PENGARUH ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MIE SETAN (Studi Kasus Pada Followers @FOOD_FESS Di Twitter)

Dwi Awalia Arisca, Dadang Krisdianto, Karina Utami Anastuti

Sari


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk memenuhi persyaratan memperoleh gelar sarjana, menggali pengaruh keputusan pembelian, mengidentifikasi naik turunnya, dan mengetahui pengaruh variabel yang dominan terhadap keputusan pembelian. Pembelian. Kuesioner dan observasi digunakan dalam metode pengumpulan data bersama dengan metode penelitian kuantitatif untuk penelitian ini. Partisipan dalam penelitian ini adalah pengguna Twitter yang mengikuti @FOOD FESS. Dengan 110 partisipan yang diolah menggunakan IBM SPSS Statistics versi 25, metode pengambilan sampel untuk penelitian ini disebut purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap (Y), dengan thitung < ttabel > 0,05; (X2) memiliki pengaruh tetapi juga tidak signifikan terhadap (Y), dengan thitung > ttabel (1,805 > 1,65922), dengan nilai signifikansi 0,074 > 0,05; dan kualitas produk juga berpengaruh signifikan terhadap (Y) dengan thitung > ttabel (5,858 > 1,65922), dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05.

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to fulfill the requirements for obtaining a bachelor's degree, explore the influence of purchasing decisions, identify the ups and downs, and determine the influence of the dominant variables on the decisions of the purchase. Purchase. Questionnaires and observations were used in the data collection method along with the quantitative research method for this study. The participants in this study are Twitter users who follow @FOOD FESS. With 110 participants processed using IBM SPSS Statistics version 25, the sampling method for this study is called purposive sampling.

Research results show that variable (X1) has no significant effect on (Y), with tcount < ttable > 0.05; (X2) has an influence but also has no significance for (Y), with tcount > ttable (1.805 > 1.65922), with a significance value of 0.074 > 0.05; and product quality also has a significant effect on (Y) with tcount > ttable (5.858 > 1.65922), with a significant value of 0.000 <0.05.    


Kata Kunci


Elecronic Word-of-Mouth, Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

GUIS. (2020, July 21). @FOOD_FESS. Retrieved from Twitter.com/@FOOD_FESS: https://twitter.com/FOOD_FESS/status/1285610048706813955

GUIS. (2022, September 26). @FOOD_FESS. Retrieved from Twitter.com/FOOD_FESS: https://twitter.com/FOOD_FESS/status/1574365736868675584

GUIS. (2022, March 19). @FOOD_FESS. Retrieved from Twitter.com/@FOOD_FESS: https://twitter.com/FOOD_FESS/status/1505094303462588416

Hadayanti, D., Y. D., & Natawidjaja, R. S. (2018). Faktor Dominan dari Preferensi Konsumen dalam Pemilihan Jenis Mangga (Mangifera indica): Suatu Kasus di Supermarket di Kota Bandung. Jurnal Agrikultura, 94-101.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasa Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Indonesia, K. I. (2022, Agustus 30). Kominfo : Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. Diambil kembali dari Kementerian Informasi dan Informatika Republik Indonesia Menuju Masyarakat Informasi Indonesia: https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+orang/0/berita_satker#:~:text=Jakarta%2CKominfo%20%E2%80%93%20Kementerian%20Komunikasi%20dan,internet%20untuk%20mengakses%20jejaring%20sosial.

Ismagilova, E., Dwivedi, Y. K., Slade, E., & Williams, M. D. (2017). Electronic Word of Mouth (eWOM) in the Marketing Context A State of the Art Analysis and Future Directions. Switzerland: Springer.

Jansen, F. Y., Worang, F. G., & Arie, F. V. (2022). Pengaruh Ekuitas Merek, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Samsung Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UNSRAT 2019-2020. Jurnal EMBA, 279 -288.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management (Building, Measuring, and Managing Brand Equity), Global Edition. United States: Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.