PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. PLN (PERSERO) UNIT PELAKSANA TRANSMISI MALANG

Ugih Sugianto, Rini Rahayu Kurniati, Daris Zunaida

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan yang ada di PT. PLN (Persero) UPT Malang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk google form. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan program IBM SPSS Statistic 21.

Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial variabel budaya organisasi berpengaruh secara sigifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian tersebut dibuktikan dengan hasil taraf signifikasi 0,001 < 0,05. Variabel motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian tersebut dibuktikan dengan hasil taraf signifikasi 0,000 < 0,05. Secara simultan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara budaya organisasi dan motivasi dengan kinerja karyawan. Hasil penelitian tersebut dibuktikan dengan nilai sig. F < 0,05. nilai signifikansi antara variabel budaya organisasi (X1) dan motivasi (X2) terhadap variabel  kinerja karyawan (Y) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Variabel bebas yang paling dominan pengaruhnya terhadap Kinerja Karyawan (Y) adalah variabel Koefisien yang dimiliki oleh variabel Motivasi karena memiliki nilai koefisien regresi (Beta) 0.520 dibandingkan dengan nilai koefisiensi regresi (Beta) dari Variabel Budaya Organisasi 0,301.


Kata Kunci


Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afandi, Pandi. (2018) Manajemen Sumber Daya Manusia : Teorikonsep, dan Indikator. Yogyakarta : Zanata Publishing.

Azwar, Saifuddin. (2008) Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Falikhatun, (2013) Pengaruh Budaya Organisasi, Locus Of Control dan Penerapan Sistem Informasi Terhadap Kinerja Aparat Unit-Unit Pelayanan Publik. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Vol.16 No.2. Hal. 263-281.

Mangkunegara, (2014) Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Cetakan Ke-7, Bandung : Refika Aditama.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2005) Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung : PT. Refika Aditama

Sugiyono. (2015) Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suroso, dkk. (2019) Program Budaya Unggul. Tidak dipublikasikan PT. PLN (PERSERO) UIT JBTB.

Sutrisno, Edy. (2018) Budaya Organisasi, Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP.

Suyanto, dkk. (2018) ANALISIS DATA PENELITIAN Petunjuk Praktis Bagi Mahasiswa Kesehatan Menggunakan SPSS. Semarang : UNISSULA PRESS

Rivai, Veithzal, (2004) Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan dari Teori ke Praktek, Bandung : Raja Grafindo Persada.

Wibowo, (2011) Manajemen Kinerja, Jakarta : Rajawali Pres


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.