PENGARUH PERSONAL SELLING, FREE SAMPEL PRODUK, DAN TRANSAKSI CASHBACK TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI (STUDI PADA ANGGOTA SEBAGAI PELANGGAN PUPUK DI KOPERASI UNIT DESA PAKIS KABUPATEN MALANG)

Diwa Farhan Mujizat, Siti Saroh, Dadang Krisdianto

Sari


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh personal selling, free Sampel Produk, dan transaksi
Cashback terhadap loyalitas anggota koperasi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode non probability sampling dengan teknik Purposive Sampling, Jumlah sampel ada sebanyak 70
responden dengan bantuan alat software SPSS. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) personal selling berpengaruh parsial dan signifikan terhadap
loyalitas anggota yang menunjukkan nilai t hitung 5,375 > t tabel 1,997 dengan nilai signifikan 0,000<0,05. (2) free
sampel produk berpengaruh parsial dan signifikan terhadap loyalitas anggota yang menunjukkan nilai t hitung -1,638
> t tabel dengan jumlah 1,997 dengan nilai signifikan 0,106 > 0,05. (3) transaksi Cashback berpengaruh parsial dan
signifikan terhadap loyalitas anggota yang menunjukkan nilai t hitung -2,193 > t tabel dengan jumlah 1,997 dengan
nilai signifikan 0,032 < 0,05. (4) Secara simultan, personal selling, free Sampel Produk, dan transaksi Cashback
terhadap loyalitas anggota, menunjukkan nilai uji F dengan signifikansi 0,000<0,05 dan F hitung dengan jumlah
11,596 > F tabel dengan jumlah 2,76.
Kata Kunci: Personal Selling, Free Sampel Produk, Transaksi Cashback, Loyalitas Anggota

ABSTRACT
The purpose of this research is to know the effect of Personal Selling, Free Sample Product, and Cashback
Transaction on Cooperative Member’s Loyalty.This type of research is quantitative. The data collecting techniques
are using non probability sampling with purposive sampling. The total sample respondent is 70 and supported by the
help of SPSS software. The data analysis technique used in this research is Multiple Linear Regression Analysis
The results of this research showed that (1) variable of personal selling had a positive and significant effect
on member’s loyalty partially showed its t count value at 5,375 > t table 1,997 and significance value at 0,000<0,05.
(2) variable free sample product didn’t have a significant effect on member’s loyalty partially showed its t count value
at -1,638 > t table 1,997 and significance value at 0,106<0,05. (3) variable Cashback transaction had a negative and
significant effect on member’s loyalty partially showed its t count value at -2,193 > t table 1,997 and significance
value at 0,032<0,05. (4) Simultaneously, personal selling, free sample product, and Cashback transaction had positive
and significant effect on cooperative member’s loyalty showed its f count value at 11,596 > F table 2,76.
Keywords: Personal Selling, Free Sample Product, Cashback Transaction, Member’s Loyalty


Kata Kunci


Personal Selling, Free Sampel Produk, Transaksi Cashback, Loyalitas Anggota

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agus, Hermawan. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta, Erlangga.

Al Rasyid, H. (2017). Pengaruh kualitas layanan dan pemanfaatan teknologi terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Go-Jek. Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 1(2), 210-223.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, PT. Rineka Cipta.

Azwar, S. (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta, Pustaka Pelajar Offset.

Audina, Dini. 2022. Reverse Psychology dalam Marketing: Arti dan Contoh Penerapannya. glints.com [Internet], 12 Agustus 2022. Available from: [Accessed 1 Oktober 2022, Pukul 14.02 WIB]

Cahya, N. PENGARUH PROMO PENJUALAN DAN CASHBACK TERHADAP MINAT BELI KENDARAAN PADA PT. HADJI KALLA PALOPO.

Christina Widya Utami. (2006). Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Moderen. Jakarta, Salemba Empat.

Dharmmesta, Basu Swastha. (1999). Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 14, No. 3: 73-88..

Febriani, V. A., & Sugiono, S. (2012). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (studi pada pasien poliklinik rawat jalan Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo). Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

FEBRIANSYAH, D. (2016). PENGARUH PERSONAL SELLING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BPRS AL-FALAH SUKAJADI KABUPATEN BANYUASIN. Doctoral dissertation UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Firdausy, S. M. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Personal Selling terhadap Loyalitas Konsumen Macarina Jember dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Doctoral dissertation, Jurusan Manajemen; Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Ghozali, I. (2018) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8. Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo, Indriyo. 2014. Manajemen Operasi. Yogyakarta, BPFE Yogyakarta.

Griffin, Jill. (2005). Customer Loyalty edivisi revisi. Jakarta, Erlangga.

Jamin, U. A., & Mustaming, M. (2021). Pemberian Cashback dalam Aplikasi Dompet Digital OVO Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Journal of Madaniyyah Islamiyyah, 1(1).

Jerry C. Olson dan Peter J. Paul. 2014. Perilaku konsumen dan strategi pemasaran Edisi Sembilan. Jakarta, Salemba Empat

Kotler, Phillip. (2004). Dasar-DasarPemasaran jilid 2 edisi IX. Jakarta: PT Index

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2012). Principles of Marketing Edisi ke-11. New Jersey, Prentice Hall.

Kotler Philip, Amstrong Gary. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi ke-12. Jakarta, Erlangga.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta, PT. Indeks.

Lovelock, Christoper Wirtz, Jochen & Mussry, Jacky. (2016). Pemasaran Jasa. Jakarta, Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi Edisi 3. Jakarta, Salemba Empat.

M. Suyanto. (2007). Marketing Strategy Top Brand Indonesia. Yogyakarta, Andi.

Moriarty, S. (2011). Advertising. Jakarta, Kencana

Norfitri, C. S. (2022). PENGARUH FLASH SALE, CASHBACK DAN DISKON TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA STUDI KASUS PADA MASYARAKAT KECAMATAN BINAWIDYA KOTA PEKANBARU Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Oliver, Richard L. (1996). Satisfaction, a Behavioral Perspective on the Customer. Mc Graw-Hill Companies Inc.: New York

SALMA, S. (2020). PENGARUH SAMPEL PRODUK (TESTER) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LIPSTIK DI NEW RATU COSMETIC KOMPLEKS MTC GIANT KECAMATAN TAMPAN. Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi

Sari, R. I. (2017). PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PT TELKOM INDONESIA CABANG LUMAJANG.

Suliyanto.(2018). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Singh, H. (2006). The Importance of Customer Satisfaction in Relation to Customer Loyalty and Retention, Asia Pacific University College of Technology & Innovation Technology Park Malaysia UCTI Working Paper, pp. 1-6.

SOLIHAH, F. (2021). PENGARUH PERSONAL SELLING DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN JAMU HERBAL BIO7 DI GERAI BIO7 CABANG.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods) cet. 7. Bandung, Alfabeta. hal. 119

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, CV. Alfabeta.

Supriyanto, A.S dan Maharani, V. (2013). Metodologi Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Kuesioner, dan Analisis Data. Malang), UIN-Maliki Press

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi 3. Jakarta, Andi.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta, Andi Offset


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.