten dan pemilik usaha yang sudah berpengalaman dalam bidang membatik, kelemahan yang dimiliki ialah pemilik menjalankan usaha seorang diri serta sulitnya berinovasi pada motif batik. Sedangkan dari lingkungan bisnis eksternal Peluang yang dimiliki batik New Colet ialah pemerintah dan masyarakat yang masih menggemari batik hingga saat ini, sedangkan ancaman pada Batik New Colet ialah dengan adanya persaingan antar pengusaha batik. Strategi yang diterapkan pada Usaha Batik New Colet juga masih perlu dikembangkan kembali agar dapat mencapai tujuan dari usaha yang telah ditetapkan.

Kata Kunci: Lingkungan Bisnis, Strategi, Perkembangan Usaha

 

ABSTRACT

                MSMEs (micro, small and medium enterprises) have an important role in the process of developing the Indonesian economy, namely in their contribution to the Gross Domestic Product (GDP). One of the MSMEs in Indonesia is the Batik New Colet MSME which is also trying to develop its business well. However, because in recent years batik exports to France have decreased drastically, it is important for every company to know the company's business environment in order to be able to formulate strategies and anticipate changes that will occur in the future.

                This study aims to determine the analysis of the application of the business environment and the strategies implemented and the development of the Batik New Colet business. The method of this study is a qualitative method using data collection techniques through interviews, observation, and documentation. The data sources in this study come from primary data sources and secondary data sources.

The results of this study indicate that the internal business environment of the Batik New Colet business shows several strengths such as competent craftsmen and business owners who are experienced in the field of batik, the weaknesses are that the owner runs the business alone and the difficulty of innovating on batik motifs. Meanwhile, from the external business environment, the opportunities that New Colet batik has are the government and the people who still like batik to this day, while the threat to New Colet Batik is competition between batik entrepreneurs. The strategy applied to the New Colet Batik Business still needs to be redeveloped in order to achieve the objectives of the business that have been set.

Keywords: Business Environment, Strategy, Business Development


Kata Kunci


Lingkungan Bisnis, Strategi, Perkembangan Usaha

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdurohim, D. (2021). Pengembangan UMKM (Kebijakan, Strategi, Digital Marketing dan Model Bisnis UMKM). Bandung: PT Refika Aditama.

Ahmad. (2020). Manajemen Strategis. Makassar: Nas Media Pustaka.

Bahauddin, A., & dkk. (2020). Mnajemen Bisnis Kontemporer: Prinsip Dasar Dan Aplikasi. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Jayani, D. H. (2021, Agustus 13). Konstribusi UMKM Terhadap Ekonomi Terus Meningkat. Retrieved from databooks.katadata.co.id: https://databook.katadata.co.id

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Gitman, L. J. (2018). Intoduction To Business. Texas Houston: OpenStax Rice University.

Hardani, & dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.

Hasanah, N., Muhtar, S., & Muliasari, I. (2020). Mudah Memahami Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pontianak: Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan.

Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (1997). Manajemen Strategik. Binarupa Aksara.

Prawironegoro, D. (2016). Pengantar Bisnis Modern Abad 21. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sumual, T. E., Soputan, G. J., & Kawulur, A. F. (2019). Manajemen Pengembangan Bisnis: (Pengembangan Empirik Pada "Tibo-TIbo" Perempuan Nelayan). Surabaya: R.A. De Rozarie.

Suratman, A. (2021). Analisis Lingkungan Bisnis Dan Hukum. Jakarta Pusat: Mandala Nasional.

Suwendra, W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Nilacakra


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.