PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MAYBELLINE (Studi Pada Mahasiswi Universitas Islam Malang Periode 2019)
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap
Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline (Studi Pada Mahasiswi Universitas Islam Malang Periode 2019).
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling
insidental dengan jumlah sebanyak 100 responden yang diolah menggunakan software SPSS Statistik 25.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis
data menggunakan yang digunakan adalah regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat tidak ada pengaruh signifikan brand image terhadap
keputusan pembelian kosmetik Maybelline, dibuktikan nilai t hitung sebesar 0,967, dengan nilai signifikansi
sebesar 0,336 > 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,111. (2) terdapat pengaruh yang signifikan kualitas produk
terhadap keputusan pembelian kosmetik Maybelline, dibuktikan nilai t hitung sebesar 4,360 dengan nilai
sginifikansi sebesar 0,000 Ë‚ 0,05. (3) terdapat pengaruh yang signifikan harga terhadap keputusan pembelian
kosmetik Maybelline, dibuktikan nilai t hitung sebesar 5,271 dengan nilai sginifikansi sebesar 0,000 Ë‚ 0,05. (4)
teerdapat pengaruh yang signifikan brand image, kualitas produk dan harga secara bersama-sama terhadap
keputusan pembelian kosmetik Maybelline dubuktikan dengan nilai F hitung sebesar 94,414 dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000 Ë‚ 0,05.
Kata kunci: Brand Image, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of brand image, product quality and price on purchasing decisions
for Maybelline cosmetics (study on female students at the Islamic University of Malang in the 2019 period). This
type of research uses a quantitative approach. The sampling technique used incidental sampling with a total of
100 respondents who were processed using SPSS Statistics 25 software. The data collection technique used a
questionnaire that had been tested for validity and reliability. The data analysis technique used is multiple
regression.
The results showed that: (1) there was no significant effect of brand image on the decision to purchase
Maybelline cosmetics, as evidenced by the t value of 0.967, with a significance value of 0.336 > 0.05 and a
regression coefficient of 0.111. (2) there is a significant effect of product quality on the decision to purchase
Maybelline cosmetics, as evidenced by the t value of 4.360 with a significance value of 0.000 Ë‚ 0.05. (3) there
is a significant effect of price on the decision to purchase Maybelline cosmetics, as evidenced by the t value of
5.271 with a significance value of 0.000 Ë‚ 0.05. (4) there is a significant influence of brand image, product
quality and price together on purchasing decisions for Maybelline cosmetics as evidenced by the calculated F
value of 94.414 with a significance value of 0.000 Ë‚ 0.05.
Keywords: Brand Image, Product Quality, Price, Purchase Decision
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akdon & Ridwan. (2013). Rumus Dan Data
Dalam Aplikasi Statistik. Bandung: Alfabeta.
Mashadi, MANAJEMEN PEMASARAN.
PADANG SUMATRA BARAT: PT.
GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Yulia Elvyra & Neneng Siti Silfi Ambarwati
M.Si., A. (Juni 2015). Dasar- Dasar
Kosmetika. Jakarta: Lembaga
Pengembangan Pendidikan. Universitas
Negeri Jakarta.
Firmansyah, M. Anang (2019). PEMASARAN
PRODUK DAN MEREK (PLANNING &
STRATEGY). Surabaya: CV. PENERBIT
QIARA MEDIA.
Indrasari, Meithiana. (2019). PEMASARAN &
KEPUASAN PELANGGAN.Surabaya:
UNITOMO PRESS.
Febrinastri, F. (2022, September Selasa). PRESS
RELEASE. Diambil kembali dari
Suara.com.
L'Oreal.com. (2023, Januari). Maybelline New
York. Diambil kembali dari Consumer
Products Division.:
https://www.loreal.com/en/consumer-
products-division/maybelline-new-york/.
Haasiani, N. (2022, September Selasa). Data
Penjualan Kosmetik Wajah: Brand Lokal
Kuat Bersaing. Retrieved from
Compas.co.id.
Kotler, Philip Dan Gary Armstrong. (2008).
Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1.
Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. (1998). Manajemen Pemasaran
Marketing Management 9e. Jakarta: Edisi
Bahasa Indonesia Jilid 2.
Rare, Ratna, Dadang – Pengaruh Brand Image…|186
Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2001). Prinsipprinsip
Manajemen Pemasaran.Jakarta:
Erlangga.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2009).
Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid2.
Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Kevin lane Keller. (2016).
Marketing Management 15. Global
Edition.
Sinambela, Lijan Poltak & Dr. Erna Ernawati
Chotim, M.Si. (Ed.). (2019). Statistika
Sosial (Teori dan Aplikasi untuk
Mahasiswa dan Peneliti Ilmu-Ilmu Sosial.
Depok: PT. RAJAGRAFINDO
PERSADA.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian
Kombinasi (Mixed
Methods).Bandung: ALFABETA.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis
Multivariate Dengan Program IBM
SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Universitas
Diponegoro.Jakarta: Erlangga
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.