PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA

Bayu Rizky, Rini Rahayu Kurniati, Ratna Nikin Hardati

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia. Jenis penelitian yang digunkakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling. Total sampel yang diambil adalah 96 responden serta teknik analisis data menggunakan teknik Analisis Regresi Linier Berganda. Pengolahan data menggunakan program SPSS 16 for Windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) online customer review berpengaruh parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia yang menunjukkan nilai t hitung 2,584 > t tabel 1,986 dengan nilai signifikan 0,011 < 0,05. (2) online customer rating berpengaruh parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia yang menunjukkan nilai t hitung 7,158 > t tabel 1,986 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. (3) Secara simultan, online customer review dan online customer rating berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia, hal ini terbukti dengan nilai uji F dengan signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan F hitung sebesar 91,005 > F tabel 3,09.

 

Kata kunci : Online Customer Review, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian

 

 

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of Online Customer Reviews and Online Customer Ratings on Purchase Decisions on the Tokopedia Marketplace. The type of research used in this study was quantitative and the sampling technique in this study used non-probability sampling, namely purposive sampling. The total sample taken was 96 respondents and the data analysis technique used the Multiple Linear Regression Analysis technique. Data processing using SPSS 16 for Windows program.

The results of this study indicate that (1) online customer reviews have a partial and significant effect on purchasing decisions on the Tokopedia marketplace which shows a t count of 2.584 > t table of 1.986 with a significant value of 0.011 <0.05. (2) online customer rating has a partial and significant effect on purchasing decisions on the Tokopedia marketplace which shows a t count value of 7.158 > t table 1.986 with a significant value of 0.000 <0.05. (3) Simultaneously, online customer reviews and online customer ratings affect purchasing decisions on the Tokopedia marketplace, this is evidenced by the F test value with a significance of 0.000 which is less than 0.05, and the F count is 91.005 > F table 3.09.

Keywords : Online Customer Review, Online Customer Rating, Purchase Decision


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agung, A. P. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis. Denpasar: UB Press.

Ferdiana, Ridi. (2016). Solusi Cloud Computing Dengan Microsoft Azure bagi UMKM. Elex Media Komputindo.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ilmiyah, K., dan Krishernawan, I. (2020). Motivasi Berbelanja di Marketplace

Shopee. Mojokerto: Darmawiyata Press.

Janie, Dyah Nirmala Arum. (2012) Statistik Deskriptif & regresi Linier Berganda

dengan SPSS. Semarang: Semarang University Press.

Kotler dan Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Nugraha, Jefri Putri. (2021). Teori Perilaku Konsumen, Pekalongan: PT. Nasya

Expanding Management.

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing.

Riduwan and Engkos Achmad Kuncoro. (2014). Cara Menggunakan Dan Memakai Path Analysis. Bandung: Alfabeta.

Rumondang, Astri., dkk. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen. Yayasan Kita Menulis.

Setyaningrum, Ari. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Sitorus, Sunday Ade. Dkk. (2022). Digital Marketing Strategy: Online Marketing Approach. Bandung. Media Sains Indonesia.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualititatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, Iman. (2020). Metode Riset Akuntansi. Yogyakarta: Deepublish.

Suwarno, Sri dkk. (2016). Inovasi Teknologi untuk Kemajuan Bangsa. Yogyakarta: Andi.

Swastha, Basu dan Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Wangsa, I Nyoman Wara., dkk. (2022). Promosi Penjualan Untuk Membangun EWOM dan Mendorong Pengambilan Keputusan Pembelian. Klaten: Lakeisha.

Wicaksana, Grieffanny Pranata. (2022). Pemasaran Kewirausahaan Sosial dari Perspektif Teori. Malang: Inara Publisher.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.