PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KERAGAMAN PRODUK DAN PROMOSI E-COMMERCE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SHOPEE (STUDI PADA: MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM MALANG PENGGUNA SHOPEE)
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk dan Promosi E-commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumalah sampel sebanyak 102 responden serta menggunakan metode analisis regresi linier berganda yang diolah dengan menggunakan SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara variabel kualitas pelayanan, keragaman produk dan promosi terhadap kepuasan konsumen shopee. Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen shopee. Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel keragaman produk terhadap kepuasan konsumen shopee. Sedangkan secara parsial tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel promosi terhadap kepuasan konsumen shopee.
Â
Kata kunci: kualitas pelayanan, keragaman produk, promosi, kepuasan konsumen.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aminuddin. 2010. Pengantar Apesiasi Karya Sastra. Bnadung: Sinar Baru Aigo Sinsdo.
Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif: edisi 1. Airlangga University Press.
Ghazali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Keempat. Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gujarati, D.N, dan D.C. Porter. 2010. Dasar-Dasar Ekonometrika, Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat.
Gujarati, Damodar.2006. Dasar-Dasar Ekonomerika. Jakarta: Erlangga
Kartini, Wibowo & Sugiyanto. 2021. Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Berdampak Loyalitas dalam Berbelanja Online pada Shopee. Jurnal Lentera Bisnis. vol 10 (1). ISSN 2252-9993. Diakses 1 juni 2022. https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab/article/download/423/329
Kotler, Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 12. Indonesia: PT MACANAN JAYA CEMERLANG.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran jilid dua terjemahan. Banjamin Molan. Edisi 12. Jakarta: Erlangga. Tanpa Tahun.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2010. Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Keller. 2009. Manejemen Pemasaran Jilid 1 edisi 13. Jakarta: Gramedia
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran JasaTeori dan Praktek. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran JasaTeori dan Praktek. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat
Maholtra, Naresh K. 2006. Riset Pemasaran: Pendekatn Terapan. Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks
Priyono, Achmad Agus. 2015. Analisis Data dengan SPSS Universitas Islam Malang: BPFE.
Rohman & Marlena. 2021. Pengaruh Keragaman Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Baskin Robbins TP3 Tanjungan Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Universitas Negeri Surabaya. Vol 9 (4). ISSN 2337-6078. Diakses 1 juni 2022. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36229
Sari & Lestariningsih. 2021. Pengaruh Promosi dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loayalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Aplikasi Shopee (Studi Pada Mahasiswa STIESIA Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. 10(5). Diakses 21 Mei 2021.ISSN 2461-0593. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/4012
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dsn R&D. Cetakan Ke 14. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2012. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, dan Poly, Endrayanto. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu
Tjiptono, Fandy. 2009. Srategi Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CV Andi
Utami, Chritina Whidya. 2010. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.
Wulandari, Mulyati & Tjahjono. 2020. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi kasus pada Marketplace Shopee). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Diakses 19 Mei 2022. https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/adbis/article/view/4062
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.