PENGARUH CITRA MEREK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Konsumen UMKM Spicypedia)

Imelda Maulinda, Rini Rahayu Kurniati, Daris Zunaida

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  Citra Merek dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) terhadap Keputusan Pembelian di UMKM Spicypedia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling. Total sampel yang diambil adalah 90 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik Analisis Regresi Linier Berganda. Pengolahan data menggunakan program SPSS Statistik 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan citra merek terhadap keputusan pembelian pada umkm spicypedia secara parsial yang menunjukkan nilai t hitung 4.404 > t tabel 1.988 dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian pada umkm spicypedia yang menunjukkan nilai t hitung 2.365 > t tabel 1.988 dengan nilai signifikan 0.020 < 0.05. (3) Secara Simultan, citra merek dan electronic word of mouth (e-wom) berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada umkm spicypedia, hal ini dibuktikan dengan hasil nilai uji F dengan signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan F hitung sebesar 17.084 >  F tabel 3.10.

Kata kunci : Citra Merek, Electronic Word Of Mouth, Keputusan Pembelian

 

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of Brand Image and Electronic Word Of Mouth (E-WOM) on Purchasing Decisions at Spicypedia UMKM. The type of research used in this research is quantitative and the sampling method in this study uses non-probability sampling, namely purposive sampling. The total sample taken is 90 respondents. Data collection techniques using a questionnaire. The data analysis technique uses Multiple Linear Regression Analysis techniques. Data processing using the SPSS Statistics 25 program.

The results of this study indicate that (1) there is a significant influence of brand image on purchasing decisions at spicypedia UMKM partially which shows a t count of 4.404 > t table of 1.988 with a significant value of 0.000 <0.05. (2) there is a significant effect of electronic word of mouth on purchasing decisions at Spicypedia UMKM which shows the value of t count 2.365 > t table 1.988 with a significant value of 0.020 <0.05. (3) Simultaneously, brand image and electronic word of mouth (e-wom) have an effect on purchasing decisions at spicypedia, this is evidenced by the results of the F test value with a significance of 0.000 less than 0.05, and F count of 17,084 > F table 3.10.

Keywords : Brand Image, Electronic Word Of Mouth, Buying Decision


Kata Kunci


Citra Merek, Electronic Word Of Mouth, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hasan, I. (2009). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Askara.

Ismagilova, et.al (2017). Electronic Word Of Mouth (eWOM)in the Marketing Context. Switzerland: Springer.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018) Principles Of Marketing (Global Edition). 17th Edition. London: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Global Edition). 15th Edition. USA: Pearson Education, Inc.

Nuryadi, dkk. (2017). Dasar - Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Priansa, D. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia. Sitorus, dkk. (2022). Brand Marketing: The Art Of Branding. Bandung: Media Sains Indonesia.

Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitantif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakrta: Andi Offset.

Sarwoko. (2007). Statistik inferensi untuk ekonomi dan bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: Andi Offset.

Wardhana, Aditya, et al. (2021). Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Wangsa, dkk. (2022). Promosi Penjualan Untuk Membangun Eletronic Word Of Mouth dan Mendorong Pengambilan Keputusan Pembelian. Klaten: Lakeisha.

Yulindasari, Elsa Rizki dan Khusnul Fikriyah. (2022). Pengaruh e-wom ( Electronic Word Of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal di Shopee. Journal of Islamic and Finance Studies, (3)2, 55-69.

Zagoto, Yusmelinda dan Taswando Taryo. (2022). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban. 3(2), 21-29.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.