PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Konsumen Macaroni Cuck Cabang Sigura – Gura Malang)

Lutfi Mudayanti, Daris Zunaida, Ratna Nikin Hardati

Sari


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan kualitas produk terhadap
kepuasan pelanggan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 responden. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
variabel Store Atmosphere (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) yang dibuktikan dengan
hasil t hitung > t tabel atau 4,382 > 1,966 dan nilai signifikansi 0,000 > 0,05. Variabel Kualitas Produk (X2)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) yang dibuktikan dengan hasil t hitung > t tabel
atau 8,712 > 1,966 dan nilai signifkan 0,000 > 0,05. Variabel Store Atmosphere dan Kualitas Produk secara simultan
berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan yang dibuktikan dengan hasil Uji F dengan taraf signifikansi 0,000 <
0,05 dan nilai F hitung > F tabel atau 98,334 > 3,09.
Kata Kunci : Store Atmosphere, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan

Abstract
This study aims to determine the effect of store atmosphere and product quality on customer satisfaction.
This type of research is quantitative, the techniques collecting data used in this study are questionnaires and
documentation. The number of samples taken was 100 respondents and the data analysis technique used was
multiple linear regression analysis.The results of this study indicate that the Store Atmosphere variable (X1) has a
significant effect on Customer Satisfaction (Y) as evidenced by the results of t count > t table or 4.382 > 1.966 and a
significance value of 0.000 > 0.05. Product Quality Variable (X2) has a positive and significant effect on Customer
Satisfaction (Y) as evidenced by the results of t count > t table or 8.712 > 1.966 and a significant value of 0.000 >
0.05. Store Atmosphere and Product Quality variables simultaneously influence customer satisfaction as evidenced
by the results of the F test with a significance level of 0.000 <0.05 and the calculated F value > F table or 98.334 >
3.09.
Keyword : Store Atmosphere, Product Quality and Customer Satisfaction


Kata Kunci


Store Atmosphere, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agus Mastriani 2020. Pengaruh Harga dan Suasana

Café terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal

Ilmu manajemen dan Kewirausahaan vol.1 no

Apriliani Isnandari 2018. Pengaruh Kualitas Produk,

Store Atmosphere dan Harga terhadap

Kepuasan Pelanggan

Bawono, Anton. 2006. Multivariate Analysis dengan

SPSS. Salatiga: STAN Salatiga Press

Berman, Berry dan Evans, Joel R. 2001. Retail

Management: a Strategic Approach. 8th

Edition. Upper Saddle River: Pretice Hall

International, Inc

Ekky Suti Wibisono 2019. Pengaruh Kualitas Produk,

Harga dan Kepuasan Konsumen terhadap

Keputusan Pembelian Konsumen

Fandy Tjiptono 1995. Total Quality Managemen

(TQM), (Yogyakarta : Andi Offset,), hlm 28

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2016.

Service, Quality &Satisfaction. Yogyakarta.

Andi

Handi Irawan 2008. Sepuluh Prinsip Kepuasan

Pelanggan, (Jakarta: Elex Media Komputindo

Kelompok Gramedia) p.37

Husein 2010. Riset Pemasaran dan Perilaku

Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Utama p. 225

Juliansyah, N. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group

Kotler & Amstrong. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran.

Edisi ke 9, jilid 1. Jakarta: PT. Manajemen

Jaya Cemerlang

Kotler, Philip 1995, Manajemen Pemasaran Anlysis

Perencanaan dan Implementasi. Salemba

Empat, Jakarta

Kotler, Philip. 1997, Manajemen Pemasaran. Edisi

Bahasa Indonesia Jilid Satu. Jakarta: Prentice

Hall

Kotler, Philip dan Keller, K.L. 2012. Prinsip-prinsip

Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1, Erlangga, Jakarta

Lamb Charles W, Hair Joseph F, dan McDaniel Carl.

Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat

Elemen

Levy and Weitz. 2001. Retailing Management.

Boston: Mc Graw Hill

Ma’ruf Hendri. 2005. Pemasaran Ritel PT Gramedia

Pustaka Utama, Anggota IKAPI, Jakarta

Muhammad Wahyudi 2018. Pengaruh Harga, Lokasi,

Suasana dan Kualitas Produk terhadap

Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Lele

Kepruk

Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu

(Total Quality Management). Jakarta : Ghalia

Indonesia

Nuryadi, Tutut Dewi Atuti, Endang Sri Utami dan M.

Budiantara. 2017. Dasar-Dasar Statistik

Penelitian Yogyakarta: Sibuku Media

Riduwan & Akdon. (2013). Rumus dan Data dalam

Aplikasi Statistik Bandung: Alabeta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi 3.

Yogyakarta: Andi

Tjiptono, F. 2012. Strategi Pemasaran: Edisi 3.

Yogyakarta: Andi Offset


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.