ANALISIS MATRIKS BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) SEBAGAI DASAR PERENCANAAN STRATEGI PERUSAHAAN DALAM BERSAING (STUDI KASUS PADA INDUSTRI JAMU DAN FARMASI SIDO MUNCUL TBK)

Dwi Khairimia Zulaili, Sri Nuringwahyu, Eny Widayawati

Sari


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan posisi pangsa pasar serta tingkat pertumbuhan usaha dari PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk tahun 2021, untuk mendeskripsikan posisi portofolio PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul pada Matriks Boston Consulting Group (BCG) tahun 2021 serta merumuskan dan mendeskripsikan strategi  pada PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk untuk mampu bersaing dengan industri farmasi yang lain berdasarkan Matriks Boston Consulting Group (BCG). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data ialah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah matriks Boston Consulting Group (BCG) dengan melakukan perhitungan pada tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk memiliki posisi pangsa pasar relatif yang rendah karena menunjukan nilai kurang dari 1 yakni (0,153114893<1) namun memiliki tingkat pertumbuhan pasar yang cukup tinggi karena berada pada sumbu y diatas +20 persen yakni +20,6% maka posisi portofolio PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk dalam Matriks Boston Consulting Group berada pada kuadran question marks (tanda tanya). Dengan demikian strategi yang dapat dirumuskan yakni penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk dan divestasi.

 

Kata kunci : Matriks Boston Consulting Group (BCG), Perencanaan Strategi, Strategi Bersaing

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to describe the market share position and business growth rate of PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk in 2021, to describe the position of the PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk portfolio in the 2021 Boston Consulting Group (BCG) Matrix and formulate and describe strategies for PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk to be able to compete with other pharmaceutical industries based on the Boston Consulting Group (BCG) Matrix. This type of research is descriptive quantitative. Data collection technique is documentation. The data analysis technique used is the Boston Consulting Group (BCG) matrix by calculating the market growth rate and relative market share.

The results of the study show that PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk has a relatively low market share position because it shows a value of less than 1 (0.153114893<1) but has a fairly high market growth rate because it is on the y-axis above +20 percent, namely +20.6%, the portfolio position of PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk in the Boston Consulting Group Matrix is in the question marks quadrant. Thus the strategies that can be formulated are market penetration, market development, product development and divestment.

 

Keywords : Boston Consulting Group (BCG) Matrix, Strategy Planning, Competitive Strategy


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Badan Pusat Statistik (2022). Berita Resmi Statistik. Jakarta, Badan Pusat Statistik (BPS)

David, Fred R. (2007). Strategic Management Concept and Cases Thirteenth Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc. Available from: Library of Congress Cataloging-in-Publication Data

David, Fred R. (2015). Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing edisi 15. Jakarta: Salemba Empat

Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia (2022). Data Penduduk Indonesia Semester 1 tahun 2022. Jakarta Selatan, Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Elfahmi, Herman J. Woerdenbag, Oliver Kayser. (2012). Jamu: Indonesian Traditional Herbal Medicine Towards Rational Phytopharmalgical use. Elsevier, 69, 4-23.

Hermanto. (2022). Dunia Industri Farmasi. Tangerang: Pascal Books. Available from: Google Books (http://books.google.co.id) diakses 09 Oktober 2022

IDNFinancials. (2022). Bursa Efek Indonesia, Pasar Keuangan Indonesia, Industri Barang Konsumsi Obat-obatan. [Internet], 14 Oktober. Available from: [Accessed 14 October 2022]

IDNFinancialshttps://www.idnfinancials.com/id/company/industry/pharmaceuticals-44 diakses pada 09 Oktober 2022

Kementrian Investasi/BKPM (2022). Potensi Menjanjikan di Industri Farmasi dan Kesehatan Indonesia. Jakarta, Kementrian Investasi/BKPM.

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia (2021). Membangun Kemandirian Industri Farmasi Nasional. Buku Analisis Pembangunan Industri Edisi II 2021, 1-33

Permenkes No.003 tahun 2010 Bab 1 Pasal 1 tentang Saintifikasi Jamu dalam Penelitian Berbasis Pelayanan Kesehatan.

Permenkes No.1799 tahun 2010 Bab 1 Pasal 1 tentang Industri Farmasi

Porter, M.E. (1992). Keunggulan Bersaing Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul (Alih Bahasa:Agus Dharma). Jakarta: Erlangga

Purwanto, Iwan. (2007). Manajemen Strategi. Bandung: CV. Yrama Widya

Sido Muncul. (2019). Penghargaan, [Internet], 14 Oktober. Available from: [Accessed 14 October 2022]

Siyoto, Sandu & Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing. Available from: Google Books (http://books.google.co.id) diakses pada 23 September 2022

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Yam, Jim Hoy. (2020). Manajemen Strategi. Makassar: Penerbit Nas Media Pustaka. Available from: Google Books (http://books.google.co.id) diakses 08 Oktober 2022


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.