PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IPHONE (Studi pada Konsumen Pengguna Smartphone Iphone Meteor Cell Dinoyo Kota Malang)

Helmi Artikasari, Rini Rahayu Kurniati, Dadang Krisdianto

Sari


ABSTRAK

Studi ini bertujuan guna mengetahui pengaruh harga maupun kualitas produk pada kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian produk iphone (studi kasus pada konsumen pengguna smartphone iphone di meteor cell malang). Populasi yang dipakai pada studi ini ialah sebanyak 960 individu dengan pengambilan sampel sebanyak 118 informan. Teknik sampling yang dipakai pada studi ini ialah purposive sampling dengan standar yang sudah diatur oleh peneliti. Analisa yang dipakai pada studi ini ialah analisis jalur / path analysis dengan memakai program SPSS IBM

25.0.    Hasil penelitian menunjukkan jika dengan parsial harga berpengaruh significant pada keputusan pembelian, dengan t hitung 2,011 serta nilai significant 0,047; kualitas produk dengan parsial berpengaruh significant pada keputusan pembelian, dengan t hitung 6,176 serta nilai significant 0,000; Keputusan Pembelian dengan parsial berpengaruh positif serta significant dengan nilai t hitung 10,661 serta nilai significant 0,000. Sedangkan dengan simultan variabel harga maupun kualitas produk berpengaruh significant pada keputusan pembelian smartphone merek Iphone di Meteor Cell Malang;Keputusan Pembelian mempengaruhi harga maupun kualitas produk pada kepuasan konsumen dengan hasil analisis jalur maupun pengaruh total lebih besar dari pengaruh langsung yakni 1,098 > 0,498 serta hasil uji sobel yang memiliki nilai significant senilai 0,000. Besaran harga maupun kualitas produk pada keputusan pembelian ialah 60,4% sementara sisanya senilai 39,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak termasuk di studi ini. Besaran keputusan pembelian pada kepuasan konsumen ialah 49,4% sementara sisanya senilai 50,6%.

Kata kunci: Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen

ABSTRACT

This research aims to determine the effect of price and product quality on customer satisfaction through purchasing decisions for iphone products (case study on consumers of iphone smartphone users at meteor cell Malang). The population used in this study was 960 people with a sampling of 118 informants. The sampling technique used in this study was purposive sampling with criteria set by the researcher. The analysis used in this research is path analysis using the SPSS IBM 25.0 program. The results showed that partially the price has a significant effect on purchasing decisions, with t count 2.011 and a significance of 0.047; product quality partially has a significant effect on purchasing decisions, with t count 6.176 and a significance of 0.000; Purchasing decisions partially have a positive and significant effect with a t value of 10.661 and a significance of 0.000. While simultaneously the price and product quality variables have a significant effect on


purchasing decisions for Iphone brand smartphones at Meteor Cell Malang; Purchasing decisions mediate price and product quality on customer satisfaction with the results of path analysis or the total effect is greater than the direct effect, namely 1.098> 0.498 and the results of the sobel test which has a significance of 0.000. The amount of price and product quality on purchasing decisions is 60.4%, while the remaining 39.6% is influenced by other variables not included in this study. The magnitude of purchasing decisions on customer satisfaction is 49.4% while the remaining 50.6%.

Keywords: Price, Product Quality, Purchasing Decisions and Consumer Satisfaction

Kata Kunci


Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Apriyanto, R. (2022). Selalu Jadi Ponsel Idaman, Yuk Intip 6 Kelebihan Iphone Dibanding Android! indonesia: Yoursay.id.

Firmansyah. (2019). Pemasaran Produk dan Merek, Cetakan pertama. Jawa Timur: Qiara Media.

Hasan, A. (2009). Marketing (edisi pertama).

Yogyakarta: Media Pressindo.

Heryanto, I., & Triwibowo, T. (2018). Path Analysis Memakai SPSS dan Excel. Bandung`: Informatika.

Kotler, & Keller. (2016). Marketing Management. London: Pearson Education.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles Of Marketing. United Kingdom: Pearson Education Limited.

Nuryadi, Utami, Budiantara, & Martinus. (2017). Dasar-Dasar statistik Penelitian. Jakarta: Si Buku Media. 109

Pratiwi, N. R., Pradiani, T., & Alamsyah, A.

R. (2021). Pengaruh Harga maupun kualitas Produk Pada kepuasan konsumen dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. JUBIS Vol. 2 No. 2 Tahun 2021, 18-27.

Riduan. (2013). Dasar-dasar Statistik.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. (2009). Metode Riset Bisnis.

Yogyakarta: Andi.

Suliyanto. (2010). Studi Kelayakan Bisnis.

Yogyakarta: Andi.

Sunyoto. (2019). Dasar-dasar Managemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus) Cetakan ke 3. Jakarta: PT.Buku Semeru.

Tijptono, F., & Chandra, G. (2008). Pemasaran Srrategik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Yulianti, Lamsah, & Periyadi. (2019). Managemen Pemasaran. Sleman: Deepublish.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.