PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND IMAGE PADA IKLAN PRODUK WARDAH (STUDI KASUS PADA KONSUMEN WARDAH DI FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS ISLAM MALANG)

Nur Amalia, Sri Nuringwahyu, Dadang Krisdianto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh antara celebrity endorser yang terdiri dari Attractiveness dan Credibility terhadap brand image pada iklan produk Wardah.Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan sampel penelitian yaitu 60 mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang yang menjadi konsumen Wardah.Teknik penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Incidental sampling.Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Adapun teknik analisis data adalah Regresi Linier Berganda pada program SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian, terbukti bahwa variabel attractiveness berpengaruh secara signifikan terhadap brand image pada iklan produk wardah (p-value 0,016 < 0,05). Namun, variabel cridibility tidak berpengaruh secara signifikan terhadap brand image pada iklan produk wardah (p-value 0,065 > 0,05). Adapun secara simultan variabel attractiveness dan cridibility seorang celebrity endorser berpengaruh yang signifikan terhadap brand image pada iklan produk wardah (p-value 0,000 < 0,05). Nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh adalah 0,292, sedangkan nilai koefisien beta tertingi dijumpai pada variabel attractiveness (0,344). Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa besar pengaruh variabel bebas adalah 29,2% dengan variabel yang dominan mempengaruhi brand image adalah actractiveness.

Kata Kunci


Celebrity endorser, Brand image, Wardah.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Andi M. Sadat, 2009. Brand Belief Strategi Memnamgun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta: Salemba Empat.

Belch G, Belch M. 2009. Advertising ang Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. New York: McGraw-Hill.

Dian Marselina (2017). Analisis Celebrity Endorser Terhadap Brand Image Pada Kosmetik Wardah Di Bogor.

Endang Sulistya Rini dan Dina Widya Astuti (2012), Pengaruh Agnes Monica Sebagai Celebrity Endorser Terhadap Pembentukan Brand Image Honda Vario (mahasiswa jurusan Manajemen Universitas Sumatra Utara).Universitas Sumatra Utara.

Fandy, Tjiptono. Strategi Pemasaran. 2008. Jogjakarta: ANDI.

Ghozali.Imam.2013. Aplikasi Analisis Multirariete dengan Program IBM SPSS 23.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi Candra, 2008.Marketing Untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom.

Khoirul Anam (2011). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Membeli Shampoo Clear Study Kasus Pada Mahasiswa Unisma. Malang: Universitas Islam Malang.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. 2009.Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1.Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. Edisi 13.Jilis 2.Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. Keller Kevin Lane. 2003. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 jilid 2. Jakarta: Erlangga..

Timur: Ghalia Indonesia.

Nuraini, Alfiyah dan Ida Maftukhah. 2015. Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui citra merek Pada Kosmetik Wardah Di Kota Semarang. Manajemen Analysis Journal. Vol.4. No.2, Pp 2-5.

Royan, Frans M. 2005. Sales Force (Meningkatkan Penjualan dengan Rancangan Sales Force Effective), Jogjakarta: Andi.

Santoso, Purbayu Budi, Dr. 2007. Statistik Deskriptif. Semarang: Erlangga.

Shimp A Tarance. 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. “Ed ke-5” Jilid 1. Sjahrial R, Dyah, penerjemah. Jakarta (ID) : Erlangga.

Shimp, Terence. 2010. Advertising, Promotion & Other Aspects of Integrated Marketing Communications, 8th edition. Diterjemahkan oleh : Revyani Sahrial. Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. 2004.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kotler P, Keller K. 2008. Manajemen Pemasaran.“Ed ke-13” Jilid 2. Jakarta (ID) : Erlangga.

Murshid M. 2010 Manajemen Pemasaran.Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penletian. Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.