PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND ASSOCIATIONS, DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MI INSTAN MEREK INDOMIE (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Malang)

Muhammad Khoirudin, Siti Saroh, Daris Zunaida

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui Pengaruh Brand Awareness, Brand Associations, Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Indomie (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Malang). Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling tipe metode proportionate stratified random sampling. Data yang digunakan adalah data yang diperoleh melalui pengisian kuesioner oleh responden. Jumlah sampel sebanyak 100 responden serta menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Pengolahan data menggunakan program SPSS 16 for Windows.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Brand awareness berpengaruh parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan merek Indomie yang menunjukkan nilai t hitung 3,178 > t tabel 1,984 dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05. (2) Brand associations berpengaruh parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan merek Indomie yang menunjukkan nilai t hitung 2,848 > t tabel 1,984 dengan nilai signifikan 0,005 < 0,05. (3) Perceived quality berpengaruh parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan merek Indomie yang menunjukkan nilai t hitung 2,577 > t tabel 1,984 dengan nilai signifikan 0,011 < 0,05. (4) Secara simultan, brand awareness, brand associations, dan perceived quality berpengaruh terhadap keputusan pembelian mie instan merek Indomie, hal ini terbukti dengan nilai uji F dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan, F hitung dengan jumlah 70,452 > F tabel dengan jumlah 2,70. Artinya Brand Awareness, Brand Associations, Dan Perceived Quality berpengaruh positif secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Indomie (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Malang)

Kata kunci : Brand Awareness, Brand Associations, Perceived Quality  , Keputusan Pembelian.

 

ABSTRACT

       This study aims to determine the effect of Brand Awareness, Brand Associations, and Perceived Quality on the Purchase Decision of Indomie Brand Instant Noodles (Study on Students of the Islamic University of Malang). This type of research is quantitative. The sampling technique used in this study was probability sampling with the type of proportionate stratified random sampling method. The data used are data obtained through filling out questionnaires by respondents. The number of samples is 100 respondents and using multiple linear regression analysis method. Data processing using SPSS 16 for Windows program.

The results of this study indicate that (1) Brand awareness has a partial and significant effect on purchasing decisions for Indomie brand instant noodles which shows a t count value of 3.178 > t table 1.984 with a significant value of 0.002 < 0.05. (2) Brand associations have a partial and significant effect on purchasing decisions for Indomie brand instant noodles which show a t-count value of 2.848 > t-table 1.984 with a significant value of 0.005 <0.05. (3) Perceived quality has a partial and significant effect on purchasing decisions for Indomie brand instant noodles which shows the t-count value of 2.577 > t-table 1.984 with a significant value of 0.011 <0.05. (4) Simultaneously, brand awareness, brand associations, and perceived quality have an effect on purchasing decisions for Indomie brand instant noodles, this is proven by the F test value with a significance of 0.000 less than 0.05 and, F count with a total of 70.452 > F table with a total of 2.70. This means that Brand Awareness, Brand Associations, and Perceived Quality have a significant positive effect on the Indomie Brand Instant Noodle Purchase Decision (Study on Students of the Islamic University of Malang)

Keywords: Brand Awareness, Brand Associations, Perceived Quality, Purchase Decision.


Kata Kunci


Brand Awareness, Brand Associations, Perceived Quality , Keputusan Pembelian.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aaker, A. David, (1997) Manajemen Ekuitas Merek, Alih Bahasa: Aris Ananda, Spektrum Mitra Utama, Jakarta.

Agung, A. P. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis. Denpasar: UB Press.

Alvin Frederick Liauri (2018). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Association Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Forte. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis Volume 3, Nomor 5, Desember 2018: 586-592

Anang, M. F. (2019) Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy). Cetakan Pertama. Surabaya :Qiara Media.

Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana

Durianto, Darmadi, et al., (2001). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Endang Sutrasmawati dan Khoiriyah Indra Cahyani (2016) Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal 5 (4) (2016).

Fandy Tjiptono,. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta : Penerbit : CV. Andi offset.

Hasan, I. (2009). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT. Bumi Askara.

Indomie.com (2022) Indomie History, [Internet], Available from: < https://www.indomie.com/page/about-us#2 > [Accessed 20 Agustus 2022]

Indofood CBP (2022) Sekilas tentang perusahaan, [Internet], Available from: < https://www.indofoodcbp.com/company/icbp-at-glance > [Accessed 20 Agustus 2022]

_____ (2022) Riwayat singkat perseroan, [Internet], Available from: < https://www.indofoodcbp.com/company/history > [Accessed 20 Agustus 2022]

_____ (2022) Visi misi dan nilai, [Internet], Available from: < https://www.indofoodcbp.com/company/vision-missions-values> [Accessed 20 Agustus 2022]

Kotler & Amstrong. 2016. “Prinsip-prinsip Pemasaran”. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

_____ Philip & Amstrong. (2004). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kesembilan. Jakarta : Penerbit Erlangga.

_____ Philip. (2005). Manajamen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

_____ Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi Ke-12. Alih Bahasa oleh Bob Sabran. Erlangga. Jakarta.

Kurniawan, A., & Puspitaningtyas,. Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Meatry K., Agung B. (2018) Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang. Diponegoro journal of social and politic tahun 2018, hal. 1-7.

Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Priyono, A. (2015). Analisis data dengan SPSS. Malang: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Islam malang.

Rangkuti, Freddy. (2002). The Power of Brands: Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek (Plus Analisis Kasus dengan SPSS). PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

_____ (2009). The Power Of Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sarwoko. (2007). Statistik Inferensi Untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Setiadi, N. J., (2003), Perilaku Konsumen: konsep dan implikasi untuk Strategi dan penelitian pemasaran, Prenada Media, Jakarta.

Shimp, Terence A, (2003) Periklanan dan Promosi (Aspek tambahan komunikasi,pemasaran terpadu). Edisi terjemahan. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Sienny Agustin (2021) Di Balik Kelezatannya, Ada 4 Bahaya Mie Instan yang Mengintai.[Internet], 25 Maret


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.