PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN PEMBELIAN KERIPIK BUAH DI UMKM OLIVIA DI DESA KAMBINGAN KECAMATAN TUMPANG KABUPATEN MALANG)
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 100 responden dan diolah menggunakan aplikasi SPSS Statistics versi 16. Berdasarkan hasi Uji Parsial menunjukkan bahwa variabel citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian UMKM keripik buah Olivia, variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian UMKM keripik buah Olivia dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian UMKM keripik buah Olivia. Berdasarkan Uji Simultan variabel citra merek, harga, dan promosi berpengaruh secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan keputusan pembelian UMKM keripik buah Olivia.
Kata Kunci: Citra Merek, Harga, Promosi, dan Keputusan Pembelian
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of brand image, price, and promotion on purchasing decisions. This type of research is quantitative. Methods of data collection using questionnaires. The number of samples was 100 respondents and processed using the SPSS Statistics application version 16. Based on the results of the Partial Test it showed that the brand image variable did not have a significant effect on the purchasing decision of UMKM Olivia fruit chips, the price variable had a significant effect on the purchasing decision of UMKM Olivia fruit chips and promotions had a significant effect on buying decision of UMKM Olivia fruit chips. Based on the Simultaneous Test, the variables of brand image, price, and promotion have a simultaneous (simultaneous) effect on the buying decision of UMKM Olivia fruit chips
Keywords: brand image, price,promotion, and Purchase Decision
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Aaker, A.D., dan A.L. Biel. 2009. Brand Equity and Advertising: Advertising Role In Building Strong Brand. Lawrence Erlbaum Associates Inc. Hillsdale.
Astuti, M. & Amanda, A.R. 2020. Pengantar Manajemen Pemasaran [iPusnas],
Astuti M, Matondang M. 2020. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta; CV Budi Utama.
Bancin.J.B 2021. Citra Merek dan Word Of Mouth. Surabaya; CV Jakad Media
Publishing
Buchari Alma, 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Indrasari Meithiana.2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Utitomo press. Surabaya
Kotler, Philip dan Amstrong. 2001. Dasar- Dasar Pemasaran. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta
Kotler, Philip, 2007. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Terjemahan Susanto.AB> Buku 2. Penerbit Salemba empat. Jakarta
Kotler & Keller. 2011, Manajemen Pemasaran. Jakarta Erlangga
Kotler, P. 2012. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia (Pertama). Yogyakarta: Andi.
Kotler, Philip dan Gerry Amstrong, 2012.
Principle of marketing. Global Edition,
Edition. Kotler, P., & Keller,
K.L. 2014. Marketing Management. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Lemeshow. 1997. Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan. Jogjakarta.
Gadjah Mada University Press.
Mustari. 2019. Manajemen Pemasaran (Teori dan Kasus Perusahaan Jasa) [iPusnas], Gowa,
Pustaka Taman Ilmu. Diakses dari: Aplikasi Resmi iPusnas [Diakses pada 5 November 2021].
Nur Amalia. 2019. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura
Soekidjo Notoatmodjo, 2003, Metodologi Penelitian Kesehatan, RinekabCipta, Jakarta
Sugiyono, 1998. Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung
Sugiono, 2012, Metode Penelitian Bisnis.
Alfabeta, Bandung
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sumarwan, U. 2015. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitin Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Swastha, Basu. 2010. Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan, BPFE- Yogyakarta USA : Prentice-Hall
Tjiptono. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran.
Yogyakarta: Andi.
Tjiptono F. 2008. Strategi pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset
Yogyakarta, CV Budi Utama. Diakses dari:
Aplikasi Resmi iPusnas [Diakses pada 6 November 2021].
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.