PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN EXPERIENTIAL MARKETING PADA KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE, TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Bella Citra Kumala Dewi, Rini Rahayu Kurniati, Ratna Nikin Hardati

Sari


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan experiential marketing
terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Menggunakan
metode analisis regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan thitung
> ttabel
yaitu 3,091 > 1,660 dan tingkat signifikan 0,003
< 0,05 variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji thitung
<
ttabel
yaitu 1,354 < 1,660 dan tingkat signifikan 0,179 > 0,05 variabel experiential marketing secara parsial tidak
berpengaruh signifkan terhadap keputusan pembelian. Uji F terdapat pengaruh simultan secara signifikan antara
kualitas produk dan experiential marketing terhadap keputusan pembelian, hasil ini ditunjukkan dengan uji F
diperoleh Fhitung
> Ftabel
yaitu 23,830 > 3,09 dan Sig. F 0,000 < 0,05. Maka dari analisis tersebut dapat
disimpulkan bahwa secara simultan atau bersama–sama variabel kualitas produk dan experiential marketing
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: kualitas produk, experiential marketing dan keputusan pembelian

ABSTRACT
This research aims to determine the effect of product quality, and experiential marketing on
purchasing decisions. The type of this research is quantitative. Data collection techniques using questionnaires,
and documentation. The samples used amounted to 100 respondents. Using multiple linear regression analysis
method.
The results of this research indicate that tcount
< ttable
with numbers 3,901 < 1,660 and a significant
level of 0,003 > 0.05 product quality variable partially has significant effect on purchasing decisions. Test tcount

< ttable
with total 1,354 < 1,660 and a significant level of 0,179 > 0,05 experiential marketing variables partially
have no significant effect on purchasing decisions. The F test has a significant simultaneous effect between
product quality and experiential marketing on purchasing decisions, this result indicated by the F test obtained
Fcount > Ftable, with total 23,830 > 3,09 and significant F 0,000 < 0,05. So from this analysis, it can be
concluded that simultaneously or together the product quality variables and experiential marketing variables
have a significant effect on purchasing decisions.

Keywords: product quality, experiential marketing, and purchasing decisions


Kata Kunci


Kata Kunci: kualitas produk, experiential marketing dan keputusan pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Alma, B. (2015). Pengantar Bisnis. Bandung:

Alfabeta.

Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh

Kualitas Produk terhadap Keputusan

Pembelian Mobil Toyota Yaris di Wijaya

Toyota Dago Bandung. 80-103.

Arianto, T. H., & Purnomo, H. (2018). Analisis

Pengaruh Experiential Marketing terhadap

Keputusan Pembelian Produk Kofisyop di

Kota Yogyakarta. 64-80.

Asnawi, N., & Masyhuri. (2009). Metodologi Riset

Manajemen Pemasaran.

Malang: UIN-Malang (Anggota IKAPI).

Budiarto, J., & Pancaningrum, E. (2019). Pengaruh

Experiential Marketing terhadap Keputusan

Pembelian Smartphone Xiaomi. 89-98.

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk, dan

Kepuasan Pelanggan. Makassar: Global

RCI.

Darmawan, D. (2016). Metodologi Penelitian

Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Diana, A., & Tjiptono, F. (2007). E-Business.

Yogyakarta: Andi.

Indrajit, R. E. (2001). E-Commerce : Kiat dan

Strategi Bisnis di Dunia Maya. Jakarta: PT.

Elex Media Komputindo.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan

Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2018). Metodologi

Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE.

Kusuma, A. W., & Wahyuati, A. (2018). Pengaruh

Experiential Marketing dan Harga terhadap

Keputusan Pembelian Mobil Wuling

Dimoderasi oleh Country of Origin.1-22.

Nugroho, A. (2006). E-Commerce: Memahami

Perdagangan Modern di Dunia Maya.

Bandung: Informatika.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran

Terpadu. Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran.

Samarinda: Mulawarman University

Press.

Sanusi, A. (2011). Metodologi Penelitian

Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian

Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian

Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Tantowi, A. I., & Pratomo, A. W. (2020).

Pengaruh Store Atmosphere dan

Experiential Marketing terhadap

Keputusan Pembelian di Kopi Daong

Pancawati. 65-78.

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2020).

Pengaruh Citra Merek, dan Kualitas

Produk terhadap Keputusan Pembelian

pada Produk Kosmetik. 11-18.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.