PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Mahasiswa Customer Marketplace Shopee di Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Islam Malang)

Rike Diah Ayu Novia Ardani, Rini Rahayu Kurniati, Ratna Nikin Hardati

Sari


ABSTRAK

Penelitian dilakukan ini bertujuan untuk belajar mengukur pengaruh variabel evaluasi pelanggan online, peringkat pelanggan pada online terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data pembelian sebagian dibenarkan dengan menggunakan metode kuantitatif kuesioner teknik analisis data dengan sampel 100 responden dan teknik analisis data menggunakan linier berganda dan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengukur pengaruh opini pelanggan online secara parsial terjustifikasi dengan nilai mengukur pengaruh signifikansi 0,008 t tabel 1,985. Variabel customer online rating terhadap keputusan pembelian sebagian dibenarkan dengan nilai mengukur pengaruh signifikansi 0,000 t tabel 1,985. Sedangkan variabel online customer rating dan online customer rating  mengukur pengaruh signifikansi terhadap keputusan pembelian secara simultan diperoleh nilai signifikan 0,000 3,09. Pada penelitian ini variabel online customer mengukur pengaruh rating mengukur pengaruh signifikansi dan review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

ABSTRACT

This research aims to learn to measure the influence of online customer evaluation variables, online customer ratings on purchasing decisions. This type of research uses quantitative methods. Purchasing data collection techniques are partly justified by using the quantitative method of questionnaires, data analysis techniques with a sample of 100 respondents and data analysis techniques using multiple linear and SPSS 16 programs. The results of this study indicate that measuring the influence of online customer opinion is partially justified by the value measuring the effect of significance 0.008 t table 1.985. The online customer rating variable on purchasing decisions is partly justified by the value measuring the effect of significance 0.000 t table 1.985. While the online customer rating and online customer rating variables measure the influence of significance on purchasing decisions simultaneously obtained a significant value of 0.000 3.09. In this study, the online customer variable measures the effect of ratings, measures the influence of significance, and reviews have a positive and significant effect on purchasing decisions


Kata Kunci


Online Costumer Review, Online Costumer Rating, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Amruddin, et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Darwin, Muhammad dkk. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Media Sains Indonesia.

Gunawan D, S. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Marketing. Padangidimpuan: PT Inovasi Pratama Internasional.

Jatiningrum, Citrawati & Abshor Marantika. (2021). Good Corporate Governance Dan Pengungkapan Enterprise Risk Management Di Indonesia. Indramayu: Penerbit Adab.

Rahayu W, Ajis T dan Roni A. (2020). Regresi linier untuk prediksi jumlah penjualan terhadap jumlah permintaan. Bandung: Kreatif.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Kbm Indonesia.

Santoso, mam & Harries Madiistriyatno. (2021).Metodologi Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Indigo Media.

Suryani. (2022). Customer Relationship Management (CRM) dalam Riset Pemasaran. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Suwarno, Sri dkk. (2016). Inovasi Teknologi untuk Kemajuan Bangsa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Swarjana, I. K. (2022). Populasi-Sampel, Teknik Sampling & Bias Dalam Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wardhana, Aditya et al. (2022). Perilaku Konsume (Teori dan Implementasi). Bandung: Media Sains Indonesia.

Yudiaatmaja,"https://www.google.co.id/search?hl=en&q=inauthor:%22Fridayana+Yudiaatmaja%22&tbm=bks"


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.