PENGARUH TESTIMONIAL PRODUK DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP MINAT BELI ONLINE (STUDI KASUS PADA KONSUMEN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM C-EMPAT VAPOR KOTA MALANG)

Fahmi Husaini Mastur, Siti Saroh, Dadang Krisdianto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh testimonial produk dan e-service quality terhadap minat beli online pada konsumen di Instagram C-empat Vapor Kota Malang. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden 100 orang. Metode pengumpulan data melalui survei dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial testimonial berpengaruh signifikan terhadap minat beli online dengan taraf signifikan (0.007< 0.05). E-service quality berpengaruh signifikan terhadap minat beli online (0,000< 0,05). Secara simultan menunjukkan bahwa variabel testimonial dan e-service quality berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli online. Hal ini sudah dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (156.928>2.46).Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa testimonial dan e-service quality secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli online. Secara simultan menunjukkan bahwa variabel testimonial dan e-service quality berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli online.

Kata Kunci : Testimonial, E-Service Quality, Minat Beli Online.


Kata Kunci


Testimonial, E-Service Quality, Minat Beli Online.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darmawan 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakaya.

Ferdinand 2006. Metode Penelitian Manajemen. 2 ed. Semarang: Badan Penerbit UNDIP, Semarang.

Griffith, A. 2011. 101 Jurus Rahasia Membangun Bisnis Hebat Dengan Cara Cerdas, Mudah dan Cepat. jakarta: Tangga Pustaka.

Hasan 2009. Analisis Data PEnelitian dengan Statistik. jakarta: PT Bumi Askara.

Husaini 2006. Manajemen, Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. jakarta: Bumi Aksara.

Kaplan, A. & HaenLein, M. 2010. User Of The World, Unite! The Challenges and Opportunities Of Social Media,. Business Horizons.

Kotler & Keller 2009. Manajemen pemasaran. jakarta: Erlangga.

Laurent, F. 2016. Pengaruh E-service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan GO-JEK Melalui Kepuasan Pelanggan. Agora, 4(2): 95–100. Tersedia di http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/7720.

Lovelock 2011. Pemasaran Jasa Perspektif. 7 ed. jakarta: Erlangga.

M. Nisrina. 2015. Bisnis Online Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. yogyakarta: Kobis.

Mon lee & Carla Johnson 2007. Prinsip-Prinsip Periklanan Dalam Perspektif Global. jakarta: Kencana Prenada Media.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. & Malhotra, A. 2005. E-S-QUAL a multiple-item scale for assessing electronic service quality. Journal of Service Research, 7(3): 213–233.

Rulli Nasrullah 2016. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi. 2 ed. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sanusi 2011. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiarto 2016. Metodelogi Penelitian Bisnis. yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Sugiarto 2017. Metodelogi Penelitian Bisnis. yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Sugiyono 2015. Statistika Untuk Peneltian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zeithaml, V. 2009. Services Marketing : Integrating Customer Focus Across the Firm. Boston: McGraw Hill.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.