IMPLEMENTASI STRATEGI PELAYANAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) SURYA SEMBADA KOTA SURA

Roy Mauludi, Siti Saroh, Ratna Nikin Hardati

Sari


Abstrak  

Perusahaan Daerah Air Minum adalah perusahaan yang terus berkembang di Indonesia terutama di Kota Surabaya. Bisa dilihat dengan semakin banyaknya bermunculan pelanggan. Penelitian ini dilatar belakangi atas apa yang terjadi di Perusahaan Daerah air Minum Surya Sembada Kota Surabaya bagaimana memberikan pelayanan terbaik dalam meningkatkan jumlah pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum Surya Sembada.

Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.Subjek dalam penelitian ini berfokus padadirektur pelayanan. Objek penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pelayanan dalam meningkatkan jumlah pelanggan berdasarkan persepsi subjek yaitu direktur pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Surya Sembada Kota Surabaya, serta mengetahui kendala apa saja yang di hadapi dalam upaya meningkatkan jumlah pelanggan. Teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis yang dikembangkan oleh Burhan Bungin.

Berdasarkan hasil penelitian menyatakan: 1) Strategi pelayanan di Perusahaan Daerah air Minum Surya Sembada sini  menggunakan acuan dari indikator kualitas pelayanan yakni dimana pertama, pada point pada point (ketanggapan) yaitu Perusahaan Daerah air Minum Surya Sembada selalu memberikan pelayanan dengan sangat cepat tanggap dimulai dari customer datang, melayani pemesanan customer, hingga sampai customer pulang Kedua,pada point (jaminan) adalah bagi pihak Perusahaan Daerah Air Minum Surya Sembada Kota Surabaya bagaimana seorang karyawan dapat memberikan jaminan kepastian atau kepercayaan produk yang ingin dijual pihak Perusahaan Daerah Air Minum Surya Sembada dan kepuasan pelanggan harus dinomor satukan. pada point pada point Reliability (kehandalan) yakni pihak Perusahaan Daerah Air Minum Surya Sembada Kota Surabaya mampu memberikan respon ke /pemohon yang ingin mendapatkan pelayanan dan pihak Perusahaan Daerah Air Minum Surya Sembada Kota Surabaya juga memilih dengan selektif memilih karyawan yang memang bekerja sesuai kemampuan. hingga sampai customer pulang. Keempat, (empati) yakni pelanggan adalah raja, dengan pelayanan yang memuaskan bagi Perusahaan Daerah Air Minum Surya Sembada apalagi dengan mengutamakan seperti ibu hamil, orang tua lansia, dan anak-anak memang di beri pelayanan khusus. 2) Serta apa yang menjadi kendala dalam menarik pelanggan menurut hasil observasi dan wawancara untuk kendala jarang terjadi dikarenakan dengan adanya pengevaluasian terhadap kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Surya Sembada sehingga terus menciptakan pelayanan yang terbaik. 

Kata Kunci : Implementasi Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan


Kata Kunci


Implementasi Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hatta, Mohammad. 1977. Penjabaran Pasal 33 Undang Undang Dasar 1945. Jakarta: Mutiara.

Cahayani, Ati.2005. Strategi dan Kebijakan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Ikrar Mandiri Abadi.

H. B. Sutopo. 2002. Metode Penelitian Kualitatif (Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian). Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Idris, Adam.2007. Kinerja Perusahaaan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Malang: CV.Sofa Mandiri.

Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

PO Abas Sunarya, dkk.2011. Kewirausahaan. Yogyakarta: CV Andi Offset

Priansa, Juni. 2017. Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeda

Amrin, Tatang M. Menyusun Rencana Penelitian.Jakarta: Rajawali Pers. 1990.

Arikunto,Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta. 1993.

Azwar, MA, Saifuddin.Metode Penelitian.Yogyakarta: Pustka Pelajar Offset. 2007.

Bungin,Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2005.

Bungin,Burhan. Metode Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis Ke Arah Ragam Varian Kontemporer.Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2001.

Bungin, Burhan.Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana. 2007

Kartiko Widi,Restun.Asas Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2010.

Moleong, Lexy J.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2001.

Ratminto & Atik Septi Winarsih.Manajemen Pelayanan (Pengembangan Model Konseptual, Penerepan Citizen’s Charter Dan Standar Pelayanan Minimal).Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.