PENGARUH PERAN BUMDes Dan SISTEM KERJASAMA TERHADAP PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (STUDI PROGRAM AVAL DESA BAKALAN PURWOSARI)

Nur Wulan Eka Lestari, Siti Saroh, Daris Zunaida

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara positif dan signifikan Pengaruh Peran BUMDes Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di dukung dengan hasil analisis uji parsial sebesar 0,470. Hal ini berarti semakin baik peran BUMDes yang berjalan maka dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat desa Bakalan akan semakin mudah untuk di capai.Dalam penelitian ini teknik pengambilan simpel random sampling (acak sederhana).simpel random sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak, jumlah sampel sebanyak 50 responden serta menggunankan SPSS. Hasil pengujian t tes pertama, Variabel Peran BUMDes berpengengaruh signifikan terhadap Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat secara parsial karena nilai taraf signifikansi 0,000 < 0,05 dan thitung 3,848 > 2,732 ttabel.


Kata Kunci


Kata kunci : Peran BUMDes, Sistem Kerjasama, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amri, K. (2015). Evaluasi Program Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Jurnal Administrasi Negara, 13 No. 3, 295–299. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JIANA/article/viewFile/3539/3446

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2001). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suparji (2019) Buku Pedoman Tata Kelola BUMDes (Badan Usaha Milik Desa)

Ghozali, I. (2014). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS (Edisi 9). UNDIP.

Pamudji, S. (1985). Kerjasama Antar Daerah Dalam Rangka Pembinaan Wilayah: Suatu Tinjauan Dari segi Administrasi Negara. Bina Aksara.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk penelitian (A. N. Sugiyono (ed.)). Alfabeta,.

Supriyanto, M. (2013). Metodologi Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Kuesioner, dan Analisis Data). UIN-Maliki Press.

Erni Febrina Harahap (2012) Pemberdayaan Masyarakat Dalam Bidang Ekonomi Untuk Mewujudkan Ekonomi Nasional yang Tangguh dan Mandiri, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta Padang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.