PENGARUH CITRA PERUSAHAAN, PENETAPAN HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus di Kursus Mengemudi Private Kota Malang)
Sari
ABSTRAK
Kursus Mengemudi Private merupakan perusahaan keluarga yang bergerak di bidang jasa kursus mengemudi berada di Jl. Mayjend Panjaitan 30 A sebagai kantor pusat, Jl. Mayjend Wiyono No.1, Jl. Hasyim Ashari No. 30 Kasin, Jl. A. Yani No. 28, Jl. Raya Singosari 71 dan Jl. A. Yani No 72 Kepanjen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra perusahaan, penetapan harga, dan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode pembagian kuesioner, wawancara dan observasi. Jumlah sampel yang digunakan 88 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial citra perusahaan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan penetapan harga dan kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan, dan terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan antara citra perusahaan, penetapan harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
(t.thn.). Kepolisian Republik Indonesia , Dipetik Oktober 2021 dari https://www.polri.go.id/sim.
Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Emilia, S. (2019). Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus Pasien Rumah Sakit Annisa Pekanbaru). JOM FISIP Vol.6 Edisi 1 , 3.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Kotler, P. (1993). Marketing Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (1994). Dasar-dasar Pemasaran Edisi 6 Jilid 2. Jakarta: CV Intermedia.
Kotler, P., & Armstrong, G. Dasar-dasar Pemasaran Principles of Marketing 7e Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & G. A. (1994). Dasar-dasar Pemasaran Edisi 6 Jilid 2. Jakarta: CV Intermedia.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Penerbit ERLANGGA.
Kursus Mengemudi Private. (t.thn.). Dipetik Oktober 2021 dari https://kursusmengemudiprivate.com/.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
Maimunah, D. L. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen .
Musnaini, Suyoto, Y. T., Handayani, W., & Jihadi, M. (2021). Manajemen Pemasaran. Koto Baru: CV Insan Cendekia Mandiri.
Mutmainnah. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa , Vol.10.
Permatasari, S. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan PT.Sinar Mentari Abadi Logistik. Skripsi .
Pratama, E. A. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab di Surabaya Melalui Kepuasan sebagai Variabel Mediasi. Artikel Ilmiah .
Rifa'i, K. (2019). Membangun Loyalitas Pelanggan. Jember: Zifatama Publisher.
Shirley, H. (1995). Marketers Guide To Public Relations. New York: John Willy and Son.
Siregar, M. K. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima .
Subantoro, B. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Pelanggan Grab di Surabaya. Jurnal Ilmiah dan Riset Manajemen .
Sugiyono. (2004). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&d. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Tandjung, J. W. (2004). Marketing Strategy in the Indonesia Setting. Surabaya: SPiRIT.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.
Triana, D. (2019). Pengaruh Kualitas Jasa, Harga dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal EBBANK - Vol.10 No. 1 .
Umam, K. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Penumpang GOJEK Kota Tegal). Skripsi .
Zuhro, A. D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Skripsi .
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.