PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN BRAND OPPO COUNTER ROFIQCELL)

Sofiatul Widadah, Sri Nuringwahyu, Ratna Nikin Hardati

Sari


Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keragaman produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunkan metode non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Purposive sampling  adalah pemilihan anggota sampel yang didasarkan atas tujuan dan pertimbangan tertentu. Jumlah sampel sebanyak 100 responden serta menggunakan SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keragaman produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian secara parsial dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian secara parsial dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,004 < 0,05. Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian secara parsial dibuktikan dengan  nilai signifikansi 0,005 > 0,05.

Kata Kunci


Kata Kunci: Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Keputusan Pembelian.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Febriani, N., & Dewi, W., (2019). Perilaku Konsumen Di Era Digital. Malang: UB Press.

Firmansyah, A., (2018). Perilaku Konsumen Sikap dan Pemasaran. Yogyakarta. Deepublish Publisher.

Ghazali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25, Edisi 9. Semarang: UNDIP.

Hartono, S., & Yani, B. A. (2019). Pengaruh Harga, Keragaman Produk Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada PT. Index Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(02).

Ogi, Y., Supandi, A. S., & Rotinsulu, J. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk dan Citra terhadap Keputusan Pembelian di Matahari Mega Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).

Peter, J. Paul dan Jerry C.Olson. 2000. Consumer Behavior Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Keempat. Dialihbahasakan oleh Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.

Riduwan dan Kuncoro, E. A. 2014. Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analysis. Bandung: Alfabeta.

Sejati, B. S. A., & Yahya, Y. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).

Sinambow, S., & Trang, I. (2015). Pengaruh harga, lokasi, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada Toko Komputer Game Zone Mega Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3).

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, A.S dan Maharani, V. 2013. Metodologi Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Kuesioner, dan Analisis Data). Malang: UIN-Maliki Press.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F., (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.