Pengaruh Kualitas Produk, Gratis Ongkos Kirim dan Flash Sale Tanggal Cantik Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Islam Malang

Nining Sandrawati, Siti Saroh, Ratna Nikin Hardati

Sari


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari kualitas produk, gratis ongkos kirim
dan flash sale terhadap keputusan pembelian di shopee. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan
dokumentasi. Analisa data yang dilakukan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji regresi linear berganda, uji asumsi
klasik, uji F, uji t dan determinasi dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian yaitu variabel kualitas produk (X1
)
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) ditunjukkan oleh Nilai t-
hitung
> t-
tabel
(5,619 > 1,98447)
dengan taraf signifikan (0,000 < 0,05). Variabel gratis ongkos kirim (X2
) berpengaruh secara signifikan terhadap
keputusan pembelian (Y). Haltersebut dapat di buktikan dengan hasil t-hitung
>t-tabel
(2,749 > 1,98447) dengan taraf
signifikan (0,007 < 0,05). variabel flash sale (X3
) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) hal ini
dibuktikan dengan hasil t-hitung
>t-tabel
(3,586 > 1,98447) dengan taraf signifikan (0,001 < 0,05). Kualitas produk (X1
),
gratis ongkos kirim (X2
) dan flash sale (X3
) secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel
keputusan pembelian (Y) hal ini ditunjukkan oleh angka signifikan (0,000 < 0,05). Hasil percobaan koefisien
determinasi didapat angka adjusted R Square sebesar 0,712 (71,2) nilai tersebut menunjukkan bersarnnya pengaruh ke
tiga variabel dalam mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai sebesar 71,2% .
Kata Kunci : Kualitas Produk, Gratis Ongkos Kirim, Flash Sale

Abstract

This study aims to determine how much influence product quality, free shipping and flash sales have on
purchasing decisions at shopee. Data collection techniques used are questionnaires and documentation. The data
analysis performed was validity and reliability test, multiple linear regression test, classic assumption test, F test, t
test and determination with the help of the SPSS program. The results of the study, namely the product quality variable
(X1) has a significant effect on purchasing decisions (Y) indicated by the t-count > t-table (5.619 > 1.98447) with a
significant level (0.000 <0.05). Free shipping variable (X2) has a significant effect on purchasing decisions (Y). This
can be proven by the results of t-count> t-table (2.749 > 1.98447) with a significant level (0.007 <0.05). the flash sale
variable (X3) has a significant effect on purchasing decisions (Y). This is evidenced by the results of t-count>t-table
(3.586 > 1.98447) with a significant level (0.001 <0.05). Product quality (X1), free shipping (X2) and flash sales (X3)
simultaneously have a significant effect on the purchase decision variable (Y) this is indicated by a significant number
(0.000 <0.05). The experimental results for the coefficient of determination show that the adjusted R square is 0.712
(71.2). This value shows the influence of the three variables in influencing purchasing decisions with a value of 71.2%.
Keywords: Product Quality, Free Shipping, Flash Sale


Kata Kunci


Kata Kunci : Kualitas Produk, Gratis Ongkos Kirim, Flash Sale

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agrawal, S. and Shareen, A. (2016) ‘Flash Sales–The

Game Changer in Indian. ECommerce

Industry’, International Journal of Advance

Research and., 4(1), pp. 192–195.

Alma, B. (2011) Pemasaran dan Pemasaran Jasa.

Bandung: Alfabeta.

Himayati (2008) Eksplorasi Zahir Accounting.

Jakarta: PT Elek Media Computindo.

Kotler, P. (2012) Manajemen Pemasaran. Jakarta:

Rajawali Press.

Kotler, P. and Armstrong (2008) Prinsip-prinsip

Pemasaran. Jakarta : Edisi 12: Erlangga.

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018) Principles of

Marketing 17th. London: Pearson Education.

Opida (2014) Pengertian E-Marketplace,

Tokokhalista. Available at:

https://tokokhalista.wordpress.com/2014/04/

/peng ertian-eMarketplace// .

Sari, V.N. (2019) ‘Pengaruh Gratis Ongkos Kirim,

Diskon, Dan IklanShopee Terhadap

Keputusan Pembelian Konsumen Pada

MahasiswaJurusan Manajemen Sekolah

Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha

Yogyakarta’, STIE, pp. 1–35.

Tjiptono, F. (2008) Strategi Pemasaran Edisi 2.

Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2015) Strategi Pemasaran. Yogyakarta:

Andi Offset.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.