PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA (STUDI PADA ANGGOTA KUD SUMBER MAKMUR NGANTANG)

Wahidha Intan Syafira, Daris Zunaida, Ratna Nikin Hardati

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Anggota (Studi pada Anggota KUD Sumber Makmur Ngantang). Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan Teknik Accidental Sampling. Data yang digunakan adalah data yang diperoleh melalui pengisian kuesioner oleh responden. Jumlah sampel sebanyak 100 responden serta menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Pengolahan data menggunakan program SPSS 25 for Windows.

            Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dalam Nilai thitung  variabel Fasilitas (X1) adalah sebesar 2,029. Nilai thitung 2,029 > ttabel  1,984 dengan nilai signifikan sebesar 0,045 < probabilitas 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H01 ditolak atau Ha1 diterima. Artinya Fasilitas berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Anggota (Studi pada Anggota KUD Sumber Makmur Ngantang) Nilai thitung  variabel Kualitas Pelayanan (X2) adalah sebesar 6,898. Nilai thitung 6,898 > ttabel = 1,984 dengan nilai signifikan sebesar 0,000< probabilitas 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H02 ditolak atau Ha2 diterima. Artinya Kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Anggota (Studi pada Anggota KUD Sumber Makmur Ngantang) Dari data penghitungan uji signifikan secara simultan yang tampak pada tabel di atas nilai Fhitung 47,222 > Ftabel 2,70 dengan nilai signifikan 0,000 < probabilitas 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H03 ditolak atau Ha5 diterima. Artinya Fasilitas dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif secara signifikan terhadap Kepuasan Anggota (Studi pada Anggota KUD Sumber Makmur Ngantang)

Kata kunci : Fasilitas, Kuaitas Pelayanan, Kepuasan Anggota


Kata Kunci


Fasilitas, Kuaitas Pelayanan, Kepuasan Anggota

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Andreani, F. (2007). Experiential Marketing . Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 2 No. 1 April, 1-8.

Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kuantitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Mutivariate dengan Program IBM SPSS 25 . Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hendro, Y., & Syamswana, Y. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Keragaman Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Toko King di Malang. Jurnal Ekonomi Manajemen Vol. 2 No. 2, 351-366.

Irawan, H. (2008). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

(2009). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

(2010). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 2. Jakaerta: Erlangga.

(2011). Manajemen Pemasaran di Indonesia Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler & Amstrong, G. (2012). Prinsp-Pinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 12. Jakarta : PT. Indeks.

(2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

(2012). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, & Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi & Rambat. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: UI Press.

Lupiyoadi & Hamdani, A. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Moenir. (2008). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia . Bandung: PT. Bumi Aksara.

Nirwana. (2004). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jasa. Malang: Dioma.

Priyanto. (2010). Paham Anaisa Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: Media Kom.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rusydi, A. (2017). Manajemen Pemasaran Sayed Mahdi. Bandung: Alfabeta.

Samtono. (2018). Pengaruh Partisipasi Anggota dan Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Anggota yag Dimediasi Kinerja Pengurus Sebagai Variabel Intervening pada Koperasi Dwipanti Kota Salatiga. Jurnal Ilmiah Among Makarti Vol. 11 No. 21.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

(2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

(2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

(2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen Teori Penerapannya dalam Pemasaran Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sumayang, L. (2003). Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Tjiptono, F. (2004). Manajemen Jasa Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.

(2005). Strategi Pemasaran Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset.

(2011). Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset.

(2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F., & Anastasia, D. (2003). Total Quality Management Edisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono & Chandra, G. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, H. (2005). Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.