ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR UNTUK MERENCANAKAN STRATEGI PEMASARAN (STUDI PADA CIPTANINGATI CULTURE HOTEL)

M Zainuri, Sri Nuringwahyu, Daris Zunaida

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat dirumuskan untuk Ciptaningati Culture Hotel dengan terlebih dahulu mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang terkandung di Ciptaningati Culture Hotel. Ini dilakukan dengan menggunakan Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) sehingga dapat menunjukkan posisi hotel pada diagram SWOT dan dapat menentukan strategi pemasaran yang dapat dirumuskan untuk Ciptaningati Culture Hotel. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data adalah dengan mewawancarai, mendokumentasikan, mengamati dan memberikan kuesioner kepada Manajer Ciptaningati Culture Hotel. Hasilnya kemudian dianalisis menggunakan Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ciptaningati Culture Hotel memiliki kekuatan lebih dari kekurangannya, dan juga memiliki lebih banyak peluang dibandingkan dengan ancaman. Oleh karena itu, berdasarkan analisis SWOT Hotel Ciptaningati Culture berada pada posisi kuadran I pada diagram SWOT dan strategi pemasaran yang dapat dirumuskan adalah Strategi Pertumbuhan. Berdasarkan analisis Matriks SWOT, strategi yang dapat dirumuskan adalah strategi SO, WO, ST dan WT dan didukung oleh strategi berorientasi pertumbuhan.

Kata Kunci


Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Ciptaningati Culture Hotel

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Agustina Shinta. (2011) MANAJEMEN PEMASARAN [Internet], Malang, UB Press. Available from : Netlibrary

Anthony Buta Rbutar. (2009) Perencanaan Strategi Bersaing Bisnis Internet TV ( Studi Kasus PT. Global Trend Intermedia). Tesis Magister Teknik Universitas Indonesia.

Christedi Permana Wijaya & Tri Priyono Budi Santoso. (2018) Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar pada Hotel Bali Mandira Legian Bali. Jurnal Manajemen Universitas Dyana Pura Vol.13, No. 1.

C.Prihandoyo & Alvin Rivaldi Pratama. (2017) Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Aston Balikpapan Hotel & Residence Di Balikpapan. Prosiding Seminar Nasional Balikpapan University Faculty of Economics Seminar National and Essay Competition, 16 Desember 2017, Balikpapan Indonesia.

Fandy Tjiptono. (2008) Strategi Pemasaran. Sleman, Penerbit ANDI.

Freddy Rangkuti. (2004) Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Strategi untuk Menghadapi Abad 21. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Husein Umar. (2005) STRATEGIC MANAGEMENT IN ACTION (Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter, Fred R. David, dan Wheelen-Hunger). Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Ismail Solihin. (2012) MANAJEMEN STRATEGIK. Bandung, Penerbit Erlangga.

Michael A. Hitt dkk. (2001) MANAJEMEN STRATEGI: Daya Saing dan Globalisasi; Konsep. Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Mimit Primyastanto. (2016) EVAPRO (Evaluasi Proyek) Teori dan Aplikasi Pada Usaha Pembesaran Ikan Sidat. Malang, UB Press.

Pearce & Robinshon. (1997) Manajemen Strategik: Formulasi, Implementasi, Dan Pengendalian. Jakarta, Binarupa Aksara.

Priyono. (2007) Pengantar Manajemen. Sidoarjo, Zifatama.

Rahmat Hidayat & Ricky Rahmat. (2018) Analisis SWOT Sebagai Dasar Keputusan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Server Pulsa Di Kota Batam (Studi Kasus Pada CV. Star Pratama). Jurnal Administrasi Bisnis Terapan Politenik Negeri Batam Vol. 2, No. 1, hlm 94-108

Radar Malang. (2018) https:/radarmalang.id/luar-biasa-wisatawan-ke-batu-tembus-47-juta-orang/ (Omline) diunduh pada tanggal 6 Januari 2019

Radar Malang. (2018) https:/radarmalang.id/waspadai-titik-rawan-banjir-longsor/ (Online) diunduh pada tanggal 6 Januari 2019

Ridha Adriansyah. (2017) Analisis SWOT Terhadap Produk Asuransi Mikro Syariah Si Bijak (Studi pada Asosiasi Asuransi Mikro Syariah Indonesia). Jakarta. Skripsi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Riszky Ramadhan Nourelette & Shinta Wahyu Hati (2017) Penentuan Strategi dengan Pendekatan Analisis SWOT Pada Hotel Nongsa Point Marina & Resort dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan Politeknik Negeri Batam Vol. 5, No 1, hlm. 38-102.

Robi Setyawan. (2015) Penerapan Analisis SWOT Sebagai Landasan Merumuskan Strategi Pemasaran Usaha Jasa Sewa Mobil “AMAN-AMIN” Transport Tour and Travel Ambarketawang Sleman Yogyakarta. Skripsi Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Taufiqurokhman. (2016) MANAJEMEN STRATEGIK [Internet], Senayan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama. Available from : Netlibrary

Theresia Dwita Lestari S. (2017) Analisis SWOT Sebagai Alternatif Penentuan Strategi Pemasaran Studi Kasus pada Grand Clarion Hotel & Convention Makasar. Yogyakarta. Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan Pasal 1 Ayat 3. (C1)

Wardiyanta. (2006) Metode Penelitian Pariwisata. Yogyakarta, Penerbit ANDI.

Yoeti, A. 2007. Hotel Marketing. PT. Perca, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.