PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Konsumen Macaroni Cuck Cabang Sigura – Gura Malang)
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan kualitas produk terhadap
kepuasan pelanggan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 responden. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
variabel Store Atmosphere (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) yang dibuktikan dengan
hasil t hitung > t tabel atau 4,382 > 1,966 dan nilai signifikansi 0,000 > 0,05. Variabel Kualitas Produk (X2)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) yang dibuktikan dengan hasil t hitung > t tabel
atau 8,712 > 1,966 dan nilai signifkan 0,000 > 0,05. Variabel Store Atmosphere dan Kualitas Produk secara simultan
berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan yang dibuktikan dengan hasil Uji F dengan taraf signifikansi 0,000 <
0,05 dan nilai F hitung > F tabel atau 98,334 > 3,09.
Kata Kunci : Store Atmosphere, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan
Abstract
This study aims to determine the effect of store atmosphere and product quality on customer satisfaction.
This type of research is quantitative, the techniques collecting data used in this study are questionnaires and
documentation. The number of samples taken was 100 respondents and the data analysis technique used was
multiple linear regression analysis.The results of this study indicate that the Store Atmosphere variable (X1) has a
significant effect on Customer Satisfaction (Y) as evidenced by the results of t count > t table or 4.382 > 1.966 and a
significance value of 0.000 > 0.05. Product Quality Variable (X2) has a positive and significant effect on Customer
Satisfaction (Y) as evidenced by the results of t count > t table or 8.712 > 1.966 and a significant value of 0.000 >
0.05. Store Atmosphere and Product Quality variables simultaneously influence customer satisfaction as evidenced
by the results of the F test with a significance level of 0.000 <0.05 and the calculated F value > F table or 98.334 >
3.09.
Keyword : Store Atmosphere, Product Quality and Customer Satisfaction
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Agus Mastriani 2020. Pengaruh Harga dan Suasana
Café terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal
Ilmu manajemen dan Kewirausahaan vol.1 no
Apriliani Isnandari 2018. Pengaruh Kualitas Produk,
Store Atmosphere dan Harga terhadap
Kepuasan Pelanggan
Bawono, Anton. 2006. Multivariate Analysis dengan
SPSS. Salatiga: STAN Salatiga Press
Berman, Berry dan Evans, Joel R. 2001. Retail
Management: a Strategic Approach. 8th
Edition. Upper Saddle River: Pretice Hall
International, Inc
Ekky Suti Wibisono 2019. Pengaruh Kualitas Produk,
Harga dan Kepuasan Konsumen terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen
Fandy Tjiptono 1995. Total Quality Managemen
(TQM), (Yogyakarta : Andi Offset,), hlm 28
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2016.
Service, Quality &Satisfaction. Yogyakarta.
Andi
Handi Irawan 2008. Sepuluh Prinsip Kepuasan
Pelanggan, (Jakarta: Elex Media Komputindo
Kelompok Gramedia) p.37
Husein 2010. Riset Pemasaran dan Perilaku
Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama p. 225
Juliansyah, N. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group
Kotler & Amstrong. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran.
Edisi ke 9, jilid 1. Jakarta: PT. Manajemen
Jaya Cemerlang
Kotler, Philip 1995, Manajemen Pemasaran Anlysis
Perencanaan dan Implementasi. Salemba
Empat, Jakarta
Kotler, Philip. 1997, Manajemen Pemasaran. Edisi
Bahasa Indonesia Jilid Satu. Jakarta: Prentice
Hall
Kotler, Philip dan Keller, K.L. 2012. Prinsip-prinsip
Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1, Erlangga, Jakarta
Lamb Charles W, Hair Joseph F, dan McDaniel Carl.
Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat
Elemen
Levy and Weitz. 2001. Retailing Management.
Boston: Mc Graw Hill
Ma’ruf Hendri. 2005. Pemasaran Ritel PT Gramedia
Pustaka Utama, Anggota IKAPI, Jakarta
Muhammad Wahyudi 2018. Pengaruh Harga, Lokasi,
Suasana dan Kualitas Produk terhadap
Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Lele
Kepruk
Nasution, M.N. 2001. Manajemen Mutu Terpadu
(Total Quality Management). Jakarta : Ghalia
Indonesia
Nuryadi, Tutut Dewi Atuti, Endang Sri Utami dan M.
Budiantara. 2017. Dasar-Dasar Statistik
Penelitian Yogyakarta: Sibuku Media
Riduwan & Akdon. (2013). Rumus dan Data dalam
Aplikasi Statistik Bandung: Alabeta.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi 3.
Yogyakarta: Andi
Tjiptono, F. 2012. Strategi Pemasaran: Edisi 3.
Yogyakarta: Andi Offset
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.