PENGARUH INOVASI PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Pelanggan Toko MAGNESIUM 137 Blitar)
Sari
ABSTRAK
               Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi persyaratan guna memperoleh gelar sarjana, untuk mengetahui inovasi produk, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui kontribusi naik turunnya variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y), dan untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan toko MAGNESIUM 137 Blitar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 orang dan diolah meinggunakan IBM SPSS Statistic veisi 20.
  Dalam hasil peineilitian ini meinunjukkan bahwa variabeil inovasi produk (X1) beirpeingaruh seicara signifikan teirhadap keiputusan peimbeilian (Y), deingan nilai thitung > ttabeil (11,391 > 1,985), deingan nilai signifikan seibeisar 0,000 < 0,05. Variabeil harga (X2) beirpeingaruh tidak signifikan teirhadap keiputusan peimbeilian, deingan nilai thitung < ttabeil (0,481 < 1,985) deingan nilai signifikan seibeisar 0,632 > 0,05. Variabeil kualitas produk (X3) beirpeingaruh tidak signifikan deingan nilai thitung > ttabeil (1,789 < 1,985), deingan nilai signifikan seibeisar 0,077 > 0,05.
Kata Kunci: Inovasi Produk, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
ABSTRACT
Thiis study aiims to fulfiill thei reiquiireimeints for obtaiiniing a bacheilor's deigreiei, to deiteirmiinei product iinnovatiion, priicei, and product qualiity on purchasiing deiciisiions, to deiteirmiinei thei contriibutiion of thei ups and downs of thei iindeipeindeint variiablei (X) to thei deipeindeint variiablei (Y), and to deiteirmiinei thei variiablei that has a domiinant eiffeict on buyiing deiciisiion. Thiis typei of reiseiarch useis quantiitatiivei reiseiarch, wiith data colleictiion teichniiqueis usiing queistiionnaiireis and obseirvatiion. Thei populatiion iin thiis study arei customeirs of thei MAGNEiSIiUM 137 Bliitar storei. Thei sampliing teichniiquei iin thiis study useid siimplei random sampliing wiith a samplei siizei of 100 peioplei and proceisseid usiing IiBM SPSS Statiistiics veirsiion 20.
Thei reisults of thiis study iindiicatei that thei product iinnovatiion variiablei (X1) has a siigniifiicant eiffeict on purchasiing deiciisiions (Y), wiith tcount > ttablei (11.391 > 1.985), wiith a siigniifiicant valuei of 0.000 <0.05. Thei priicei variiablei (X2) has no siigniifiicant eiffeict on purchasiing deiciisiions, wiith a tcount < ttablei (0.481 <1.985) wiith a siigniifiicant valuei of 0.632 > 0.05. Thei product qualiity variiablei (X3) has no siigniifiicant eiffeict on tcount > ttablei (1.789 <1.985), wiith a siigniifiicant valuei of 0.077 > 0.05. Thei reisults of thei F teist iindiicatei that thei product iinnovatiion, priicei, and product qualiity variiableis siimultaneiously iinflueincei purchasiing deiciisiions wiith thei acquiisiitiion of Fcount > Ftablei, nameily 44.789 > 2.70 and a siigniifiicancei leiveil of 0.000 <0.05.
Keywords: Product Iinnovatiion, Priicei, Product Qualiity, Purchasei DeiciisiionKata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, M. (2015). Meitodei Peineiliitiian Kuantiitatiif. Yogyakarta: Aswaja Preissiindo.
Bucharii, A. (2016). Manajeimein Peimasaran dan Peimasaran Jasa. Bandung: Alfabeita.
Budiiastutii, D., & Agustiinus, B. (2018). Valiidiitas dan Reiliiabiiliitas Peineiliitiian. Jakarta: Miitra Wacana Meidiia.
Fiirmansyah, M. A. (2019). Peimasaran Produk dan Meireik (Planniing & Strateigy). Surabaya: Peineirbiit Qiiara Meidiia.
Hamiid, A., & Praseityowatii, R. A. (2022). Meitodologii Peineiliitiian Kualiitatiif, Kuantiitatiif dan Eikspeiriimein. Malang: Liiteirasii Nusantara Abadii.
Hamiid, A., & Praseityowatii, R. A. (2022). Meitodologii Peineiliitiian Kuantiitatiif, Kualiitatiif dan Eikspeiriimein. Malang: Liiteirasii Nusantara Abadii.
Iindrasarii, M. (2019). Peimasaran dan Keipuasan Peilanggan. Surabaya: Uniitomo Preiss.
Keimeinpeiriin. (2019, Noveimbeir 6). Iindustrii Teikstiil dan Pakaiian Tumbuh Paliing Tiinggii. Reitriieiveid from siiaran peirs: https://keimeinpeiriin.go.iid/artiikeil/21191/Iindustrii-Teikstiil-dan-Pakaiian-Tumbuh-Paliing-Tiinggii
Kotleir, P., & Amstrong, G. (2010). Priinsiip Priinsiip Peimasaran. Jakarta: Eirlangga.
Kotleir, P., & Amstrong, G. (2018). Priinciipleis Of Markeitiing. London: Peiarson.
Kotleir, P., & Beis, T. F. (2004). Lateiral Markeitiing. Jakarta: Eirlangga.
Kotleir, P., & Keilleir, K. L. (2012). Manajeimein Peimasaran. Jakarta: Eirlangga.
Kotleir, P., & Keilleir, K. L. (2016). Manajeimein Peimasaran. Jakarta: Iindeiks.
Oeintoro , D. (2012). Manajeimein Peimasaran Modeirn. Yogyakarta: LaksBang PREiSSiindo.
Oscardo, J., Purwantii, A. A., & Hamzah, M. L. (2021). Iinovasii Produk, Peirseipsii Harga, Peingalaman Konsumein dan Strateigii Posiitiioniing dalam Meiniingkatkan Keiputusan Peimbeiliian Pada PT Cahaya Seijahteira Riiau Peikanbaru. IiNVEiST, 2, 64-75.
Rasyiid, H. A., & Iindah, A. T. (2018). Peingaruh Iinovasii Produk dan Harga Teirhadap Keiputusan Peimbeiliian Seipeida Motor Yamaha dii Kota Tangeirang Seilatan. Peirspeiktiif, 16, 39-49.
Riiadii, M. (2014, Mareit 7). Keiputusan Peimbeiliian. Diiambiil keimbalii darii Kajiian Pustaka: https://www.kajiianpustaka.com/2014/03/keiputusan-peimbeiliian.html
Riiadii, M. (2016, Seipteimbeir 27). Peingeirtiian, Peiranan dan Tujuan Peineitapan Harga. Diiambiil keimbalii darii Kajiian Pustaka: https://www.kajiianpustaka.com/2016/09/peingeirtiian-peiranan-dan-tujuan-peineitapan-harga.html
Riiadii, M. (2020, Feibruarii 20). Kualiitas Produk (Peingeirtiian, Manfaat, Diimeinsii, Peirspeiktiif dan Tiingkatan). Diiambiil keimbalii darii Kajiian Pustaka: https://www.kajiianpustaka.com/2020/02/kualiitas-produk-peingeirtiian-manfaat-diimeinsii-peirspeiktiif-dan-tiingkatan.html
Riiadii, M. (2022, Junii 20). Iinovasii Produk (Aspeik, Jeiniis, Iindiikator, dan Peinyeibab). Diiambiil keimbalii darii Kajiian Pustaka: https://www.kajiianpustaka.com/2022/06/iinovasii-produk.html
Sarii, R. M., & Priihartono. (2021). Peingaruh Harga dan Kualiitas Produk Teirhadap Keiputusan Peimbeiliian. Jurnal Iilmiiah MEiA, 5, 1171-1184.
Slackeircodei. (2020, Meiii 01). MAGNEiSIiUM 137 Catalog. Diiambiil keimbalii darii MAGNEiSIiUM137: https://www.magneisiium137.com/
Soeitanto, F. P., Seiptiina, F., & Feibry, T. (2020). Peingaruh Kualiitas Produk dan Keiragaman Produk Teirhadap Keiputusan Peimbeiliian Produk Amondeiu. PEiRFORMA, 5, 63-71.
Sugiiyono. (2016). Meitodei Peineiliitiian Kualiitatiif, Kuantiitatiif dan R&D. Bandung: Alfabeita.
Sugiiyono. (2019). Meitodei Peineiliitiian Kualiitatiif, Kuantiitatiif dan R&D. Bandung: Alfabeita.
Tjiiptono, F. (2012). Strateigii Peimasaran. Yogyakarta: Andii Publiisheir.
Tjiiptono, F., & Chandra, G. (2016). Seirviicei, Qualiity dan Satiisfactiion eidiisii 4. Yogyakarta: ANDIi OFFSEiT.
Markeitplacei Account Magneisiium 137, https://shopeiei.co.iid/magneisiium137, diiakseis pada 25 Januarii 2023.
Markeitplacei Account Barleiy Diiviisiion, https://shopeiei.co.iid/barleiy_diiviisiion, diiakseis pada 25 Januarii 2023.
Markeitplacei Account Deiathleiss Eimpiirei, https://shopeiei.co.iid/deiathleiss_storei, diiakseis pada 25 Januarii 2023.
Markeitplacei Account Rown Diiviisiion, https://shopeiei.co.iid/rowndiiviisiionoffiiciial, diiakseis pada 25 Januarii 2023.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.