PENGARUH HARGA, PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION PAKAIAN (STUDI PADA KONSUMEN RAMAYANA DINOYO)

Yunica Ira Wijaya, Sri Nuringwahyu, Dadang Krisdianto

Sari


Penelitian ini dilakukan di Ramayana Dinoyo, dimana Ramayana Dinoyo adalah bagian dari PT Ramayana Lestari Sentosa TBK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi melalui media sosial, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk fashion pakaian pada Ramayana Dinoyo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan metode Nonprobability Sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, analisis regresi linier berganda, dan koefisien determinasi. Uji hipotesis menggunakan uji parsial dan uji simultan. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi melalui media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, dan kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.


Kata Kunci


Harga, Promosi Melalui Media Sosial, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, A. A. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Al Abror, A. I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jaket (Studi pada Konsumen UD BACHTIAR Desa Kludan, Tanggulangin. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 6 Nomor 1 .

Andriani, A. D. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk dan HargaTerhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import di Tempat Biasa Thrift Store Surabaya. Journal of Sustainability Business Research Vol 2 No 1 .

Arianto, Nurmin dan Eramaya. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Salt n Pepper pada PT Mitra Busana Sentosa Bintaro. Pemasaran, Sumberdaya Manusia dan Keuangan, Vol. 6, No. 2 April 2018 .

Astuti, Miguna & Nurhanifah Matodang. (2020). Manajemen Pemasaran: UKM dan Digital Sosial Media. Yogyakarta: Deepublish.

Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Darmanto & Sri Wardaya. (2016). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Data Industri (2021). Tren Data Pertumbuhan Industri Tekstil dan Pakaian Jadi 2011-2021. Diakses pada 27 Oktober 2021. dari https://www.dataindustri.com/produk/tren-data-pertumbuhan-industri-tekstil-dan-pakaian-jadi/

Engriani, Mimi, Rina Fitriana & Cetty. (2019). Pengaruh Promosi Media Sosial Line Terhadap Keputusan Pembelian di Starbucks Mall Taman Anggrek. IKRA-ITH Ekonomika Vol 2 No 3 .

Firmasnyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Fitriana, Onny dan Novelia. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: FKIP UHAMKA.

Hasan, A. (2009). Marketing (Pertama ed.). Yogyakarta: Media Pressindo.

Juhrodin, U. (2020). Populasi dan Sampel. Diakses pada 1 November 2021. dari https://www.academia.edu/43889826/POPULASI_DAN_SAMPEL

Kotler, P & Gary Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Dua Belas ed.). Jakarta: Erlangga.

Lamb, Charles W. dkk. (2001). Pemasaran (Ed. Pertama, Vol. 1). Jakarta: Salemba Empat.

Lidwina, A. (2021). Produk Fesyen Jadi Primadona di E-Commerce. Diakses pada 27 Oktober 2021, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/09/produk-fesyen-jadi-primadona-di-e-commerce.

Lukito, W. A. (2020). Pengaruh Promosi dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight pada Masyarakat Tanjung Morawa. Journal of Economics and Accounting Vol 1 No 2 .

Melati. (2021). Manajemen Pemasaran. Jakarta: CV Budi Utama.

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpada. Jakarta: Kencana.

Mustari. (2019). Manajemen Pemasaran. Gowa: Pustaka Taman Ilmu.

Nuryadi, Tutut, Endang, Budiantara. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Gramesuara.

Priyono, Achmad Agus. (2015). Analisis Data dengan SPSS. Malang: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang.

Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran. Samarinda: Mulawarman.

Ramayana. (2021). Laporan Keuangan Triwulan. Diakses pada 27 Oktober 2021, dari https://www.ramayana.co.id/content/financial-report.

Ramyana. (2018). Laporan Tahunan. Diakses pada 27 Oktober 2021, dari https://www.google.com/url?q=https://www.ramayana.co.id/content/download/16&sa=U&ved=2ahUKEwiAs5Wp7-rzAhXbSH0KHZsBDSAQFnoECAkQAg&usg=AOvVaw2-UklKLxeQEmx_DuG5xJB_.

Ristania, Novita & Jerry S. Justianto. (2013). Analisi Pengaruh Harga, Promosi dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada "Online Shope" S-Nextian Melalui Facebook. Journal of Business Strategy and Excution,5(2),131-161 .

Sarwoko. (2007). Statistik Inferensi Untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Setiawan & Sunyoto. (2013). Statistik Kesehatan Paramatik, Non Paramatik, Validitas, dan Reabilitas. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. (2009). Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Sumarwan, U. &. (Ed.). (2018). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen. Bogor: IPB Press.

Sumarwan, Ujang & Fandy Tjiptono. (2018). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen. Bogor: Penerbit IPN Press.

Tjiptono, F & Gregorius Chandra. (2008). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Trihastuti & Aselina Endang. (2020). Manajemen Pemasaran Plus. Yogyakarta: Deepublish.

Yanwardhana, E. (2021). Berdarah-darah Ramayana Tutup19 Gerai per Semester 1-2021. CNBC Indonesia. Diakses pada 30 Oktober 2021, dari https://www.cnbcindonesia.com/market/20210910180002-17-275398/berdarah-darah-ramayana-tutup-19-gerai-per-semester-i-2021

Yusnita. (2010). Pola Perilaku Konsumen dan Produsen. Bogor: Alprin.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.