PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MAYBELLINE (Studi Pada Mahasiswi Universitas Islam Malang Periode 2019)

Rare Dwi Maulina, Ratna Niken Hardati, Dadang Krisdianto

Sari


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap
Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline (Studi Pada Mahasiswi Universitas Islam Malang Periode 2019).
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling
insidental dengan jumlah sebanyak 100 responden yang diolah menggunakan software SPSS Statistik 25.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis
data menggunakan yang digunakan adalah regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat tidak ada pengaruh signifikan brand image terhadap
keputusan pembelian kosmetik Maybelline, dibuktikan nilai t hitung sebesar 0,967, dengan nilai signifikansi
sebesar 0,336 > 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,111. (2) terdapat pengaruh yang signifikan kualitas produk
terhadap keputusan pembelian kosmetik Maybelline, dibuktikan nilai t hitung sebesar 4,360 dengan nilai
sginifikansi sebesar 0,000 ˂ 0,05. (3) terdapat pengaruh yang signifikan harga terhadap keputusan pembelian
kosmetik Maybelline, dibuktikan nilai t hitung sebesar 5,271 dengan nilai sginifikansi sebesar 0,000 ˂ 0,05. (4)
teerdapat pengaruh yang signifikan brand image, kualitas produk dan harga secara bersama-sama terhadap
keputusan pembelian kosmetik Maybelline dubuktikan dengan nilai F hitung sebesar 94,414 dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000 ˂ 0,05.
Kata kunci: Brand Image, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

ABSTRACT
This study aims to determine the effect of brand image, product quality and price on purchasing decisions
for Maybelline cosmetics (study on female students at the Islamic University of Malang in the 2019 period). This
type of research uses a quantitative approach. The sampling technique used incidental sampling with a total of
100 respondents who were processed using SPSS Statistics 25 software. The data collection technique used a
questionnaire that had been tested for validity and reliability. The data analysis technique used is multiple
regression.
The results showed that: (1) there was no significant effect of brand image on the decision to purchase
Maybelline cosmetics, as evidenced by the t value of 0.967, with a significance value of 0.336 > 0.05 and a
regression coefficient of 0.111. (2) there is a significant effect of product quality on the decision to purchase
Maybelline cosmetics, as evidenced by the t value of 4.360 with a significance value of 0.000 ˂ 0.05. (3) there
is a significant effect of price on the decision to purchase Maybelline cosmetics, as evidenced by the t value of
5.271 with a significance value of 0.000 ˂ 0.05. (4) there is a significant influence of brand image, product
quality and price together on purchasing decisions for Maybelline cosmetics as evidenced by the calculated F
value of 94.414 with a significance value of 0.000 ˂ 0.05.
Keywords: Brand Image, Product Quality, Price, Purchase Decision


Kata Kunci


Kata kunci: Brand Image, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akdon & Ridwan. (2013). Rumus Dan Data

Dalam Aplikasi Statistik. Bandung: Alfabeta.

Mashadi, MANAJEMEN PEMASARAN.

PADANG SUMATRA BARAT: PT.

GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Yulia Elvyra & Neneng Siti Silfi Ambarwati

M.Si., A. (Juni 2015). Dasar- Dasar

Kosmetika. Jakarta: Lembaga

Pengembangan Pendidikan. Universitas

Negeri Jakarta.

Firmansyah, M. Anang (2019). PEMASARAN

PRODUK DAN MEREK (PLANNING &

STRATEGY). Surabaya: CV. PENERBIT

QIARA MEDIA.

Indrasari, Meithiana. (2019). PEMASARAN &

KEPUASAN PELANGGAN.Surabaya:

UNITOMO PRESS.

Febrinastri, F. (2022, September Selasa). PRESS

RELEASE. Diambil kembali dari

Suara.com.

L'Oreal.com. (2023, Januari). Maybelline New

York. Diambil kembali dari Consumer

Products Division.:

https://www.loreal.com/en/consumer-

products-division/maybelline-new-york/.

Haasiani, N. (2022, September Selasa). Data

Penjualan Kosmetik Wajah: Brand Lokal

Kuat Bersaing. Retrieved from

Compas.co.id.

Kotler, Philip Dan Gary Armstrong. (2008).

Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1.

Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (1998). Manajemen Pemasaran

Marketing Management 9e. Jakarta: Edisi

Bahasa Indonesia Jilid 2.

Rare, Ratna, Dadang – Pengaruh Brand Image…|186

Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2001). Prinsipprinsip

Manajemen Pemasaran.Jakarta:

Erlangga.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2009).

Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid2.

Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Kevin lane Keller. (2016).

Marketing Management 15. Global

Edition.

Sinambela, Lijan Poltak & Dr. Erna Ernawati

Chotim, M.Si. (Ed.). (2019). Statistika

Sosial (Teori dan Aplikasi untuk

Mahasiswa dan Peneliti Ilmu-Ilmu Sosial.

Depok: PT. RAJAGRAFINDO

PERSADA.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian

Kombinasi (Mixed

Methods).Bandung: ALFABETA.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis

Multivariate Dengan Program IBM

SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Universitas

Diponegoro.Jakarta: Erlangga


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.