PENGARUH CUSTOMER PERCEIVED RISK DAN TRUST TERHADAP MINAT BELI MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS PADA PENGGUNA SHOPEE DI DAERAH SEBUKU)

Riza Dwi Nur Islami, Rini Rahayu Kurniati, Ratna Nikin Hardati

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Customer Perceived Risk dan Trust terhadap Minat Beli Marketplace Shopee. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan Metode non probability sampling (tidak seluruh populasi diambil) atau juga disebut juga non peluang dengan teknik sampling accidental. Data yang digunakan adalah data yang diperoleh melalui pengisian kuesioner oleh responden . Jumlah sampel sebanyak 100 responden serta menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Pengolahan data menggunakan program SPSS 25 for Windows. 

            Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dalam Nilai thitung  variabel Perceived  Risk (X1) adalah sebesar 2, 163. Nilai thitung 2,163 > ttabel  1,984 dengan nilai signifikan sebesar 0,033 < probabilitas 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H01 ditolak atau Ha1 diterima. Artinya Perceived  Risk berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli (Studi pada pengguna shoppe di daerah sebuku) Nilai thitung  variabel Trust (X2) adalah sebesar 5,545. Nilai thitung 5,545 > ttabel = 1,984 dengan nilai signifikan sebesar 0,000< probabilitas 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H01 ditolak atau Ha1 diterima. Artinya Trust berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli (Studi pada pengguna shoppe di daerah sebuku) Dari data penghitungan uji signifikan secara simultan yang tampak pada tabel di atas nilai Fhitung 48,664> Ftabel 2,70 dengan nilai signifikan 0,000 < probabilitas 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H05 ditolak atau Ha5 diterima. Artinya perceived  risk dan trust berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat beli (studi pada pengguna shoppe di daerah sebuku)

Kata kunci : Customer Perceived Risk, Trust, Minat Beli


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Dahmiri, A. D. (2021). Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keamanankonsumen Dan Implikasinya Terhadap Minat Belikonsumen Di Marketplace Shopeekota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), Vol.01.

Doligalski, Tymoteusz. (2014). Internet-Based Customer Value Management: Developing Customer Relationships Online. London: Springer.

Ferdinand, Augusty, 2012, Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, Damodar & Dawn C Porter. (2012). Basic Ekonometrics. New York: Mc Graw Hill Inc.

Indonesia, I. B. (2016). Strategi Manajemen Risiko Bank. In I. B. Indonesia, Strategi Manajemen Risiko Bank. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ketut, G. A. (2021). Niat Beli Online. Bandung Jawabarat.

Kotler, P. &. (2016). Marketing Mangement. In Pearson Edition Limited.

Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. D. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. K. (2007). Marketing Management. Jakarta: Erlangga.

Marwia. (2019). Pengaruh Harga Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Online Shope .

Narko, D. (2017). Pengaruh Trust, Store Image, Dan Perceived Risk, Terhadap Purchase Intention Online Shop. Jurnal Menejemen Dewantara, Vo.01.

Picaully, M. R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Gadget Di Shopee Indonesia . 8 Jurnal Manajemen Maranatha, Vol.18.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Taylor, K. &. (2010). Riset Pemasaran. In K. &. Taylor, Riset Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa . Yogyakarta: Andi Offet.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.