PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SERUM AVOSKIN (Studi Pada Followers Akun TikTok @avoskinbeauty)

Famella Ayu Thantia, Rini Rahayu Kurniati, Eny Widayawati

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social media marketing dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk serum Avoskin. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan melibatkan 110 responden, yang merupakan konsumen serum Avoskin dan pengikut akun TikTok @avoskinbeauty. Sampel dipilih menggunakan metode probability sampling dengan menggunakan simple random sampling, dan pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan Regresi Linear Berganda dengan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel social media marketing (X1) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), sedangkan variabel kualitas produk (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan, variabel social media marketing (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 68,6% variabilitas keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel social media marketing dan kualitas produk, sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Social Media Marketing, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

ABSTRACT

This study aims to analyze the effect of social media marketing and product quality on purchasing decisions for Avoskin serum products. The research method used s quantitative involving 110 respondents, who are consumers of Avoskin serum and followers of the TikTok account @avoskinbeauty. The sample was selected using the probability sampling method using simple random sampling, and data collection was carried out by filling out a questionnaire. Data analysis was performed using Multiple Linear Regression using IBM SPSS Statistics 24 software. The results showed that partially, social media marketing variables (X1) did not have a significant influence on purchasing decisions (Y), while product quality variables (X2) had a significant influence on purchasing decisions (Y). The results of the F test show that simultaneously, social media marketing variables (X1) and product quality (X2) have a significant effect on purchasing decisions. The coefficient of determination shows that 68.6% of the variability in purchasing decisions can be explained by the variables of social media marketing and product quality, while the rest s influenced by other variables not examined in this study.

Keywords: Social Media Marketing, Product Quality, Purchase Decision


Kata Kunci


Social Media Marketing, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikuntoi, S. (2013). Proiseidur Peineilitian: Suatu Peindeikatan Praktik. Jakarta: PT Rineika Cipta.

Ayeisha, ., Pratama, . A., Hasan, S., Amaliyah, Eiffeindi, in. ., Yusnantoi, T., . . . Eigim, A. S. (2022). Digital Markeiting (Tinjauan Koinseiptual). Geit Preiss.

Briskman, J. (2022). Q1 2022 Data Digeist. Reitrieiveid froim seinsoirtoiweir: https://seinsoirtoiweir.coim/bloig/q1-2022-data-digeist

Feibrinastri, F. (2022). Hingga Juli 2022, industri Koismeitik Meiningkat 83% dan Didoiminasi UKM. Reitrieiveid froim Suara.coim: https://www.suara.coim/preissreileiasei/2022/09/13/105011/hingga-juli-2022-industri-koismeitik-meiningkat-83-dan-didoiminasi-ukm

Ghoizali, . (2016). Aplikasi Analisis Multivariatei deingan Proigram BM SPSS. Seimarang: Badan Peineirbit Univeirsitas Dipoineigoiroi.

Hikmawati, F. (2017). Meitoidei Peineilitian. Deipoik: PT RajaGrafindoi Peirsada.

Janiei, D. in. (2012). STATISTIK DEiSKRIPTIF & REiGREiSI LINIEiR BEiRGANDA DEiNGAN SPSS. Seimarang: Seimarang Univeirsity Preiss.

Koitleir, P., & Armstroing, G. (2018). Principleis oif Markeiting Gloibal Eiditioin 17th Eiditioin. Loindoin: Peiarsoin Eiducatioin.

Koitleir, P., & Keilleir, K. L. (2016). Markeiting Manageimeint Gloibal Eiditioin 15. Uniteid Stateis: Peiarsoin Eiducatioin Limiteid.

Meiwardi, A. (2020). Peingaruh Greiein Markeiting Dan Kualitas Proiduk Teirhadap Keiputusan Peimbeilian Proiduk Oiriflamei Purwakarta. Jurnal Eikoinoimi dan Bisnis, 63 – 67 .

Mointoilalu, in. A., itumbeil, T. M., & Walangitan, Oi. C. (2021). Peingaruh Kualitas Proiduk teirhadap Keiputusan Peimbeilian . Eiqiein-Jurnal Eikoinoimi dan Bisnis, 7(1), 63-67.

Nabilah, A. in., & Anggrainiei, in. (2022). Peingaruh Kualitas Proiduk, Harga, Proimoisi, Brand Awareineiss, Brand magei dan Ceileibrity Eindoirseir Teirhadap KeiputusanBrand magei dan Ceileibrity Eindoirseir Teirhadap Keiputusan Brand magei dan Ceileibrity Eindoirseir Teirhadap Keiputusan Peimbeilian Skincarei Scarleitt Whiteini. YUMEi : Joiurnal oif Manageimeint, 728 - 736.

Noiviyana, S., Keincanawati, M. S., Anggraini, R., & Gayatri, L. A. (2022). PEiNGARUH SOiCIAL MEiDIA MARKEiTING, CEiLEiBRITY EiNDOiRSEiR, BRAND MAGEi, EiLEiCTROiNIC WOiRD OiF MOiUTH, DAN inOiVASI PROiDUK TEiRHADAP KEiPUTUSANPEiMBEiLIAN PROiDUK WARDAH. Jurnal Eikoinoimi dan Bisnis, Voil. 11 inoi. 1

Priyoinoi, A. A. (2015). Analisis Data deingan SPSS. Malang: Badan Peineirbit Fakultas Eikoinoimi. Univeirsitas slam Malang.

Purnoimoi, R. A. (2016). Analisis Statistik Eikoinoimi dan Bisnis Deingan SPSS. Poinoiroigoi: CV. WADEi GROiUP .

Reifiani, A. S., & Mustikasari, A. (2020). Analisis Peingaruh Soicial Meidia Markeiting Meilalui insyagram Teirhadap Keiputusan Peimbeilian Studi Pada This!By Alifah Ratu Tahun 2020. eiProiceieidings oif Applieid Scieincei, 6(3).

Sugiyoinoi. (2019). Meitoidei Peineilitian Kuantitatif , Kualitatif, dan R&G. Yoigyakarta: Peineirbit Alfabeita.

Sutiani, L. (2022). Toip 10 Brand Seirum Wajah Teirlaris 2022 di Ei-Coimmeircei: Scarleitt Duduki Peiringkat 1. Reitrieiveid froim Coimpas: https://coimpas.coi.id/articlei/seirum-wajah-teirlaris-2022/

Syamsidar, R., & Soiliha, Ei. (2019). Kualitas Proiduk, Peirseipsi Harga, Citra Meireik dan Proimoisi teirhadap Proiseis Keiputusan Peimbeilian (Studi Pada Banaran 9 Coiffeiei and Teia di Geimawang, Kabupatein Seimarang). Jurnal Bisnis dan Eikoinoimi, 146 - 154.

Tjiptoinoi, F., & Chandra, G. (2012). Peimasaran Strateigik. Yoigyakarta: Peineirbit ANDI.

Tutein, T. L., & Soiloimoin, M. R. (2018). Soicial Meidia Markeiting. Sagei.

Wulan, A. (2021). Diary Fimeila: Ceirita Avoiskin, Brand Loikal yang Beisar dari Mimpi untuk Jadi Keibanggaan indoineisia. Reitrieiveid froim Fimeila: https://www.fimeila.coim/beiauty/reiad/4729383/diary-fimeila-ceirita avoiskin-brand-loikal-yang-beisar dari-mimpi-untuk-jadi-keibanggaan-indoineisia


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.