ANALISIS STRATEGI SALURAN DISTRIBUSI DAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI PADA DISTRIBUTOR BUAH JERUK KEPROK BATU 55 DI KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU, JAWA TIMUR)

Fredella Adyuta Hartoyo, Siti Saroh, Ratna Nikin Hardati

Sari


ABSTRAK

Peluang bisnis menjadi distributor buah Jeruk Keprok Batu 55 saat ini merupakan bisnis yang memberikan keuntungan yang baik di Kota Batu terutama di Kecamatan Bumiaji. Berkembangnya bisnis menjadi distributor ini dikarenakan produksi buah jeruk jenis ini meningkat dari tahun 2020-2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Distribusi dan Promosi dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi dalam bentuk foto. Hasil penelitian ini menunjukkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran distribusi dan promosi yang dilakukan oleh distributor buah jeruk di Kecamatan Bumiaji sudah tepat karena volume penjualan sudah meningkat.

 

Kata Kunci: Distributor, Strategi Distribusi, Promosi,Volume Penjualan

 

 

ABSTRACT

                The business opportunity to become a distributor of Batu 55 Tangerines is currently a business that provides good profits in Batu City, especially in Bumiaji District. The development of the business to become a distributor is because the production of this type of citrus fruit has increased from 2020-2022. This study aims to determine the Distribution and Promotion Strategy in Increasing Sales Volume. This type of research uses a descriptive qualitative method. Methods of data collection using observation, semi-structured interviews, and documentation in the form of photos. The results of this study indicate that the distribution and promotion channels carried out by citrus fruit distributors in Bumiaji District are appropriate because sales volume has increased.

 

Keywords: Distributor, Distribution Strategy, Promotion, Sales Volume


Kata Kunci


Distributor, Strategi Distribusi, Promosi,Volume Penjualan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aditya, & Tjiptono. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jakarta.

Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Boyd, Walker, Larreche. (2000). Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global Edisi 2 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Badan Pusat Statistik Kota Batu. (2021). Statistik Hortikultura Kota Batu Tahun 2021.

Badan Pusat Statistik Kota Batu. (2022). Kecamatan Bumiaji Dalam Angka 2022.

Badan Pusat Statistik Kota Batu. (2022). Kota Batu Dalam Angka 2022.

Daryono. (2011). Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa. Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005. Edisi 3. Jakarta: Balai Pustaka.

Dhrammesta, Swastha. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Dhrammesta, Swastha. (2010). Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta.

Dhrammesta, Swastha. (2017). Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta.

Kotler, Philip dan Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Laksana. Fajar. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Depok: Khalifah Meditama.

Machfoedz, Mahmud. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Mulyadi (2010). Sistem Akuntansi, Edisi ke-3, Cetakan ke-5. Salemba Empat, Jakarta.

Moleong. J & Lexy. (2016). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung, PT REMAJA ROSDAKARYA.

Semiawan. Conny R. (2010). Metode Penelitian Kualittaif. Jakarta, GRASINDO.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI.

Sunyoto, Danang. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran.Yogyakarta: CAPS.

Tjiptono. Fandy. (2019). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. (2008), Strategi Pemasaran. Cetakan ke-3. Yogyakarta: Andi

Yudhi Koesworodjati. (2006). Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran, FE UNPAS, Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.