PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN EXPERIENTIAL MARKETING PADA KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE, TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan experiential marketing
terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Menggunakan
metode analisis regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan thitung
> ttabel
yaitu 3,091 > 1,660 dan tingkat signifikan 0,003
< 0,05 variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji thitung
<
ttabel
yaitu 1,354 < 1,660 dan tingkat signifikan 0,179 > 0,05 variabel experiential marketing secara parsial tidak
berpengaruh signifkan terhadap keputusan pembelian. Uji F terdapat pengaruh simultan secara signifikan antara
kualitas produk dan experiential marketing terhadap keputusan pembelian, hasil ini ditunjukkan dengan uji F
diperoleh Fhitung
> Ftabel
yaitu 23,830 > 3,09 dan Sig. F 0,000 < 0,05. Maka dari analisis tersebut dapat
disimpulkan bahwa secara simultan atau bersama–sama variabel kualitas produk dan experiential marketing
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: kualitas produk, experiential marketing dan keputusan pembelian
ABSTRACT
This research aims to determine the effect of product quality, and experiential marketing on
purchasing decisions. The type of this research is quantitative. Data collection techniques using questionnaires,
and documentation. The samples used amounted to 100 respondents. Using multiple linear regression analysis
method.
The results of this research indicate that tcount
< ttable
with numbers 3,901 < 1,660 and a significant
level of 0,003 > 0.05 product quality variable partially has significant effect on purchasing decisions. Test tcount
< ttable
with total 1,354 < 1,660 and a significant level of 0,179 > 0,05 experiential marketing variables partially
have no significant effect on purchasing decisions. The F test has a significant simultaneous effect between
product quality and experiential marketing on purchasing decisions, this result indicated by the F test obtained
Fcount > Ftable, with total 23,830 > 3,09 and significant F 0,000 < 0,05. So from this analysis, it can be
concluded that simultaneously or together the product quality variables and experiential marketing variables
have a significant effect on purchasing decisions.
Keywords: product quality, experiential marketing, and purchasing decisions
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Alma, B. (2015). Pengantar Bisnis. Bandung:
Alfabeta.
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh
Kualitas Produk terhadap Keputusan
Pembelian Mobil Toyota Yaris di Wijaya
Toyota Dago Bandung. 80-103.
Arianto, T. H., & Purnomo, H. (2018). Analisis
Pengaruh Experiential Marketing terhadap
Keputusan Pembelian Produk Kofisyop di
Kota Yogyakarta. 64-80.
Asnawi, N., & Masyhuri. (2009). Metodologi Riset
Manajemen Pemasaran.
Malang: UIN-Malang (Anggota IKAPI).
Budiarto, J., & Pancaningrum, E. (2019). Pengaruh
Experiential Marketing terhadap Keputusan
Pembelian Smartphone Xiaomi. 89-98.
Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk, dan
Kepuasan Pelanggan. Makassar: Global
RCI.
Darmawan, D. (2016). Metodologi Penelitian
Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Diana, A., & Tjiptono, F. (2007). E-Business.
Yogyakarta: Andi.
Indrajit, R. E. (2001). E-Commerce : Kiat dan
Strategi Bisnis di Dunia Maya. Jakarta: PT.
Elex Media Komputindo.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan
Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Indriantoro, N., & Supomo, B. (2018). Metodologi
Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE.
Kusuma, A. W., & Wahyuati, A. (2018). Pengaruh
Experiential Marketing dan Harga terhadap
Keputusan Pembelian Mobil Wuling
Dimoderasi oleh Country of Origin.1-22.
Nugroho, A. (2006). E-Commerce: Memahami
Perdagangan Modern di Dunia Maya.
Bandung: Informatika.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran
Terpadu. Bandung: Pustaka Setia Bandung.
Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran.
Samarinda: Mulawarman University
Press.
Sanusi, A. (2011). Metodologi Penelitian
Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian
Bisnis. Yogyakarta: ANDI.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian
Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Tantowi, A. I., & Pratomo, A. W. (2020).
Pengaruh Store Atmosphere dan
Experiential Marketing terhadap
Keputusan Pembelian di Kopi Daong
Pancawati. 65-78.
Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2020).
Pengaruh Citra Merek, dan Kualitas
Produk terhadap Keputusan Pembelian
pada Produk Kosmetik. 11-18.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.