PENGARUH HARGA, POTONGAN HARGA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA (STUDI PADA MASYARAKAT KECAMATAN BATU KOTA BATU)

Nur Arlina Febrianti, Dadang Krisdianto, Karina Utami Anastuti

Sari


ABSTRAK

 

Tujuan riset ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, potongan harga dan electronic word of mouth terhadap minat beli serta untuk mengetahui bagaimana kontribusi naik turunnya variabel bebas

(X) terhadap variabel terikat (Y). Jenis penelitian ini kuantitatif, dan data dikumpulkan melalui kuisioner dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat kecamatan Batu kota Batu. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel acak sederhana (simple random sampling) dengan jumlah sampel 100 orang. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan IBM SPSS Statistic Versi 25. Hasil riset variabel harga memiliki pengaruh terhadap minat beli, potongan harga memiliki pengaruh terhadap minat beli dan electronic word of mouth memiliki pengaruh terhadap minat beli. Ketiga variabel memiliki dampak signifikan terhadap minat beli. Variabel minat beli (Y) dipengaruhi 79,1% oleh ketiga variabel tersebut.

 

Kata Kunci : Harga, Potongan Harga, Electronic Word Of Mouth, Minat Beli

ABSTRACT

 

The purpose of this research is to determine the effect of prices, discounts andelectronic word of mouth on buying interest and to find out how the contribution of the ups and downs of the independent variable (X) to the dependent variable (Y). This type of research is quantitative, and data is collected through questionnaires and observations. The population in this study is the people of the Batu sub- district, Batu city. The sampling technique in this study used a simple random sample with a sample of 100 people. The data collected was processed using IBM SPSS Statistics Version 25. The research results of the price variable have an influence on buying interest, price discounts have an influence on buying interest andelectronic word of mouth have an influence on purchase intention. The three variables have a significant impact on buying interest. Purchase intention variable (Y) is influenced by 79.1% of these three variables.

 

Keyword : Price, Discounted Price,Electronic Word Of Mouth,Purchase Intention


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponergoro.

Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic Word of Mouth Via Consumer Opinion Platform : What Motivates Consumers To Articulate Themselves on The Internet ? Journal of Interactive Marketing, Vol.8, No.3.

Kotler, P. &. (2019). Prinsip- Prinsip Pemasaran Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Priansa, D. (2017). Perilaku Pembeli Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Riset Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sutisna. (2012). Perilaku Pembeli dan Komunikasi Pemasaran, Edisis kedua. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.