PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA ARISAN ONLINE OLDCITY KOTA MALANG)
Sari
Arisan online oldcity Kota Malang adalah komunitas arisan online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan dan mengetahui variabel yang dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuisoner dan observasi. Jumlah sampel digunakan 130 pelanggan mengguakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan secara simultan. Sedangkan secara parsial terdapat pengaruh negative signifikan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh signifikan komitmen terhadap loyalitas pelanggan, tidak berpengaruh signifikan komunikasi terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh signifikan penanganan keluhan terhadap loyalitas pelanggan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adi, Hilman. 1990. Hukum Perjanjian Adat. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Gaffar, Vanessa. 2007. Customer Relationship Management and Marketing Public Relation. Bandung: Alfabeta.
Kotler, Philip dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. PT. Indeks, Jakarta.
Lovelock, Christopher dan Lauren K. Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan II. Jakarta: Indeks.
Malhotra, Naresh K. 2006. Marketing Research An Applied Orientation. Prestice Hall, United Stade Of America.
Ndubisi, N.O. (2007). Relationship Marketing and Customer loyalty Marketing Intelligence and Planning. XXV,1,98-106
Robbins, P. Stephen. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi Sepuluh. Diterjemahkan oleh: Drs. Benyamin Molan. Erlangga, Jakarta.
Sanusi, Anwar. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 2. Yogyakarta:CV Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2000. Strategi Pemasaran. Edisi 2. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi 1. Yogyakarta: CV Andi Offset.
WJS. Poewadarminta. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.