PENGARUH ADVERTISING DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WARDAH DI INSTAGRAM (STUDI PADA MAHASISWI UNIVERSITAS ISLAM MALANG PENGGUNA PRODUK WARDAH)

Anita Rositaningrum, Siti Saroh, Ainul Chanafi

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan atas dasar dan tujuan mengetahui dan menganalisis variabel advertising dan sales promotion menyebabkan secara parsial maupun simultan pada keputusan pembelian produk Wardah di Instagram. Diteliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini yaitu Mahasiswi S1 Universitas Islam Malang angkatan 2019 pengguna produk Wardah.

Hasilnya menjelaskan mengenai variabel Advertising (X1) menyebabkan pengaruh keputusan pembelian (Y)  produk Wardah dari Mahasiswi Universitas Islam Malang. Variabel Sales promotion (X2) tidak menyebabkan keputusan pembelian produk Wardah di Mahasiswi Universitas Islam Malang. Hasil uji F menunjukkan terdapat pengaruh antara variabel independen (X1 dan X2) secara simultan terhadap variabel dependen (Y), dengan begitu Ha diterima Ho ditolak. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan adjusted R square senilai 0,619, bermakna seluruh variabel bebas yakni advertising (X1) dan sales promotion (X2) mempunyai peran secara bersama senilai 61,9% oleh variabel (Y). Jika dilihat sisa nilai 38,1% dapat diperoleh dari variabel yang peneliti tidak teliti dalam Penelitian yang dilakukan tersebut.

Kata Kunci: Advertising, Sales Promotion, Keputusan Pembelian

 

ABSTRACT

This research was conducted on the basis and purpose of knowing and analyzing advertising and sales promotion variables that partially or simultaneously influence purchasing decisions for Wardah products on Instagram. Researched using a type of quantitative research. The data collection uses a questionnaire. The population of this study is the 2019 batch of undergraduate students at the Islamic University of Malang, users of Wardah products.

The results explain that the Advertising variable (X1) influences the purchasing decision (Y) of Wardah products from the Islamic University of Malang students. Sales promotion variable (X2) does not affect the decision to purchase Wardah products for female students at the Islamic University of Malang. The results of the F test show that there is an influence between the independent variables (X1 and X2) simultaneously on the dependent variable (Y), so that Ha is accepted, Ho is rejected. The results of the test for the coefficient of determination show that the adjusted R square is 0.619, meaning that all independent variables, namely advertising (X1) and sales promotion (X2) have a joint role of 61.9% by variable (Y). If you look at the remaining value of 38.1%, it can be obtained from variables that the researchers did not examine carefully in the research that was carried out.

Keywords: Advertising, Sales Promotion, Purchase Decision


Kata Kunci


Advertising, Sales Promotion, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Dr. Rulli Nasrullah. (2020). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Philip Kotler dan Gary Armstong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Philip Kotler dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Prof. Dr. Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Prof. H. Imam Ghozali, M.Com., Ph.D.CA, Akt. (2018). Aplikasi analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 . Semarang: Badan Penerbit Undip.

Rio Adrianto Yasin (2020). Pengaruh Advertising, Sales Promotion, dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian pada Usaha Ma Bruschetta.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutisna, SE.ME. (2001). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yuniar Purbo Rini dan Muhammad Anasrulloh (2022). Pengaruh Implse Buying dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Skincare Merek Pond’s di Golden Swalayan Tulungagung. Jurnal Economina, Vol. 1 No.2


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.