ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN DALAM MENDUKUNG EFEKTIFITAS PENGENDALIAN INTERN (STUDI KASUS PADA ALIBABA STORE MALANG)

Hisyam Ibrahim, Rini Rahayu Kurniati, Ratna Nikin Hardati

Sari


Di dalam perusahaan, yang terdapat macam - macam sistem akuntansi dan salah satunya adalah sistem akuntansi penggajian dan pengupahan. “Sistem penggajian dan pengupahan adalah sistem yang digunakan oleh perusahaan yang memberi upah dan gaji kepada karyawannya atas jasa -jasa yang mereka berikan”. Fungsi-fungsi umum yang terkait dengan  sistem akuntansi penggajian dan pengupahan sangat diperlukan ketepatan dalam pemilihan fungsi yang akan  digunakan tersebut, jangan sampai ada fungsi yang telah dipilih namun dalam penggunaan fungsi tersebut kurang efektif dan efisien, sehingga fungsi tersebut bisa digantikan dengan fungsi lain. Fungsi yang biasanya di gunakan dalam suatu perusahaan adalah sebagai berikut: Fungsi kepegawaian, Fungsi pencatatan waktu,  Fungsi pembuat daftar gaji dan upah, Fungsi akuntansi, Fungsi Keuangan. Pengendalian internal ialah elemen dari sistem yang mencangkup struktur organisasi, cara, dan ukuran yang dipadukan guna menjaga kekayaan organisasi, memeriksa keandalan dan ketelitian dari data akuntansi serta mendorong kemampuan dan mendorong peraturan manajemen yang dipatuhi. Hasil peneliatian menunjukan bahwa sistem penggajian dan pengupahan di alibaba store mengguakan sistem tranfer langsung ke rekening pegawai dengan proses karyawan absen setiap masuk kerja, absen karyawan masuk ke bagian keuangan hingga bagian keuangan setiap bulan bisa merekap daftar gaji karyawan lalu disetorkan ke pihak bank dan pihak bank mentranfer ke rekening setiap pegawai.


Kata Kunci


Sistem penggajian dan pengupahan, Pengendalian Intern

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bastian, Indra, dan Gatot Soepriyanto, 2003. Sistem Akuntansi Sektor Publik: Konsep Untuk Pemerintah Daerah. Buku1. Edis Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Mardi, 2014, Sistem Informasi Akuntansi, Bogor: Ghalia Indonesia.

Marshall B. Romney dan Paul John Steinbart. 2014 Sistem Informasi Akuntansi: Accounting Information Systems (Edisi 13), Prentice Hall

Mulyadi. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Keempat. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Sistem Akuntansi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sofyandi, Herman. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Warren. C.S., J.M. Reeve, J.E Duchac, N. Suhardianto, D.S Kalajati, A.A Jusuf, dan C.D Djakman. 2014. Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia. Edisi Kedua Puluh Lima Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.