PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi pada Pasien Rawat Jalan RSIA Amanah Probolinggo)

Sherina Sherina, Sri Nuringwahyu, Dadang Krisdianto

Sari


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat jalan RSIA Amanah Probolinggo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 100 responden serta menggunakan metode analisis regresi linier berganda yang diolah dengan menggunakan SPSS 16.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan variabel kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat jalan RSIA Amanah Probolinggo yang ditunjukkan dengan didapatkannya nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan F tabel > F hitung yaitu 55,635 > 3,09  yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Secara parsial terdapat pengaruh antara variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan RSIA Amanah Probolinggo yang ditunjukkan dengan t hitung > t tabel yaitu 2,490 > 1,98472 dengan nilai signifikansi 0,14 < 0,05yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Secara parsial terdapat pengaruh antara variabel fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat jalan RSIA Amanah Probolinggo yang ditunjukkan dengan t hitung < t tabel yaitu 5,485 > 1,98472 dengan nilai signifikansi 0,000 > 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Pasien.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus, Dwiyanto.2005. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Bungin, B, (2017). Penelitian Kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan Publik, dan ilmu sosial lainnya. Kencana.

Handayani, Mazni, Dacholfany (2020). Pengaruh Kualitas pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan pasien. RSUD Jend Ahmad Yani Kota Metro Lampung. Universitas Muhammadiyah Metro.

Hardiyansyah.(2011). Kualitas pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.

Manap, Abdul. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, Jakarta: Mitra Wacana Media.

Pohan, Imbalo S.(2016). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar – Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta : EGC

Ritan, Menuk, Arianto .(2021). Pengaruh Kualitas pelayanan & Fasilitas Puskesmas Gayungan Kota Surabaya Terhadap Kepuasan pasien. Journal Of Sustainability Business Research. Vol 2. No. 2.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nst, Ika Selvia Umayya .(2017). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap kepuasan pasien pada klinik dokter gigi eka adhayani aksara medan. Skripsi thesis. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sitinjak, Evralita (2021) Pengaruh Kualitas pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan pasien Pada Upt Puskesmas Sungai Langakai. Skripsi Thesis. Prodi Manajemen. Universitas Putera Batam.

Wijayanto, Kusuma. (2015). Pengaruh Kualitas pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya. Vol 17. No 1

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Tjiptono. Fandy (2006). Manajemen Jasa. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, Fandy. (2011). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan, Penelitian . Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.