PENGARUH FAKTOR BAHAN BAKU DAN BAHAN PENOLONG TERHADAP PRODUKSI (STUDI PADA PABRIK TAHU UD. DIYAMIN DI KELURAHAN BANYUANYAR, SAMPANG)

Imroatul Mufida, Rini Rahayu Kurniati, Daris Zunaida

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bahan baku dan bahan penolong terhadap produksi tahu di pabrik tahu UD. Diyamin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif asosiatif, dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah data laporan produksi dan keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) bahan baku secara parsial berpengaruh signifikan terhadap produksi tahu, 2) bahan penolong secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap produksi tahu, 3) secara bersama-sama bahan baku dan bahan penolong berpengaruh signifikan terhadap produksi tahu. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa adanya pengaruh bahan baku dan bahan penolong terhadap produksi tahu di pabrik tahu UD. Diyamin. Nilai persamaan Y = - 4,245 + 50,551 X1 + 1,860 X2 + e. Koefisien determinasi (R2) bahan baku (X1) dan bahan penolong (X2) menunjukkan nilai sebesar 99,8% untuk produksi tahu, sedangkan sisanya sebesar 0,002% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci


Bahan Baku, Bahan Penolong, dan Produksi Tahu

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Ahyari, Agus. (1992) Manajemen Produksi : Perencanaan Sistem Produksi. Edisi 4, buku 1. Yogyakarta. BPFE-Yogyakarta.

Anshori, Muslich. (1996) Manajemen Produksi & Operasi : Konsep dan Kerangka Dasar. Surabaya. CV. Citra Media.

Arikunto, Suharsimi. (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan kelima belas. Jakarta. Rineka Cipta.

Faizal Noor, Henry. (2008) Ekonomi Manajerial. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada.

Gibson, James, dkk. (1997) Manajemen. Edisi kesembilan, jilid 2. Jakarta. Erlangga.

Gujarati, Damodar. (1995) Ekonometrika Terapan. Jakarta. Erlangga.

Hamdi. (2016) Energi Terbarukan. Jakarta. Kencana.

Haming, Murdifin & Nurnajamuddin, Mahfud. (2011) Manajemen Produksi Modern : Operasi Manufaktur dan Jasa. Edisi kedua, buku 1. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Pribadi, Benny A. (2017) Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta. Kencana.

Purwanto, Erwan Agus & Sulistyastuti, Dyah Ratih. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif : Untuk Administrasi

Publik dan Masalah-Masalah Sosial. Edisi kedua. Yogyakarta. Gava Media.

Sanusi, Anwar. (2011) Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta. Salemba Empat.

Sinulingga, Sukaria. (2009) Perencanaan & Pengendalian Produksi. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Sugiyono. (2005) Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2011) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (1997) Metode Penelitian Administrasi. Bandung. CV Alfabeta.

Supriyanto, Achmad Sani & Machfudz, Masyhuri. (2010) Metodologi Riset Manajemen Sumberdaya Manusia. Malang. UIN-Maliki Press.

Andriyanto, Fery, dkk. (2013). Analisis Faktor-Faktor Produksi Usaha Pembesaran Udang Vanname (Litopenaeus Vannamei) di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur ; Pendekatan Fungsi Cobb-Douglass. Jurnal ECSOFiM. Vol. 1 No.1.

Mutiara, Ayu. (2010) Analisis Pengaruh Bahan Baku, Bahan Bakar dan Tenaga Kerja Terhadap Produksi Tempe di Kota Semarang (Studi Kasus di Kelurahan Krobokan). Skripsi Fakultas Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan.

Herawati, Efi. (2008) Analisis Pengaruh Faktor Produksi Modal, Bahan Baku, Tenaga Kerja dan Mesin Terhadap Produksi Glycerine Pada PT. Flora Sawita Chemindo Medan. Tesis Magister Sains.

Setiawati, Wiwit. (2006) Analisis Pengaruh Faktor Produksi Terhadap Produksi Industri Pengasapan Ikan di Kota Semarang. Magister Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.

Suryana, Sawa. (2007) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Jagung di Kabupaten Blora (Studi Kasus Produksi Jagung Hibrida di Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora). Magister Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan.

http://www.kemenperin.go.id/artikel/7222/Industri-Tempe-Tahu-Pangkas-Separuh-Volume-Produksi, diakses pada tanggal 27 November 2018

http://mesintasudo.com/industri-pembuatan-tahu.html, diakses pada tanggal 27 November 2018

https://kursdollar.net/history-kurs/2018/November/28/, diakses pada tanggal 28 November 2018


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.