Pengaruh Orientasi Pasar dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran JV Orchid

Mahdi Ahmad, Siti Saroh, Daris Zunaida

Sari


Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Orientasi Pasar dan Promosi Sosial Media Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Reseller Anggrek JV Orchid Singosari). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan IBM SPSS 25. Teknik pengambilan sampel adalah sensus (sampel jenuh) yang berjumlah 32  responden. Alat  analisis  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  uji  isntrumen  penelitian yaitu  uji  validitas  dan  uji  realibilitas,  kemudian  dengan  menggunakan  uji  asumsi  klasik  (uji  normalitas,  uji multikolinieritas, dan uji heteroskedatisitas) kemudian dilanjutkan dengan regresi linier berganda serta uji t dan uji f. Berdasarkan hasil Uji Parsial menunjukkan bahwa hasil variabel Orientasi Pasar berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel Kinerja Pemasaran, hal ini dibuktikan dengan thitung < ttabel (2.045 < 1.551) atau signifikan t lebih besar dari 0.05 (0.132 > 0.05) maka secara parsial. Variabel Promosi Sosial Media berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel Kinerja Pemasaran, hal ini dibuktikan thitung > ttabel (2.045 > 2.749) atau signifikan t lebih kecil dari 0.05 (0.010 < 0.05). Berdasarkan hasil Uji Simultan variabel Orientasi Pasar dan variabel Promosi Sosial Media berpengaruh bersama-sama secara positif dan signifikan terhadap Kinerja Pemasaran, hal ini dibuktikan Fhitung > Ftabel (13.709 > 3,32).

Kata kunci : Orientasi Pasar, Promosi Sosial Media, Kinerja Pemasaran

Abstract

            This study aims to determine the effect of Market Orientation and Social Media Promotion on Marketing Performance (Study on Orchid Reseller JV Orchid Singosari). This research is a quantitative research using IBM SPSS 25. The sampling technique is a census (saturated sample) with a total of 32 respondents. The analytical tool used in this study is the research instrument test, namely the validity test and reliability test, then by using the classical assumption test (normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test) then followed by multiple linear regression and t test and f test. Based on the results of the Partial Test, it shows that the results of the Market Orientation variable have no significant effect on the Marketing Performance variable, this is evidenced by tcount < ttable (2.045 < 1.551) or significant t greater than 0.05 (0.132 > 0.05) then partially. The Social Media Promotion variable has a positive and significant effect on the Marketing Performance variable, this is evidenced by tcount > ttable (2.045 > 2.749) or significantly t less than 0.05 (0.010 < 0.05). Based on the results of the Simultaneous Test, the Market Orientation variable and the Social Media Promotion variable have a positive and significant effect on Marketing Performance, as evidenced by Fcount > Ftable (13,709 > 3.32).

Keywords: Market Orientation, Social Media Promotion, Marketing Performance



Kata Kunci


Orientasi Pasar, Promosi Sosial Media, Kinerja Pemasaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adelina Agnes Lapian dkk, Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada PT. BPR Prisma Dana Amurang, Jurnal EMBA, Vol.4 No.1 Maret 2016, Hal. 1331

Angelita Elisabeth Salindeho (2018) Pengaruh Inovasi Produk, Tempat dan Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran Motor Suzuki

Ardyan E., Sugiyarti G., (2018). The influence of e-CRM capability and co- information sharing activity on product competitiveness and marketing performance of small and medium-sized enterprises. Int. J. Electronic Customer Relationship Management, Vol. 11, No. 2.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Dyah Ayu Mustika (2018) “Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran

Fandy, Tjiptono. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta. Andi.

Fandy Tjiptono, Gregorius Chandra, Dedi Adriana, Pemasaran Strategik (Yogyakarta : ANDI, 2008), 86.

Hanipa (2019) Pengaruh Orientasi Pasar Dan Emotional Value Terhadap Kinerja Pemasaran Pada BNI Syariah KC Panorama Bengkulu

Kotler Philip and Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson: Prentice hall.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Jakarta : Erlangga

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi 13. Jakarta. Erlangga

Maman Suleman (2018) Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran

Miftakhul Amin (2019) Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran

Novi Nurhasanah (2018) pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran, Inovasi dan Keunggulan Bersaing Terhadap Meningkatkan Kinerja Pemasaran

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial : Prosedur , Tren, dan Etika.

Rangkuti, 2009. Strategi Promosi yang kreatif & Analisis kasus – Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Sugiyarti G, Ardyan E. (2017). Market Sensing Capability and Product Innovation Advantages in Emerging Markets: The Case of Market Entry Quality and Marketing Performance of Batik Industry in Indonesia. DLSU Business & Economics Review 27(1): 1-12.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta

Tjiptono, Fandy. dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Umami, Z. (2015). Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Interaksi, 4, 195–201

Wibowo. Manajemen Kinerja edisi kelima. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Zulkarnain, Ilmu Menjual (Pendekatan Teoritis & Kecakapaan Menjual), Yogyakarta Graha1 Ilmu, 2012, ed 1, cet. 1, hal 9


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.