PENGARUH CITRA MEREK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Konsumen UMKM Spicypedia)
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan electronic word of mouth (E-
WOM) terhadap keputusan pembelian di UMKM Spicypedia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kuantitatif dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling
yaitu purposive sampling. Total sampel yang diambil adalah 90 responden. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik Analisis Regresi Linier Berganda. Pengolahan
data menggunakan program SPSS Statistik 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan citra merek terhadap
keputusan pembelian pada umkm spicypedia secara parsial yang menunjukkan nilai t hitung 4.404 > t tabel 1.988
dengan nilai signifikan 0.000 < 0.05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan electronic word of mouth terhadap keputusan
pembelian pada umkm spicypedia yang menunjukkan nilai t hitung 2.365 > t tabel 1.988 dengan nilai signifikan
0.020 < 0.05. (3) Secara Simultan, citra merek dan electronic word of mouth (e-wom) berpengaruh terhadap
keputusan pembelian pada umkm spicypedia, hal ini dibuktikan dengan hasil nilai uji F dengan signifikasi 0,000
lebih kecil dari 0,05, dan F hitung sebesar 17.084 > F tabel 3.10.
Kata kunci : Citra Merek, Electronic Word Of Mouth, Keputusan Pembelian
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of Brand Image and Electronic Word Of Mouth (E-WOM) on
Purchasing Decisions at Spicypedia UMKM. The type of research used in this research is quantitative and the
sampling method in this study uses non-probability sampling, namely purposive sampling. The total sample
taken is 90 respondents. Data collection techniques using a questionnaire. The data analysis technique uses
Multiple Linear Regression Analysis techniques. Data processing using the SPSS Statistics 25 program.
The results of this study indicate that (1) there is a significant influence of brand image on purchasing
decisions at spicypedia UMKM partially which shows a t count of 4.404 > t table of 1.988 with a significant
value of 0.000 <0.05. (2) there is a significant effect of electronic word of mouth on purchasing decisions at
Spicypedia UMKM which shows the value of t count 2.365 > t table 1.988 with a significant value of 0.020
<0.05. (3) Simultaneously, brand image and electronic word of mouth (e-wom) have an effect on purchasing
decisions at spicypedia, this is evidenced by the results of the F test value with a significance of 0.000 less than
0.05, and F count of 17,084 > F table 3.10.
Keywords : Brand Image, Electronic Word Of Mouth, Buying Decision
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate
dengan Program IBM SPSS 19. Semarang:
Universitas Diponegoro.
Hasan, I. (2009). Analisis Data Penelitian dengan
Statistik. Jakarta: Bumi Askara.
Ismagilova, et.al (2017). Electronic Word Of
Mouth (eWOM)in the Marketing Context.
Switzerland: Springer.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018) Principles Of
Marketing (Global Edition). 17
th
Edition.
London: Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing
Management (Global Edition). 15
th
Edition.
USA: Pearson Education, Inc.
Nuryadi, dkk. (2017). Dasar - Dasar Statistik
Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
Priansa, D. (2017). Komunikasi Pemasaran
Terpadu. Bandung: Pustaka Setia. Sitorus,
dkk. (2022). Brand Marketing: The Art Of
Branding. Bandung: Media Sains Indonesia.
Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis.
Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitantif
Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis.
Yogyakrta: Andi Offset.
Sarwoko. (2007). Statistik inferensi untuk ekonomi
dan bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. (2019). Strategi Pemasaran
Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: Andi
Offset.
Wardhana, Aditya, et al. (2021). Manajemen
Pemasaran. Bandung: Media Sains
Indonesia.
Wangsa, dkk. (2022). Promosi Penjualan Untuk
Membangun Eletronic Word Of Mouth dan
Mendorong Pengambilan Keputusan
Pembelian. Klaten: Lakeisha.
Yulindasari, Elsa Rizki dan Khusnul Fikriyah.
(2022). Pengaruh e-wom ( Electronic Word
Of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian
Kosmetik Halal di Shopee. Journal of
Islamic and Finance Studies, (3)2, 55-69.
Zagoto, Yusmelinda dan Taswando Taryo. (2022).
Pengaruh Citra Merek Terhadap
Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee
Di Wilayah Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir
Peradaban. 3(2), 21-29
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.