IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS PRESPEKTIF ISLAM DALAM PELAYANAN NASABAH (Studi Kasus di BMT UGT Nusantara Capem Blimbing)

Misbahul Nisa', Rini Rahayu Kurniati, Ratna Nikin Hardati

Sari


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi implementasi etika bisnis Islam di  Baitul Mar Wat Tamwil Nusantara. Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data  penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu teknik Observasi (Observation), wawancara (Interviews) dan dokumentasi. Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis dalam perspektif Islam di BMT UGT Nusantara untuk melayani pelanggan di BMT dapat meningkatkan jumlah pelanggan, dengan bertambahnya jumlah pelanggan setelah menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis.

Kata kunci: Impementasi Etika Dalam Pelayanan Nasabah.

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to evaluate the implementation of Islamic business ethics in Baitul Mar Wat Tamwil Nusantara. This type of research is a qualitative method. Data collection techniques in this study used three data collection techniques, namely observation, interviews and documentation. The results of this study indicate that the application of business ethics in an Islamic perspective at BMT UGT Nusantara to serve customers at BMT can increase the number of customers, by increasing the number of customers after applying the principles of business ethics.

Keywords: Implementation of ethics in customer service. 

Kata Kunci


Impementasi Etika Dalam Pelayanan Nasabah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrohman, K. 2016. Filantropi Islam Untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat (Model Pemberdayaan ZISWAF di BMT Se-Kabupaten Demak). Jurnal Istishadia, 9 (2), 227–245. https://doi.org/10.21043/iqtishadia.v9i2

Madura, Jeff. (2007) Introduction to business. Thopson/Shouth-Western.

Masyithoh, dkk. 2014. Analisis Normatif Undang-Undang No. 1 Tahun 2013 Tentang Lembaga Keuangan Mikro (Lkm) Atas Status Badan Hukum Dan Pengawasan Baitul Maal Wat Tamwil (Bmt). Jurnal Economica, 5(2), 17–36.

M. Nur Rianto. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syari’ah. Bandung. Alfabeta. Hlm. 211-212

Mukhtar, 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta. GP Press Group.

Mustaq Ahmad, 2001. Etika Bisnis Dalam Islam, Jakarta: Pustaka Al-Kutsar. Hlm. 10

Nur Amalia, A. (2022). The Conditions Of Baitul Maal Wat Tamwil (Bmt) In Indonesia: A Litera Review. Jurnal Paradigma , 19(1), 1-8. www.bps.go.id

Nur, Dinah Fauziah dkk. 2019. Etika Bisnis Syariah Vol. II. Malang. CV. Literasi Nusantara Abadi.

Pramitasari, T. (2019). Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Menghadapi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Pratiwi, R., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam Terhadap Customer Retention Pada Koperasi Syariah Bmt Al-Ittihad Pekanbaru. Jurnal Akutansi Manajemen Bisnis Dan Teknologi, 1(2), 118–131.

Putra, P., & Isfandayani, I. (2020). Challenges in Management of Baitul Maal wa Tamwil Based on Waqf. 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019). Hlm. 562–565.

Rini, Rahayu Kurniati dkk. 2022. Jurnal Administrasi Bisnis/ Jagabi. Malang.

Sakti, A. (2013). Pemetaan Kondisi Dan Potensi Bmt: Kemitraan Dalam Rangka Memperluas Pasar & Jangkauan Pelayanan Bank Syariah Kepada Usaha Mikro 1 Mapping Of Conditions And Potential Of Bmt: Partnership To Expand The Market And Linkage Of Islamic Banking Services To The Micro Enterprises. In Jurnal Al-Muzara’ah. Vol. I (Issue 1).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukanto Mm, 2005. Suatu Pendekatan Alternatif Atas Psikologi. Integrita Press. Jakarta.

Sukirno, S. (2010). Mikro Ekonomi Teori Pengantar. PT. Raja Grafindo Persada.

Wijaya, Tony. 2013. Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Bisnis. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Yusrialis. 2013. Bangkitnya BTM Sebagai Pemberdaya Usaha Mikro Syariah di Indonesia. Jurnal Menara, 13 (2), 170–176.

Yusuf, S. D. 2014. Peran Strategis Baitul Maal Wa Tamwil (Bmt) Dalam Peningkatan Ekonomi Rakyat. Jurnal Al-Mizan, 10(1), 69–80. http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/am


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.