PENGARUH DISKON DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Pelanggan Bisnis Kreatif Digital)

Qumi Laila, Rini Rahayu Kurniati, Khoiriyah Trianti

Sari


ABSTRAK

            Pada era modern seperti saat ini, dunia bisnis semakin kompetitif, baik bagi perusahaan produksi maupun jasa, sehingga persaingan yang kompetitif antar usaha tidak dapat dihindari. Kunci untuk bisa menarik calon pelanggan adalah dengan perusahaan menawarkan diskon dan juga menciptakan brand image yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana diskon dan citra merek memengaruhi keputusan pembelian pelanggan bisnis Kreatif Digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk sumber datanya, yang terdiri dari data primer dan sekunder.

Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel diskon memengaruhi keputusan pembelian secara signifikan. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 2,303 lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,013 dan nilai signifikansi 0,026. Tingkat signifikansi tersebut di bawah 0,05. (2) Variabel brand image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis regresi menunjukkan nilai thitung sebesar 2,326, lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,013, dan nilai signifikansi 0,024. Tingkat signifikansi tersebut di bawah 0,05. (3) Keputusan pembelian dipengaruhi secara signifikan oleh faktor diskon dan brand image. Hasil uji F menunjukkan nilai fhitung sebesar 9,36, lebih besar dari nilai ftabel sebesar 3,20, dan sig. F sebesar 0,05. (4) Dalam penelitian ini, variabel yang paling dominan adalah brand image. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien beta yang lebih besar untuk variabel brand image yakni 0,320 dibandingkan dengan nilai koefisien beta variabel diskon yang sebesar 0,317.

 

Kata Kunci: Diskon, Brand Image, Keputusan Pembelian

 

ABSTRACT

                In this modern era, the business world is increasingly competitive, both for production and service companies, so that competitive competition between businesses cannot be avoided. The key to attracting potential customers is for companies to offer discounts and also create a good brand image. The purpose of this research is to find out how discounts and brand image influence the purchasing decisions of Digital Creative business customers. This study uses a quantitative approach to its data sources, which consist of primary and secondary data.

                This study shows that (1) the discount variable significantly influences purchasing decisions. The results of the regression analysis show that the tcount value is 2.303 greater than the ttable value of 2.013 and a significance value of 0.026. The significance level is below 0.05. (2) The brand image variable has a significant effect on purchasing decisions. The results of the regression analysis showed a tcount value of 2.326, greater than the ttable value of 2.013, and a significance value of 0.024. The significance level is below 0.05. (3) Purchase decisions are significantly influenced by discount factors and brand image. The results of the F test showed an fcount value of 9.36, greater than the ftable value of 3.20, and sig. F of 0.05. (4) In this study, the most dominant variable is brand image. This is indicated by the beta coefficient value which is greater for the brand image variable, which is 0.320 compared to the beta coefficient value for the discount variable, which is 0.317.

 

Keywords: Discount, Brand Image, Purchase Decision

 


Kata Kunci


Diskon, Brand Image, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Ajeng, Hapsari P. 2007. Celebrity Erdorser, Typical Person Endorser, Iklan Televisi, dan Brand Image Produk. Bandung: Universitas Padjajaran.

Basu, Swastha dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern Edisi 2. Yogyakarta: Liberty.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Prenhallindo.

Misbahuddin dan Iqbal Hasan. 2014. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Akasar.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatifm Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarjo. 2021. Metode Penelitian Administrasi. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran Edisi II. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.