PENGARUH WORD OF MOUTH, CITRA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Toko Gian Aquarium Dampit)
Sari
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh word of mouth, citra dan kualitas produk terhadap
keputusan pembelian.Jenis penelitian yang digunkakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik yang
dilakukan adalah kuesioner dan dokumentasi. Total sampel yang diambil adalah 97 orang responden serta teknik
analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa
pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian menggunakan uji t hasil yang diperoleh adalah nilai
signifikan 0,025 < 0,05 dan nilai t hitung 2,270 > t tabel 1,665 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya tidak
berpengaruh positif dan signifikan antara variabel citra dengan keputusan pembelian. Hasil pengujian dapat
disimpulkan bahwa pengaruh citra terhadap keputusan pembelian menggunakan uji t hasil yang diperoleh adalah
nilai signifikan hasil yang diperoleh adalah nilai signifikan 0,152 > 0,05 dan nilai t hitung 1,444 < 1,665, maka Ho
diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak berpengaruh positif dan signifikan antara variabel citra dengan keputusan
pembelian.Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian
menggunakan uji t hasil yang diperoleh adalah nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 6,587 > 1,665, maka
Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kualitas produk
dengan keputusan pembelian. Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa pengaruh word of mouth , citra dan kualitas
produk secara simultan memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: word of mouth, citra dan kualitas produk
Abstract
This research was conducted to determine the effect of word of mouth, image and product quality on
purchasing decisions. The type of research used in this research is quantitative and the techniques used are
questionnaires and documentation. The total sample taken was 97 respondents and the data analysis technique
used multiple linear regression analysis techniques.The test results can be concluded that the effect of word of
mouth on purchasing decisions using the t test results obtained is a significant value of 0.025 <0.05 and the
value of t count 2.270 > t table 1.665 then Ha is accepted and Ho is rejected. This means that there is no
positive and significant effect between image variables and purchasing decisions. The test results can be
concluded that the effect of image on purchasing decisions using the t test results obtained is a significant value.
The results obtained are a significant value of 0.152 > 0.05 and a t-count value of 1.444 <1.665, then Ho is
accepted and Ha is rejected. This means that there is no positive and significant effect between image variables
and purchasing decisions. The test results can be concluded that the effect of product quality on purchasing
decisions using the t test results obtained is a significant value of 0.000 <0.05 and a calculated t value of 6.587
> 1.665, then Ha is accepted and Ho is rejected. This means that there is a positive and significant influence
between product quality variables and purchasing decisions. The test results can be concluded that the influence
of word of mouth, image and product quality simultaneously influences purchasing decisions.
Keywords: word of mouth, image and product quality
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Afrida, Y. (2020). Pengeruh Pengetahuan,
Religiulitas, dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Loyalitas Nasabah (Proses
Konversi Bank Nagari Menjadi Bank
Syariah). 154.
Akdon, R. &. (2013). Rumus dan Data dalam
Aplikasi Statistik . Bandung: Alabeta.
Andriani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). pengaruh
kualitas produk terhadap keputusan
pembelian mobil toyota yaris di wijaya
toyota dago bandung. ilmiah MEA .
Hakiki, h. F. (2019). Pengaruh Food Quality,
Service, Price,dan Word of Mouth
Terhadap Keputusan Pembelian Bakso
di Kencong Jember. 19.
Indrasari, D. M. (2019). pemasaran dan
kepuasan konsumen. Surabaya: 69.
Julianti, D. A., & Junaidi, A. (2020). Pengaruh
Word Of Mouth Terhadap Keputusan
Pembelian Baso Aci . 80.
Sanita, S., & dkk. (2019). Pengaruh Produk
Knowladge dan Brand Image Terhadap
Purchase Intention . Business
Management and Entrepreneurship
Journal , 175.
Sugiyono. (2005). Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan
(pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan
R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan
(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D). Bandung: Alfabeta.
Suryabrata. (2000). Metodologi Penelitian. Jakarta:
PT Raja Grafindo Persada.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.