PENGARUH PRODUK, LOKASI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI KUSUMA AGROWISATA BATU

Fitria Risma Anggraini, Sri Nuringwahyu, Dadang Krisdianto

Sari


ABSTRAK

               Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Produk, Lokasi, dan Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung di Kusuma Agrowisata Batu. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan Metode probability sampling dengan teknik sampling simple random sampling. Data yang digunakan adalah data yang diperoleh melalui pengisian kuesioner oleh responden. Jumlah sampel sebanyak 100 responden serta menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Pengolahan data menggunakan program SPSS 25 for Windows. 

                Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dalam Nilai thitung  variabel Produk (X1) adalah sebesar 4,450. Nilai thitung 4,450 > ttabel 1,984 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < probabilitas 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak atau Ha diterima. Artinya Produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjung (Studi pada pengunjung Kusuma Agrowisata Batu) Nilai thitung  variabel Lokasi (X2) adalah sebesar -0,014. Nilai thitung -0,014 < ttabel = 1,984 dengan nilai signifikan sebesar 0,989 > probabilitas 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 diterima atau Ha ditolak. Artinya Lokasi berpengaruh negatif terhadap Keputusan Berkunjung (Studi pada pengunjung Kusuma Agrowisata) Nilai thitung 2,352 > ttabel 1,984 dengan nilai signifikan sebesar 0,021 < probabilitas 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak atau Ha diterima. Artinya Promosi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berkunjung (Studi pengunjung Kusuma Agrowisata Batu)  Dari data penghitungan uji signifikan secara simultan yang tampak pada tabel di atas nilai Fhitung 24,672 > Ftabel 2,47 dengan nilai signifikan 0,000 < probabilitas 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak atau Ha  diterima. Artinya produk, lokasi, dan promosi berpengaruh positif secara signifikan terhadap keputusan berkunjung (Studi pada Pengunjung Kusuma Agrowisata Batu)

Kata kunci : Produk, Lokasi, Promosi, Keputusan Berkunjung


Kata Kunci


Produk, Lokasi, Promosi, Keputusan Berkunjung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amstrong, P. K. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Amstrong, P. K. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Armstrong, P. K. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Lupiyoadi. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian: Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian . Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2005). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2006). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.

Wijaya, T. (2009). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta : Graha Ilmu.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.