PENGARUH PROMOSI, BRAND AMBASSADOR DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Pada Konsumen E-Commerce Tokopedia)

Ninda Arini, Siti Saroh, Ratna Nikin Hardati

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Promosi, Brand Ambassador, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen. Dalam penelitian ini, variabel independen yang digunakan adalah Promosi, Brand Ambassador, kualitas pelayanan. Sedangkan minat beli sebagai variabel dependen. Penelitian ini  dilakukan dengan cara pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan responden sebanyak 100 orang. Teknik sampling Sugiyono yaitu tipe purposeive sampling digunakan untuk penentuan responden. Berdasarkan analisis diketahui bahwa variabel Promosi, Brand Ambassador, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap variabel minat beli.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli. . Variabel Brand Ambassador berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli. Kemudian untuk variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. Berdasarkan hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa variabel promosi, Brand Ambassador, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli.

 

Kata Kunci: Promosi, Brand Ambassador, Kualitas Pelayanan, Minat Beli.

 


Kata Kunci


Promosi, Brand Ambassador, KualItas Pelayanan, Minat Beli

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arianto, N., Patilaya, E. (2018). Pengaruh Kualitas

Produk dan kelengkapan produk terhadap

keputusan Pembelian Produk Salt n Pepper pada

PT. Mitra Busana Sentosa Bintaro. Jurnal Kreatif: Pemasaran, Sumberdaya Manusia dan Keuangan, vol. 6 No.2

Arikunto, S. (2013) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, Rineka Cipta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Lea-Greenwood, Gaynor. 2012. Fashion Marketing Communications E-book. Somerset, NJ, USA: Wiley.

Magdalena, A., & Jaolis, F. (2018). Analisis Antara E-Service Quality, E-Satisfaction, dan E-Loyalty Dalam Konteks E-Commerce Blibli.Jurnal Strategi Pemasaran Vol. 5(2), 1–11.

Pelanggan Berkunjung ke Web Tokopedia Naik 7% pada Kuartal III 2021 | Databoks (katadata.co.id) diakses pada 12 Januari 2022

Peter, Paul J.,Olson dan jerry C. (1996). Customer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (alih bahasa: Damos Sihombing dan Peter Remy Yossi Pasla). Edisi 4. Jakarta: erlangga

Royan, Frans, Marketing Selebritis (selebriti dalam iklan dan strategi memasarkan diri sendiri). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2004.

Siregar, Syofian. (2013). Metode penelitian Kuantitatif: dilemgkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Penerbit Kencana:Jakarta

Sugiarto, Eko. (2017). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif : Skripsi dan

Tesis. Yogyakarta : Suaka Media

Sugiyono. (2019) Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, CV Alfabeta.

Top 10 Indonesia online shopping sites & apps 2021 (ecomeye.com) diakses online pada 12 Januari 2022

Verina Onggusti, Jovita Alfonso yang berjudul “Pengaruh Harga, Produk, Lokasi, dan Promosi Terhadap Minat Pembelian Konsumen di Hotel Butik Bintang 3 di Surabaya”


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.