PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TRYSKY HIJAB COLLECTION (Studi Pada Konsumen Trysky Hijab Collection Kabupaten Karanganyar)

Asfira Fajar Humairoh, Ratna Niken Hardati, Ainul Chanafi

Sari


ABSTRAK

       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian pada Trysky Hijab Collection. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang berasal dari kuesioner yang disebarkan, dan data sekunder yang berasal dari e-book, jurnal, artikel, dll. Populasi dalam penelitian ini konsumen Trysky Hijab Collection. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan non-probability sampling dengan teknik insidental sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas Data, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, dan Uji Koefisien Determinasi (R2). Pengolahan data dengan bantuan SPSS versi 25. zHasil zpenelitian zmenunjukkan zbahwa zmelalui zuji zt zsecara zparsial zmenunjukkan zvariabel zproduct ztidak zberpengaruh zterhadap zkeputusan zpembelian zyang zdibuktikan zdengan znilai zthitung z(1,612) z< zttabel z(1,985) zdan znilai zsignifikan z0,110 z> z0,05. Variabel zprice zberpengaruh zsignifikan zterhadap zkeputusan zpembelian zyang zdibuktikan zdengan znilai zthitung z(3,759) z> zttabel z(1,985) zdan znilai zsignifikan z0,00 z< z0,05. Variabel zplace zberpengaruh zsignifikan zterhadap zkeputusan zpembelilan zdibuktikan zdengan znilai zthitung z(4,520) z> zttabel z(1,985) zdan znilai zsignifikan z0,00 z< z0,05. Variabel zpromotion ztidak zberpengaruh zterhadap zkeputusan zpembelian zdibuktikan zdengan znilai zthitung z(0,354) z< zttabel z(1,985) zdan znilai zsignifikan z0,724 z> z0,05. Melalui perhitungan uji F secara simultan variabel marketing mix berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Trysky Hijab Collection.

Kata Kunci: Marketing mix, Product, Price, Place, Promotion, Keputusan Pembelian

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of marketing mix on purchasing decisions at the Trysky Hijab Collection. This zstudy zuses za zquantitative zmethod zwith zan zassociative zapproach. The zdata zsources zused zare zprimary zdata zfrom zdistributed zquestionnaires, zand zsecondary zdata zfrom ze-books, zjournals, zarticles, zetc. The zpopulation zused zin zthis zstudy zis zTrysky zHijab zCollection zconsumers. The zsampling zmethod zuses znon-probability zsampling zwith zincidental zsampling ztechniques. Thus zthe zsample zused zin zthis zstudy zwas z100 zrespondents. Data zcollection ztechniques zusing zquestionnaires zand zdocumentation. The zdata zanalysis ztechnique zused zis zthe zData zNormality zTest, zMultiple zLinear zRegression, zt zTest, zF zTest, zand zCoefficient zof zDetermination zTest z(R2). Data zprocessing zwith zthe zhelp zof zSPSS zversion z25.zThe zresults zshowed zthat zthrough zthe zt ztest zpartially zshowed zthat zthe zproduct zvariable zhad zno zeffect zon zpurchasing zdecisions zas zevidenced zby zthe ztcount zvalue z(1.612) z< zt ztable z(1.985) zand za zsignificant zvalue zof z0.110 z> z0.05. The zprice zvariable zhas za zsignificant zeffect zon zpurchasing zdecisions zas zevidenced zby zthe ztcount zvalue z(3.759) z> zttable z(1.985) zand za zsignificant zvalue zof z0.00 z<0.05. The zplace zvariable zhas za zsignificant zeffect zon zpurchasing zdecisions zas zevidenced zby zthe ztcount zvalue z(4.520) z> zttable z(1.985) zand za zsignificant zvalue zof z0.00 z<0.05. The zpromotion zvariable zhas zno zeffect zon zpurchasing zdecisions zas zevidenced zby zthe ztcount zvalue z(0.354) z< zt ztable z(1.985) zand za zsignificant zvalue zof z0.724 z> z0.05. Through the calculation of the F test simultaneously marketing mix variables have a significant effect on purchasing decisions at Trysky Hijab Collection.

Keywords: Marketing mix, Product, Price, Place, Promotion, Purchasing Decisions

 


Kata Kunci


Marketing mix, Product, Price, Place, Promotion, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alimin, Erina, dkk. 2022. Manajemen Pemasaran (Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern). Nusa Tenggara Barat: Seval Literindo Kreasi

Assauri, S. 2015. Manajemen pemasaran. Jakarta: RajaGrafindo.

Bairizki, Ahmad. 2022. Manajemen Pemasaran (Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern). NTB: Seval Literindo Kreasi

Darma, B. 2021. Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.

Faisal, A. P. 2021. Pengaruh Bauran Pemasaran dan Marketing mix Terhadap Keputusan Pembelian (Doctoral dissertation).

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Amstrong, G. 2016. Principles of Marketing Sixteenth Edition (Global). England: Pearson Education.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jilid I. Jakarta: PT Prenhallindo

Kotler. 1990. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Ketiga. Jakarta: Intermedia

Kurniawan, A. W. & Puspitaningtyas. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku

Putri, B. R. T. 2022. Manajemen Pemasaran: Budi Rahayu Tanama Putri. Budi Rahayu Tanama Putri.

Rauf, dkk. 2021. Digital Marketing:Konsep dan Strategi. Cirebon: Insania

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Tjia, H. S., Suharno, S., & Kadafi, M. A. (2017). Pengaruh harga kualitas produk dan distribusi terhadap keputusan pembelian. Kinerja, 14(2), 92-97


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.