PENGARUH FITUR PRODUK DAN LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SMARTPHONE MEREK APPLE (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang)

Alifabriyan Siska Almenia, Daris Zunaida, Khoiriyah Trianti

Sari


ABSTRAK

     Tujuan studi ini mengetahui bagaimana lifestyle dan fitur produk mempengaruhi keputusan pembelian smartphone bermerek Apple (studi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang). Penelitian semacam ini bersifat kuantitatif. Pengguna ponsel pintar merek Apple menjadi sampel penelitian. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dalam prosedur pengambilan sampel, dan SPSS Statistics 24 digunakan untuk menganalisis data dari 100 responden. Evaluasi validitas dan reliabilitas kuesioner yang dipakai pada proses memperoleh data. Regresi berganda adalah pendekatan yang dipakai untuk analisis data.

Dengan spesifikasi dampak penting yang telah diteliti dengan SPSS, temuan studi ini ialah kedua faktor penelitian berpengaruh secara parsial, yang ditunjukkan dengan tiap angka pada variabel berikut: 18,059 > 1,660 pada t hitung > t tabel , dengan tingkat signifikansi 0,000< 0,05 untuk pengaruh signifikan sebagian variabel fitur produk pada putusan pembelian. Uji t > ttabel, dengan ambang batas signifikan 0,037 <0,05 dan 2,110 > 1,660 Lifestyle berpengaruh besar pada putusan beli. Nilai F variabel fitur produk dan Lifestyle menunjukkan bahwa pengujian simultan berpengaruh cukup besar pada keputusan pembelian. Uji F menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu 490,195 > 2,70 dan Sig. F 0,000< 0,05, menunjukkan temuan ini. Periksa koefisien determinasi adjusted R square untuk melihat apakah variabel independen fitur produk (X1) dan Lifestyle (X2) dapat menjelaskan 90,8% variabel dependen pilihan pembelian (Y). Sedangkan faktor lain yang tidak dimasukkan pada riset ini memilikidampak pada sisanya sebesar 9,2%. Uji analisis regresi linier berganda hasilnya bahwa variabel dengan nilai koefisien beta terbesar yaitu 0,873 merupakan variabel yang memiliki pengaruh utama terhadap atribut produk.

 

Kata Kunci : Fitur Produk, Lifestyle, dan Keputusan beli

 

 

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to determine the influence of lifestyle and product features on purchasing decisions for Apple-branded smartphones (study of students of the Faculty of Administrative Sciences, Islamic University of Malang). This kind of research is quantitative in nature. Apple brand smart phone users are the research sample. Sampling used purposive sampling in the sampling procedure, and SPSS Statistics 24 was used to analyze data from 100 respondents. Evaluation of the validity and reliability of the questionnaire used in the data collection process. Multiple regression is an approach used for data analysis.

With the specification of the significant impact that has been studied with SPSS, the findings of this study indicate that the two research factors have a partial influence, which is indicated by each number in the following variables: 18.059 > 1.660 at t count > t table , with a significance level of 0.000 <0.05 for the significant effect of some product feature variables on purchase decisions. T test > ttable, with a significant threshold of 0.037 <0.05 and 2.110 > 1.660 Lifestyle has a major effect on buying decisions. The F value of the product feature variable and Lifestyle indicates that simultaneous testing has a considerable influence on purchasing decisions. The F test produces Fcount > Ftable, namely 490.195 > 2.70 and Sig. F 0.000 < 0.05, indicating this finding. Check the adjusted R square coefficient of determination to see whether the independent variables product features (X1) and Lifestyle (X2) can explain 90.8% of the dependent variable purchase choice (Y). Meanwhile, other factors not included in this study had an impact on the remaining 9.2%. The multiple linear regression analysis test shows that the variable with the largest beta coefficient value of 0.873 is the variable that has the main influence on product attributes.

Keywords: Product Features, Lifestyle, and Purchasing Decision


Kata Kunci


Fitur Produk, Lifestyle, dan Keputusan beli

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Alamsyah, Nadir, and Saino Saino. "Pengaruh fitur produk dan promosi cashback terhadap keputusan pembelian." AKUNTABEL 18.4 (2021): 624-634.

Anang Firmansyah (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning &Strategi)

Internet, Surabaya, CV.Penerbit Qiara Media. Diunduh dari: Researchgate < https://www.researchgate.net/publication/334964919_Buku_Pemasaran Produk_dan_Merek Diunduh 30 Oktober 2022.

Anitha, N.(2016). Influence of Lifestyle on Conssumer Decision Making with

Special Reference to Organize Retail Formats in Chenai. Indian Journal of

Commerce & Management Studies Vol. VII No. 1 ISSN: 2249-0310

Aziz, Andrian Nur (2022)"Pengaruh fitur dan citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi (Studi kasus pada komunitas facebook Mi Fans Karawang) Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis 9.2: 53-60.

Fachrurazi dan Nurcholifah. (2021). Strategi Pemasaran Produk-Produk Lembaga

Keuangan Internet, Yayasan Barcode. Diunduh dari: Global Research < https://www.researchgate.net/publication/356597498_Strategi_Pemasaran_Produk-produk_Lembaga_Keuangan Diunduh 22 November 2022.

Fandy tjiptono,(2019). Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

https://www.apple.com/

https://id.wikipedia.org/wiki/Apple_Inc

Hanif, et al. (2020). Analisis Pengaruh Lifestyle Marketing Terhadap Keputusan Dan Kepuasan Pembelian Smartphone Apple Pada Mahasiswa Magister Manajamen Pascasarjana Universitas Riau

IDC Smartphone Market Share – Market Share. Diakses pada Agustus 02 2022, dari

https://www.idc.com/promo/smartphone-market-share/. Diakses pada 25 Des 2022.

Korn, Aghasta Jesica. (2017). Pengaruh Lifestyle dan Fitur Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Apple (Studi pada Mahasiswa Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis FISIP Universitas Sumatera Utara). Diss. Universitas Sumatera Utara

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Garry Amstrong. (2016). Principle of marketing, Global Edition, 14 Edition, USA : Prentice-Hal

Kotler, Philip dan Garry Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

M. Ridwan, dkk, (2015) Ekonomi Pengantar Mikro dan Makro Islam, (Bandung, Citapustaka Media), h. 71

Melyda Br Manullang, Melyda Br Manullang.2022 Pengaruh Fitur Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo (Studi Kasus SMA Negeri 4 Sungai Bahar Muaro Jambi). Diss. Universitas batanghri.

Manalu, Darma, and Johanna Roshinta. "Pengaruh gaya hidup dan pendapatan terhadap keputusan pembelian Starbucks coffe di Center Point Medan” Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik 1.2 (2021): 173-189.

Nora, Liza dan Nurul S. Minarti. (2016). The Role of Religiosity, Lifestyle, Attitude As Determinat Purchase Intention. Proceedings The 24th Multidiciplinary Conference 2016. ISBN. 978-602

Permatasari, P. S. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Fitur Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Merek Smartfren (Suvey Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pasundan Bandung) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).

Putri, Alvi Zumaroh dan Ita Rifiani Permatasari. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Moslem fashion di Elzatta Kawi Malang . JAB Jurnal Aplikasi Bisnis Vol. 4 No. 1, ISSN 2407-3741

Rosanti, Rosanti, Asep Muhamad Ramdan, and Dicky Jhoansyah. "Analisis Perceived Value Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone (Studi Empiris Pada Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Kota Sukabumi)." Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) 3.3 (2022): 1821-1830.

Rosnaini Daga (2017). Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan

Internet, Sulawesi: Global Research. Diunduh dari : Researchgate < https://www.researchgate.net/publication/334957485net/publication/334957485_Buku_1_Citra_Kualitas_Produk_dan_Kepuasan_Pelanggan.Diunduh 30 Oktober 2022.

Sepuluh Fitur Iphone yang tidak dimiliki Android – Arenaalte.com. Diambil pada

Agustus 02 2017, dari https://arenalte.com/berita/industri/10-fitur-iphone-yang-tidak-dimiliki-android/.Diakses pada 25 Des 2022.

Sepuluh perbedaan Iphone vs Android – Seovanjava.com. Diambil pada September 2021

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Triadi, Salsabila, Yustiani Rahayu, and Danang Kusnanto. "Pengaruh gaya hidup dan harga terhadap keputusan pembelian handphone." Jurnal Manajemen 13.2 (2021): 257-263.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.